Tips Asyik Belajar Bahasa Inggris

Tips Asyik Belajar Bahasa Inggris

BIBLIOTIKA - Merasa kesulitan belajar bahasa Inggris? Kalau pada tip sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana resep-resep belajar bahasa asing, sekarang kita akan lebih spesifik, yakni belajar bahasa Inggris. Tip belajar bahasa Inggris sengaja dibuat tersendiri seperti ini, karena pelajaran bahasa Inggris bisa dibilang sebagai pelajaran yang diajarkan di mana pun, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan secara internasional.

Tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa asing yang satu ini, sehingga bahasa Inggris seringkali menjadi momok bagi mereka. Sebenarnya, kalau kita tahu bagaimana cara yang mudah dalam belajar bahasa Inggris, maka pelajaran yang satu ini pun dapat dipelajari dengan asyik.

Tip berikut ini akan cukup panjang, tetapi tip berikut ini akan mengantarmu untuk dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang sangat mengasyikkan!

Belajar secara teratur

Meskipun masing-masing orang memiliki gaya belajar sendiri-sendiri yang unik dan berbeda, tetapi ada semacam panduan yang runtut dan teratur dalam memahami bahasa Inggris. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendengar. Kita harus mendengar terlebih dulu suatu kata tertentu, untuk kemudian mengetahui bagaimana kata itu ditulis.

Setelah mengetahui bagaimana cara menuliskan suatu kata tertentu, maka langkah selanjutnya adalah membaca. Kita harus membaca kata-kata itu secara berulang-ulang hingga benar-benar tepat dan benar dalam mengucapkannya. Apabila proses ini sudah terlalui, maka langkah terakhir adalah belajar menuliskannya. Dengan menuliskan kalimat berbahasa Inggris, kita akan tahu sejauh mana penguasaan kita terhadap bahasa itu.

Sekali lagi, masing-masing orang memiliki gaya belajar yang berbeda, karenanya kamu pun bisa menyesuaikan diri dengan gayamu sendiri yang sekiranya paling baik dan paling mudah untukmu. Yang penting, kamu secara teratur melakukan poin-poin di atas secara lengkap, sehingga penguasaanmu atas bahasa Inggris benar-benar menyeluruh.

Praktekkan dan berlatihlah

Kita tidak akan bisa menguasai bahasa Inggris kalau tidak mau berlatih dan mempraktekkannya. Karenanya, biasakan untuk mempraktekkannya dengan cara berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Ajaklah kawan-kawanmu untuk saling berbicara dalam bahasa ini, dan kamu akan melihat perkembangan bahasa Inggris kalian pun akan cepat meningkat. Ini akan menjadi jalan paling mudah dalam hal memperlancar proses pembelajaran, karena masing-masing dari kalian akan dapat saling mengoreksi apabila terjadi kesalahan.

Ketika berpapasan dengan guru yang mengajar bahasa Inggris, misalnya, kamu juga bisa menyapanya dengan menggunakan bahasa Inggris, atau mengajaknya bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Hal ini bukan hanya akan membuat gurumu tersenyum senang, tetapi juga akan membuat bahasa Inggrismu semakin lancar.

Baca-tulis bahasa Inggris

Untuk semakin mempermudah dan memperlancar proses pembelajaranmu, carilah buku-buku bacaan yang menggunakan bahasa Inggris. Kalau kamu suka membaca novel, kamu bisa membaca novel-novel yang berbahasa Inggris, dan ujilah dirimu sendiri apakah kamu dapat memahami jalan ceritanya ataukah tidak. Jika kamu bisa merasa santai dan nyaman membaca buku berbahasa Inggris sesantai dan senyaman ketika kamu membaca buku berbahasa Indonesia, berarti kamu memang telah berhasil.

Selain membaca, kamu juga perlu menulis dalam bahasa Inggris untuk melancarkan pengetahuanmu. Ketika membaca, kamu akan lebih mudah mengenali kata-kata karena kata-kata itu sudah tertulis atau tercetak.

Namun ketika menulis, kamu akan butuh energi lebih besar karena kamu harus mengingat bagaimana suatu kata tertentu dituliskan. Dengan sering berlatih menulis dalam bahasa Inggris, kamu akan semakin fasih dalam mengucapkannya karena kamu tahu betul bagaimana susunan huruf dan kata-katanya.

Belajar secara rutin

Belajar apapun, tingkat keberhasilannya akan ditentukan dari tingkat kerajinan seseorang dalam mempelajarinya. Begitu pula dengan belajar bahasa Inggris. Kamu perlu secara rutin mempelajarinya setiap hari untuk semakin mengakrabkan dirimu dengan bahasa tersebut. Tidak perlu sampai dalam waktu lama, yang penting kamu rutin melakukannya.

Selain itu, kamu juga perlu mereviu atau melihat kembali tingkat kemajuan yang telah kamu peroleh dari proses belajar selama ini. Dengan rajin-rajin melakukan reviu, kamu akan tahu sejauh mana tingkat keberhasilanmu, bagian apa atau mana saja yang masih perlu kamu tingkatkan, dan bagaimana agar pengetahuan yang telah kamu dapatkan bisa terus berkembang.

Kalau pada awalnya kamu mungkin hanya dapat berbicara dengan menggunakan kata-kata dasar yang umum, kamu bisa meningkatkannya dengan mulai menggunakan kosakata yang lebih spesifik atau jarang digunakan.

Sukailah bahasa Inggris

Sebenarnya, yang menjadi inti dari masalah sulitnya mempelajari sesuatu adalah karena kita tidak menyukai objek yang dipelajari itu. Ketika orang tidak menyukai sesuatu, dia akan cenderung malas mengenalnya, apalagi sampai mempelajarinya. Sebaliknya, ketika seseorang menyukai sesuatu, dia pun akan tertarik untuk dapat mengenalnya secara lebih dekat. Karenanya, cara paling mudah untuk dapat belajar bahasa Inggris dengan asyik adalah dengan menyukainya!

Bagaimana agar kita bisa menyukai bahasa Inggris? Ada cara mudah yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan lagu berbahasa Inggris yang sedang kamu sukai sebagai sarana belajar bahasa Inggris.

Selama ini, mungkin kamu menyukai lagu-lagu tertentu yang berbahasa Inggris, tetapi kamu baru sebatas menikmati atau mendengarkannya saja. Nah, sekarang, kamu bisa meningkatkan kesukaanmu dengan cara ikut menyanyikannya, juga dengan mengetahui makna atau arti dari lirik lagu tersebut.

Pilihlah suatu lagu tertentu yang saat ini kamu sukai, kemudian cobalah untuk menuliskan lirik lagu tersebut. Ini akan melatih pendengaranmu atas kata-kata dalam lagu itu. Setelah kamu berhasil menuliskan liriknya, cobalah cek tulisanmu dengan lirik lagu yang ada di sampul kasetnya.

Jika tingkat ketepatannya tinggi (lebih dari 70 persen tulisanmu benar atau sesuai dengan lirik yang ada), artinya kamu sudah cukup berhasil. Kalau ternyata tingkat ketepatannya cukup rendah (kurang dari 50 persen yang benar), kamu bisa terus meningkatkan kemampuanmu.

Setelah itu, cobalah artikan kata-kata dalam lirik lagu itu. Semakin banyak kata yang berhasil kamu artikan, berarti semakin baik. Kalau ada kata-kata tertentu yang belum kamu kenali, bukalah buku kamus. Intinya, usahakan agar kamu dapat mengartikan semua kata yang ada dalam lirik lagu tersebut.

Terakhir, nyanyikanlah lagu itu dengan fasih, sesuai dengan lirik yang ada. Kalau selama ini kamu mungkin hanya sebatas menirukan lagu berdasarkan pendengaranmu, sekaranglah saatnya kamu juga melatih bibirmu untuk mengucapkan (menyanyikan) lagu itu dengan tepat sesuai dengan kata-kata atau liriknya. Kali ini, kamu bukan hanya akan dapat menyanyikan lagu itu dengan lebih baik, tetapi juga akan lebih dapat menghayatinya karena kamu juga mengetahui artinya.