Tips Belajar Bahasa Inggris Sesuai Kepribadian

  Tips Belajar Bahasa Inggris Sesuai Kepribadian

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah tips-tips tambahan belajar bahasa Inggris, yang disesuaikan dengan tipe masing-masing orang. Sebagaimana kita tahu, masing-masing orang memiliki tipe belajar yang berbeda dalam menyerap dan memahami sesuatu. Ada orang yang disebut ‘auditory learner’ atau orang yang lebih mudah belajar apabila menggunakan media pendengaran. Ada pula yang visual learner, dan kinesthetic learners.

Nah, tips berikut ini akan semakin membuat proses belajar bahasa Inggris semakin efektif—dengan cara menyesuaikan cara dan gaya belajar yang paling cocok dengan diri Anda.

Auditory learners

Apabila Anda termasuk orang yang lebih mudah belajar dengan mendengarkan, maka Anda memiliki gaya belajar auditory. Apabila ini merupakan gaya belajar Anda, maka Anda bisa memperbanyak porsi belajar dengan mendengarkan, misalnya mendengarkan kaset-kaset pelajaran bahasa Inggris, lagu-lagu favorit Anda, ataupun berita, pidato dalam bahasa Inggris.

Anda juga bisa mendengarkan percakapan-percakapan dalam bahasa Inggris di film-film favorit yang Anda tonton di bioskop, di televisi, ataupun di DVD. Dengarkan ucapan, ungkapan yang digunakan, perhatikan konteks ataupun situasi di mana kata-kata ataupun ungkapan tersebut digunakan.

Lakukan hal ini secara berulang-ulang, maka Anda pun akan bertemu dengan ungkapan serupa yang dapat Anda latih secara berkala, sehingga Anda akan bisa semakin mahir dalam mengucapkan dan menggunakannya.

Visual learners

Apabila Anda termasuk orang yang lebih mudah belajar melalui input visual (baik melalui gambar atau tulisan), maka Anda memiliki gaya belajar visual.

Kalau Anda memiliki gaya belajar visual ini, banyak sekali strategi yang bisa Anda lakukan. Anda bisa membaca artikel-artikel dalam bahasa Inggris yang Anda anggap penting dan menarik, baik di surat kabar, majalah, ataupun internet, untuk kemudian Anda coba ceritakan kembali dengan kata-kata yang Anda susun sendiri, baik dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk ucapan.

Anda juga bisa membaca dan mempelajari contoh surat, proposal, brosur yang sering Anda temui dalam melakukan pekerjaan Anda.

Untuk mencoba memahami suatu konsep abstrak, Anda bisa menggambarkannya dalam bentuk visual, misalnya lewat flow chart, tabel, ataupun bentuk-bentuk visual lainnya.

Kinesthetic learners

Apabila Anda lebih suka belajar dengan melakukan sesuatu atau bergerak, Anda memiliki gaya belajar kinesthetic. Dengan gaya belajar ini, Anda bisa belajar dengan menggunakan komputer (di mana Anda harus menekan tombol di keyboard, atau mouse), sehingga Anda tidak cepat bosan.

Anda juga bisa bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan bahasa Inggris atau English Club yang memiliki banyak kegiatan dan permainan yang melibatkan gerakan. Yang juga bisa Anda lakukan adalah belajar dengan menulis (menggerakkan tangan untuk menulis), atau mencoba memahami sebuah kata atau ungkapan dengan membayangkan gerakan yang bisa diasosiasikan dengan arti kata-kata tersebut.

Setiap orang bisa memiliki lebih dari satu gaya belajar (misalnya auditory dan visual, atau visual dan kinesthetic). Apa pun gaya belajar kita, apabila sudah mengenalnya, bisa kita cari dan terapkan strategi belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar tersebut agar hasilnya bisa lebih efektif.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.