Tips Memahami Pakaian dan Menghemat Uang

Tips Memahami Pakaian dan Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Deddy Corbuzier, pesulap atau mentalis terkenal Indonesia itu, pernah mengeluh kalau dia harus sering membeli baju baru. Masalahnya sepele; Deddy Corbuzier terbiasa (bahkan mewajibkan dirinya) untuk selalu mengenakan pakaian yang serba berwarna hitam, tak peduli siang ataupun malam. Mungkin ini memang ciri khas atau trade mark-nya sebagai seorang mentalis selebriti.

Nah, Deddy Corbuzier juga menyadari kalau pakaian warna hitam seringkali rentan dengan panas matahari siang, sehingga warnanya cepat berubah menjadi kusam. Akibatnya, Deddy Corbuzier pun harus sering membeli baju yang baru untuk menggantikan baju hitamnya yang telah kusam itu, karena tidak mungkin seorang selebriti terkenal mengenakan baju yang kusam.

Ilustrasi di atas itu adalah salah satu contoh bahwa setiap pakaian membutuhkan pemahaman serta ‘perlakuan’ yang benar dari pemakainya, dan pemahaman serta perlakuan yang benar itu bisa tergantung pada warnanya, pada jenis bahannya, ataupun pada hal lainnya. Perlakuan yang salah terhadap pakaian bukan hanya akan membuat pakaian menjadi nampak cepat kusam, namun tidak jarang juga akan cepat merusakkannya.

Pernahkah Anda mencermati bagian dalam pakaian Anda? Biasanya, untuk jenis-jenis pakaian tertentu, telah dicantumkan intruksi tentang bagaimana cara mencuci pakaian itu dengan benar. Intruksi itu biasanya dilekatkan pada bagian dalam kerah baju atau t-shirt, terkadang berupa kata-kata, terkadang juga dengan menggunakan gambar atau lambang-lambang.

Lihat dan cermati, di sana akan tercantum beberapa intruksi mengenai bagaimana cara mencuci pakaian itu dengan benar, serta bagaimana cara menjemurnya dengan benar. Jika kita mematuhi semua intruksi itu, maka pakaian yang kita miliki itu pun akan awet, warnanya tetap terjaga, dan kita dapat mengenakannya sampai bertahun-tahun lamanya. Namun jika tidak, maka pakaian yang semahal apapun akan cepat aus, kusam, bahkan rusak.

Tidak jarang orang terus membeli pakaian baru karena alasan di atas; karena kusam, karena mengalami kerusakan atas bahannya dan lainnya. Padahal kalau saja orang mau sedikit belajar tentang bagaimana cara memperlakukan pakaiannya dengan benar, sesungguhnya akan ada sejumlah uang yang dapat dihemat karena tidak perlu menggantikan pakaiannya yang masih bagus.

Nah, untuk pakaian-pakaian yang tidak dikenakan di luar, semisal pakaian tidur atau baju rumah, rasanya tidak perlu menggantinya secara royal jika memang tidak benar-benar dibutuhkan. Jika pakaian rumah atau baju tidur Anda sedikit sobek, alangkah lebih baik jika Anda menjahitnya sendiri dan menambal bagian yang sobek itu daripada buru-buru membeli yang baru.

Hal-hal yang diungkapkan di atas itu tidak hanya akan menghemat uang Anda, namun juga akan mendidik anggota keluarga, pasangan dan anak-anak Anda, untuk lebih menghormati pakaiannya.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.