Tips Cerdas Belajar Cerdas (2)

Tips Cerdas Belajar Cerdas

BIBLIOTIKA - Lalu bagaimana kalau Anda telah ‘salah masuk’ dalam memilih jurusan atau fakultas? Kalau memang begitu kenyataannya, maka satu-satunya jalan yang bisa Anda lakukan adalah belajar menyenangi materi belajar Anda, atau belajar menyukai bidang yang ditawarkan dalam jurusan itu. Yakini saja bahwa Anda akan mendapatkan manfaat dari bidang ilmu yang Anda pelajari itu, sehingga Anda perlu belajar menyukainya.

Belajarlah dengan teknik yang efektif

Seperti apakah belajar yang efektif itu? Memang pada akhirnya tingkat efektivitas suatu aktivitas belajar akan kembali pada pelakunya. Begitu pun, seberapa efektifnya belajar Anda akan tergantung pada diri Anda sendiri. Yang efektif bagi orang lain belum tentu akan efektif pula bagi Anda, begitu pula sebaliknya.

Hanya saja, ada teori-teori yang menyatakan bahwa kita dapat mengatur agar proses belajar kita bisa lebih efektif. Misalnya teori mengenai persebaran waktu. Menurut teori ini, belajar selama satu jam namun dilakukan tiga kali dalam tiga waktu akan lebih efektif dibanding jika belajar selama tiga jam yang dilakukan secara sekaligus dalam satu waktu.

Teori ini cukup bagus, karena dengan waktu belajar yang dipisah-pisah seperti di atas (satu jam belajar namun dilakukan tiga kali dalam tiga waktu) akan membuat pikiran selalu segar ketika belajar, sekaligus akan mengasah daya ingat secara lebih baik karena di sini ada proses pengulangan.

Sebaliknya, proses belajar yang dilakukan secara sekaligus (belajar selama tiga jam dalam satu waktu) akan membuat Anda menjadi cepat lelah, mudah bosan, dan pikiran Anda pun akan sulit untuk dapat mengingat materi yang baru dipelajari—karena fisik Anda sudah merasa capek dan bosan.

Pelajari teknik cara membaca cepat

Di era sekarang, orang bukannya kesulitan mendapatkan informasi, tetapi kesulitan dalam memilah dan memilih informasi yang datang mengguyur. Informasi sudah menjadi semacam banjir yang datang dalam jumlah berlimpah-limpah. Karena banyaknya informasi yang datang, maka mau tak mau kita pun harus dapat menyesuaikan diri dengan hal itu, yakni dengan mengasah ketrampilan membaca agar lebih cepat.

Ada cukup banyak buku yang mengajarkan tentang cara membaca cepat, sehingga kita dapat meluangkan waktu sesedikit mungkin untuk mendapatkan atau menyerap pengetahuan dan informasi sebanyak mungkin. Kemampuan atau ketrampilan dalam membaca secara cepat ini akan memudahkan kita dalam memilah dan memilih mana informasi yang berguna dan mana yang hanya akan membuang waktu saja. Dengan begitu, hasil belajar kita pun akan lebih efektif dan tidak terlalu banyak membuang waktu secara percuma.

Ketika orang tidak mampu menghadapi derasnya arus informasi, dia akan tenggelam dalam banjir informasi. Tetapi jika orang bisa menghadapinya dengan baik, maka orang pun akan dapat merenangi samudera informasi itu—dan memetik serta mengambil manfaatnya.

Pelajari teknik menulis yang baik

Setelah menguasai teknik membaca yang efektif, Anda juga perlu membekali diri Anda dengan pengetahuan dalam hal kepenulisan. Selama proses belajar atau pendidikan yang Anda ikuti, pastilah Anda akan sering mendapatkan tugas-tugas yang mau tak mau harus ditulis atau dikerjakan dalam bentuk tulisan.

Karenanya, dengan memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda akan bisa mengerjakan setiap tugas yang datang dengan lebih baik serta menyuguhkannya dengan cara yang lebih efektif.

Penulisan tugas, paper, skripsi dan lain-lain semacamnya akan menjadi lebih baik jika dilakukan dengan kemampuan menulis yang juga sama baiknya, sehingga guru atau dosen yang menilai akan lebih dapat mempelajarinya. Pada akhirnya nanti, jika hasil penulisan yang Anda hasilkan dinilai bagus, nilai yang akan diberikan pun akan ikut bagus.

Kemampuan menulis juga dapat Anda manfaatkan setelah Anda lulus dari pendidikan yang Anda ikuti. Dengan kemampuan menulis yang baik, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pekerjaan yang mungkin sedang lowong, semisal menjadi wartawan, penulis lepas, atau lainnya. Bahkan, dengan kemampuan menulis yang baik, Anda bisa menjadi pekerja freelance yang menawarkan hasil tulisan Anda ke pihak-pihak yang dapat membelinya.

Pelajarilah teknik mengingat yang efektif

Mempelajari teknik mengingat yang efektif dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan kata kunci atau kata akronim tertentu. Dengan kemampuan ini, daya ingat Anda akan meningkat tajam dengan cara yang cukup mudah, sehingga Anda bisa mengingat bahan pelajaran atau materi kuliah dengan cepat dan akurat.

Banyak teknik mengingat yang sudah teruji praktis yang dapat dipelajari untuk meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi dan memacu potensi belajar. Berlatih menulis yang baik juga melatih daya ingat, karena proses menulis akan membuat pikiran kita disegarkan atas hal-hal yang telah kita ketahui, sehingga otak akan lebih kuat dalam menyerapnya.

Nikmatilah musik jika Anda suka

Ada sebagian orang yang menyatakan bahwa belajar akan lebih nyaman jika sambil diiringi musik. Sebaliknya, ada juga yang justru menjadi tidak bisa konsentrasi jika mendengarkan suara-suara lain, termasuk suara musik. Untuk hal ini, Anda bisa memilih mana yang paling baik dan paling cocok untuk diri Anda.

Sekadar informasi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi atau hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat Anda ‘mengalir’ dan merangsang pikiran Anda untuk berkonsentrasi pada apa yang sedang Anda pelajari atau kerjakan. Idealnya, Anda mendengarkan musik yang lembut, semacam musik klasik, instrumentalia, atau musik-musik yang santai.

Namun, sekali lagi, ini tetap tergantung sepenuhnya pada selera dan kecocokan Anda.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.