Tips Hidup Lebih Baik dan Uang Lebih Hemat

Tips Hidup Lebih Baik dan Uang Lebih Hemat

BIBLIOTIKA - Apakah Anda menginginkan kehidupan bersosial yang lebih baik, dan uang atau pengeluaran rutin Anda bisa lebih hemat? Jika ya, ada cara sederhana untuk melakukannya. Berikut ini adalah dua cara mudah dan sederhana untuk mewujudkan hidup yang lebih baik, serta uang lebih hemat.

Nikmatilah fasilitas gratis di lingkungan Anda

Tahukah Anda berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi anggota dari suatu lapangan tenis eksklusif? Atau berapa biaya yang harus dibayar untuk bermain bola di lapangan futsal komersial? Kalau tujuan Anda bermain tenis, futsal atau olahraga ‘umum’ lainnya hanya sekedar untuk menyalurkan hobi, maka Anda bisa tetap menyalurkan hobi itu tanpa harus membayar.

Hampir di setiap kelurahan atau di setiap komplek perumahan terdapat lapangan tenis atau bulu tangkis, atau bahkan juga lapangan basket, yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa pungutan bayaran. Kalau Anda kebetulan menyukai olahraga tenis atau bulu tangkis, dan di lingkungan tempat tinggal Anda terdapat lapangannya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas gratis itu tanpa harus pergi jauh dan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Di komplek-komplek perumahan saat ini juga mulai dibangun lapangan-lapangan futsal yang juga dapat digunakan secara gratis, dan siapapun dapat memanfaatkannya. Di alun-alun dekat tempat saya tinggal, ada jalur jejak yang bisa dimanfaatkan siapapun untuk gerak jalan sehat. Jalur jejak ini dilengkapi dengan batu-batu yang disusun untuk terapi kesehatan kaki. Ini tentu saja fasilitas gratis yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Anda selalu bisa menemukan fasilitas-fasilitas gratis yang bermanfaat seperti itu, dan Anda dapat menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan aktif bermain di lapangan tempat tinggal Anda sendiri, akan ada sejumlah uang yang dapat dihemat, dan hubungan Anda dengan kaum tetangga pun akan menjadi semakin akrab.

Selain fasilitas olahraga, fasilitas-fasilitas yang lain pun banyak yang dapat diperoleh secara gratis. Fasilitas hiburan atau rekreasi, perpustakaan umum ataupun sarana hotspot, semuanya itu hanyalah contoh-contoh dari fasilitas yang dapat dinikmati dengan tanpa mengeluarkan biaya untuk dapat memperoleh manfaatnya.

Minta dan berikanlah tumpangan

Apakah tetangga di sekitar komplek tempat tinggal Anda ada yang bekerja satu kantor dengan Anda? Atau memiliki tempat kerja yang satu jurusan atau satu arah atau satu lokasi dengan tempat kerja Anda? Jika ya, apa salahnya untuk saling berbagi tumpangan?

Ini masih berkaitan dengan upaya untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Daripada berangkat sendiri dengan kendaraan sendiri-sendiri, apa salahnya saling berbagi tumpangan kalau memang tempat kerja Anda dan si tetangga memiliki kantor yang sama, atau lokasi yang sama, atau jurusan yang sama? Anda dan si tetangga bisa saling berbagi; minggu ini Anda berdua menggunakan kendaraan Anda, sementara minggu depan Anda berdua menggunakan kendaraan si tetangga.

Selain akan menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan Anda berdua, cara ini akan mendekatkan dan mempererat hubungan Anda dengan si tetangga.

Cara ini akan lebih bagus lagi apabila diterapkan pada kota-kota besar yang sibuk dan padat serta biasa macet seperti Jakarta. Kalau saja setiap orang mau berbagi tumpangan seperti ini, maka tingkat kemacetan di jalan raya akan dapat ditekan.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.