Tips agar Suka Membaca Buku (2)

 Tips agar Suka Membaca Buku

BIBLIOTIKA - Apabila Anda merasa kesulitan jika menerapkan tips dan saran-saran yang telah disebutkan di artikel sebelumnya (Tips agar Suka Membaca Buku 1), maka ini adalah tips yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah, yakni dengan mulai membaca buku-buku ringan terlebih dulu. Di antara buku-buku berat yang bisa dipilih untuk dibaca, selalu ada buku-buku ringan yang menggoda untuk dibaca.

Yang dimaksud dengan buku-buku ringan ini adalah buku-buku yang menyodorkan tema-tema ringan. Jika berbentuk novel fiksi, maka biasanya adalah novel-novel pop. Sedang apabila berbentuk buku nonfiksi, maka biasanya isi buku tersebut ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, serta menawarkan tema-tema yang biasa dialami orang dalam kehidupan sehari-hari. Buku-buku semacam ini biasanya mudah dicerna dan dipahami, sehingga orang yang tidak suka membaca sekalipun akan menyukai membacanya.

Nah, dengan mulai membaca buku-buku ringan semacam ini, Anda akan dapat belajar untuk mulai meningkatkan minat baca Anda, sehingga nantinya Anda tidak lagi hanya menyukai buku-buku ringan semacam itu, tetapi juga akan menyukai pula buku-buku yang lebih berat. Fungsi buku-buku ringan hanya untuk merangsang minat baca. Fungsinya tidak jauh beda dengan anak-anak tangga yang kita gunakan untuk menaiki tingkat yang lebih tinggi.

Pilihlah topik bacaan yang disukai

Ini juga tips yang mudah untuk meningkatkan minat baca, yakni dengan memilih bahan-bahan bacaan yang mengulas topik atau tema yang Anda sukai. Kalau Anda menyukai tema-tema teknologi, Anda tidak perlu memaksa diri untuk membaca buku-buku kebatinan. Pilih saja buku-buku yang memang sesuai dengan minat Anda, yakni teknologi.

Dengan membaca buku yang sesuai dengan diri Anda sendiri—sesuai dengan minat Anda—maka Anda akan lebih dapat menikmati aktivitas membaca itu dibanding sebaliknya. Aktivitas membaca akan menjadi sangat menyengsarakan jika topik yang disodorkan dalam bacaan itu sama sekali bukan topik yang disukai. Ketika orang sedang dalam tahap meningkatkan minat bacanya, memilih topik yang tepat akan menjadi langkah yang tepat.

Tips-tips yang lain

Selain tips dan saran-saran di atas, berikut ini adalah tips-tips lain yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca.

Pertama, Anda bisa memilih buku-buku terkenal atau yang sedang diperbincangkan di kalangan masyarakat. Dengan membaca buku-buku terkenal semacam itu, Anda akan memiliki ketertarikan yang lebih kuat karena sedang menjadi isu di kalangan tempat Anda tinggal—dan Anda tentunya tak ingin dianggap ketinggalan jaman.

Kedua, tak perlu pusing atau bingung jika mendapati kata atau istilah-istilah asing yang tidak Anda pahami. Lanjutkan saja aktivitas pembacaan Anda dan tak perlu dibikin pening oleh adanya istilah asing. Pada akhirnya nanti toh Anda akan paham sendiri dengan istilah itu ketika Anda terus melanjutkan bacaan Anda.

Keempat, temukanlah tempat dan suasana yang cocok bagi Anda dalam membaca. Kalau Anda menyukai membaca di tengah keheningan, membacalah di waktu malam. Kalau Anda suka membaca sambil menikmati musik, putarlah musik untuk mengiringi aktivitas membaca Anda. Intinya, sebisa mungkin Anda menciptakan suasana yang nyaman dan santai agar aktivitas membaca Anda jadi lebih menyenangkan.

Kelima, ceritakanlah kepada orang lain jika Anda mendapati buku bacaan yang Anda sukai. Kalau suatu ketika Anda mendapati sebuah buku yang bagus hingga Anda sangat bergairah dalam membacanya, jangan segan-segan untuk menceritakannya kepada kawan, sahabat atau orang lain. Dengan begitu, Anda akan semakin terus bergairah untuk membaca buku-buku lainnya.

Mulailah sekarang juga

Di antara semua tips-tips dan saran yang telah ada di bab ini, maka inilah saran yang paling penting, yakni mulailah sekarang juga.

Ada banyak pelajaran penting namun tidak pernah dilakukan karena orang menunda-nunda melakukannya. Ada hal-hal besar yang tinggal menjadi impian atau keinginan, karena orang tidak segera melakukannya. Ada banyak sekali niat-niat baik yang tidak pernah terwujud karena orang berkata pada dirinya sendiri, “Akan kulakukan suatu hari nanti.”

Anda tidak akan bisa menumbuhkan minat baca Anda, jika Anda tetap tidak juga memulainya—sekarang juga. Karenanya, setelah Anda membaca poin-poin di atas, sekaranglah saatnya untuk melakukan semua sarannya. Mulailah sekarang juga—dan mulailah dari diri Anda sendiri. Selamat membaca!

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.