Tips Bermanfaat saat Menghadapi Ujian

Tips Bermanfaat saat Menghadapi Ujian

BIBLIOTIKA - Ujian diperlukan sebagai cara untuk melihat sejauh mana pengetahuan dan pemahamanmu atas suatu materi pelajaran yang selama ini telah kamu pelajari. Meskipun nilai ujian bukanlah standar mutlak untuk menentukan apakah seseorang pandai atau bodoh, tetapi nilai ujian itulah yang akan dijadikan standar untuk mengetahui tingkat pemahamanmu atas suatu materi pelajaran.

Ada kalanya seorang siswa yang pandai di kelasnya mendapatkan nilai ujian yang rendah. Sebaliknya, ada pula siswa yang kelihatannya biasa-biasa saja tetapi bisa mendapatkan nilai ujian yang tinggi. Mengapa hal semacam ini bisa terjadi? Kadang-kadang kenyataan semacam itu terjadi karena persiapan dan sikap mereka yang berbeda dalam menghadapi ujian.

Berikut ini adalah tip-tip bermanfaat seputar ujian yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan nilai ujian yang bagus. Tentunya tip berikut ini akan bisa memberikan manfaatnya kalau sebelumnya kamu juga telah belajar secukupnya.

Datanglah lebih awal dengan persiapan lengkap

Ketika berangkat ke sekolah untuk ujian, usahakan datang lebih awal dari waktu yang ditentukan atau dijadwalkan. Setidaknya kamu sudah harus sampai di sekolah setengah jam sebelum ujian dimulai. Kedatangan yang mepet dengan waktu ujian akan membuatmu gugup, sedangkan waktu luang yang kamu miliki sebelum ujian bisa kamu manfaatkan untuk mereviu pembelajaranmu tadi malam.

Selain itu, datanglah dengan persiapan yang lengkap. Ketika masuk kelas untuk mengikuti ujian, yakinkanlah dirimu bahwa kamu telah mempersiapkan segala yang dibutuhkan, semisal polpen dan pensil, penghapus atau tipp-ex, penggaris, dan lain-lain yang sekiranya akan dibutuhkan dalam ujian.

Kemudian, kalau memang diijinkan, kamu juga bisa menyiapkan buku kamus (untuk ujian bahasa asing), juga kalkulator (untuk ujian yang melibatkan hitung-hitungan).

Jam tangan juga perlu dibawa sebagai bekal ujian, karena dengan adanya jam yang bisa kamu lihat dengan mudah akan membuatmu lebih tenang selama mengerjakan soal-soal ujian.

Semua perlengkapan tersebut akan membuatmu tenang dan nyaman selama mengerjakan ujian, karena umpama perang, kamu telah mempersiapkan semua senjata yang diperlukan.

Kerjakanlah soal ujian dengan tenang

Ketika menghadapi kertas ujian, hadapi soal-soal yang ada itu dengan tenang, kemudian kerjakanlah dengan tenang pula. Ingat, kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap, dan kamu tak perlu mengkhawatirkan apapun. Selama kamu yakin telah belajar dengan cukup, kamu pun bisa yakin dapat mengerjakan semua soal yang ada.

Selain itu, duduklah dengan posisi yang nyaman, dan pertahankan posisi duduk yang tegak agar kamu tidak cepat lelah selama mengerjakan soal ujian.

Jawablah soal-soal yang mudah terlebih dulu

Agar waktu ujian dapat dimanfaatkan secara efektif, sebaiknya jawablah soal-soal yang mudah terlebih dulu, karena soal-soal yang sulit biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memikirkannya.

Cara yang mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan membaca soal-soal ujian tersebut satu persatu, kemudian segera jawab pertanyaan-pertanyaan yang mudah yang kamu ketahui jawabannya, dan tinggalkan terlebih dulu soal-soal yang sulit. Nantinya, setelah soal yang mudah telah selesai dijawab semua, barulah kamu mulai menggarap soal-soal yang sulit.

Cara menjawab soal pilihan ganda

Soal-soal yang menggunakan pilihan ganda biasanya akan memintamu memilih antara tiga sampai lima jawaban yang berbeda. Jika kamu yakin dengan satu jawabanmu yang ada dalam pilihan ganda tersebut, kamu bisa langsung memilih jawaban itu. Tetapi jika kamu tidak tahu atau tidak yakin dengan pilihan jawabanmu, kamu bisa gunakan cara berikut ini.

Pertama, sisihkanlah terlebih dulu pilihan jawaban yang jelas-jelas salah atau tidak tepat. Di antara tiga sampai lima jawaban yang ada, pastilah ada jawaban yang secara jelas salah. Sisihkan itu terlebih dulu untuk mempersempit pilihanmu. Setelah pilihan jawaban yang ada tinggal dua saja, kamu bisa menentukan mana yang benar secara lebih baik.

Cara menjawab soal esai

Ketika menjawab soal-soal esai, kamu bisa memanfaatkan halaman yang kosong dari kertas soal untuk menuliskan ide atau poin-poin jawaban yang ingin kamu tuliskan. Setelah kamu menuliskan semua ide atau poin yang ingin kamu tulis, kamu bisa mulai menyusunnya secara urut atau sistematis dengan cara membubuhkan nomor-nomor atau angka pada poin-poin tersebut, untuk kemudian menuliskannya secara runtut di lembar jawaban ujian esai.

Dengan cara seperti ini, maka jawabanmu pada soal esai akan lebih padat, lebih lengkap, lebih urut serta lebih mudah dipahami oleh guru yang kelak akan menilainya.

Terakhir, hindari penjelasan yang bertele-tele pada jawaban esai, sebaiknya langsung pada pokok-pokok atau intinya saja. Hal ini bukan hanya akan mempersingkat waktumu dalam menuliskan jawaban itu, tetapi juga akan membuat gurumu tidak lelah ketika menilai hasil ujianmu.

Periksa kembali hasil ujianmu

Setelah menyelesaikan soal-soal ujianmu, sebaiknya jangan tergoda untuk buru-buru keluar kelas. Sebaiknya baca kembali jawaban soal ujianmu dan periksa secara lebih teliti untuk melihat bahwa kamu memang telah selesai menjawab semua pertanyaan yang ada dengan baik, benar serta lengkap. Bacalah ulang jawabanmu, perhatikan struktur bahasanya, dan yakinlah tak ada lagi yang perlu kamu tambahkan.

Untuk jawaban soal matematika atau ujian lain yang melibatkan angka, mungkin kamu perlu lebih teliti lagi karena bisa saja ada satu angka yang terselip, terlewat, atau belum kamu tuliskan. Intinya, selalu periksalah kembali hasil ujianmu sebelum kamu terburu-buru keluar meninggalkan kelas, agar kamu benar-benar yakin bahwa semua yang perlu diisi telah diisi, semua yang perlu dijawab telah dijawab dengan benar.

Lakukanlah analisa pribadi

Setiap ujian sesungguhnya adalah latihan untuk mengikuti ujian berikutnya. Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Lihat dan tentukanlah strategi mana yang sesuai denganmu. Putuskan strategi mana yang tidak berhasil, dan ubahlah strategi itu.

Kemudian, kalau kertas soal ujian boleh diminta, bawalah kertas soal ujian itu dan gunakan untuk belajar di rumah saat akan menghadapi ujian di waktu yang akan datang.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.