Tips agar Suka Membaca Buku (1)

 Tips agar Suka Membaca Buku

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang mengatakan bahwa buku adalah gudang ilmu. Di dalam buku terdapat berbagai ilmu pengetahuan yang nilainya tak bisa lagi diukur dengan harta yang berapapun banyaknya. Karenanya, aktkvitas membaca merupakan cara untuk dapat memasuki gudang ilmu itu, sehingga kita dapat mengambil kekayaan di dalamnya.

Nah, kalau buku adalah gudang ilmu, maka tidak setiap orang memiliki kunci untuk bisa membuka pintunya. Hanya orang-orang yang mau dan giat membaca saja yang dapat memasuki gudang itu. Orang-orang ini memiliki kunci untuk membukanya. Sementara orang-orang yang malas membaca atau yang tidak mau membaca adalah orang-orang yang tidak memiliki kunci gudang ilmu itu, sehingga mereka pun tidak bisa mengambil dan memanfaatkan kekayaan dalam gudang ilmu bernama buku.

Persoalannya sekarang, bagaimana cara agar kita semua dapat memiliki kunci untuk bisa membuka gudang ilmu itu? Artinya, bagaimana agar kita bisa memiliki minat baca yang tinggi sehingga bisa mengambil dan memanfaatkan ilmu yang tersimpan dalam gudang-gudang ilmu bernama buku itu?

Berikut ini adalah tips-tips untuk meningkatkan minat membaca buku. Kalau Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini, Anda pun akan memiliki kunci untuk membuka pintu-pintu kekayaan ilmu yang tersimpan dalam buku-buku.

Niat yang kuat

Niat saja tidak cukup, karenanya dibutuhkan niat yang kuat. Setelah niat dimunculkan, maka Anda harus melakukan sesuatu yang telah diniatkan itu.

Ketika orang membaca sesuatu (misalnya buku) tanpa ada niat yang kuat dalam upaya meningkatkan minat baca, maka aktivitas membacanya itu pun akan tergantung sepenuhnya pada suasana yang dirasakannya. Ketika mood atau suasana hatinya sedang bagus, maka dia pun terus membaca. Tetapi jika suasana hatinya sedang buruk, maka dia pun berhenti membaca.

Begitu pula dengan isi bacaan. Isi bacaan seringkali mempengaruhi seseorang untuk meneruskan atau menghentikan aktivitas membacanya. Ketika isi suatu bacaan terasa bagus, dia pun akan melanjutkan bacaannya. Tetapi jika isinya dirasa kurang bagus, maka dia pun akan menghentikan bacaannya. Semua itu terjadi karena aktivitas membaca tidak dilandasi oleh niat yang kuat dalam upaya meningkatkan minat baca.

Jika Anda berupaya untuk dapat meningkatkan minat baca, maka niat itu harus selalu Anda ingat ketika melakukan aktivitas membaca. Ketika mendapati bacaan yang mungkin kurang mengasyikkan bagi Anda, ingatlah bahwa tujuan dan niat utama dalam membaca bukan hanya untuk menikmati isi bacaan, tetapi juga karena ingin meningkatkan minat baca. Jadi upayakanlah terus untuk tetap membaca, tak peduli seperti apapun isinya. Ini akan melatih kedisiplinan diri dalam membaca.

Jangan takut mencoba

Kadang-kadang, orang sudah merasa ‘takut’ membaca suatu buku tertentu karena dia sudah membayangkan kalau isi buku itu pastilah berat dan dia belum tentu dapat memahami atau mencerna isinya.

Sebenarnya, ketakutan semacam itu belum tentu benar atau sesuai dengan kenyataannya. Karena, ada kalanya sebuah buku memiliki penampilan yang ‘garang’ (misalnya judulnya memakai kata-kata asing, sampulnya tampak serius dan lain-lain) tapi bisa saja isinya sangat asyik dinikmati karena si penulisnya menyuguhkan tulisannya dengan bahasa yang mengalir dan cair.

Karenanya, untuk mengetahui secara pasti apakah sebuah buku memang sulit dipahami ataukah tidak, satu-satunya jalan untuk membuktikannya adalah dengan membacanya. Dengan membacanya langsung, kita akan tahu secara pasti seperti apa isi buku tersebut. Kalau memang ternyata isi buku itu tergolong berat, toh kita bisa menanyakan atau meminta penjelasan dari orang-orang lain yang mungkin lebih mengetahui.

Hal-hal yang biasanya tidak dipahami oleh pembaca buku adalah makna atau arti istilah tertentu. Untuk hal itu, kita bisa membuka kamus bahasa populer atau bertanya pada orang-orang yang menguasai istilah-istilah semacam itu. Intinya, yang penting Anda membaca dulu—pemahaman akan muncul seiring dengan aktivitas kegiatan itu.

Tumbuhkan ketertarikan pada isi bacaan

Aktivitas membaca akan menjadi sesuatu yang membosankan jika kita tidak memiliki minat atau ketertarikan terhadap sesuatu yang kita baca. Sebaliknya, aktivitas membaca akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan jika kita telah terlebih dulu menumbuhkan minat dan ketertarikan terhadap isi bacaan yang kita baca. Karenanya, tumbuhkanlah terlebih dulu minat dan ketertarikan itu, agar aktivitas membaca menjadi lebih menyenangkan untuk dinikmati.

Bagaimana cara menumbuhkan minat dan ketertarikan terhadap isi bacaan? Sebenarnya, ada cara mudah untuk itu, yakni dengan memasukkan sebanyak mungkin pertanyaan terhadap bacaan itu ke dalam pikiran kita.

Contohnya seperti ini. Suatu hari Anda membaca koran dan menemukan resensi buku atas suatu judul buku tertentu. Anda membaca resensi buku itu dan kemudian tertarik untuk membaca bukunya. Karena ketertarikan itu, maka Anda pun menjadi lebih bergairah saat membaca buku tersebut, dibandingkan jika Anda tidak memiliki ketertarikan sebelumnya.

Nah, bagaimana kalau kita tidak menemukan resensi semacam contoh di atas? Jika memang begitu, ada cara lain yang bisa digunakan, yakni dengan memasukkan banyak pertanyaan ke dalam pikiran kita seperti yang telah disebutkan di atas. Caranya seperti ini. Anda menemukan sebuah buku tertentu—entah di toko buku atau di perpustakaan umum. Anda lihat judulnya, Anda perhatikan sampul dan nama pengarangnya, kemudian Anda membaca sinopsis buku di halaman belakangnya.

Dari situ, Anda bisa mulai menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang akan merangsang minat anda terhadap isi buku itu. Misalnya, Anda bisa bertanya-tanya sendiri, apa kira-kira isi buku itu? Mengapa penulisnya menulis buku itu? Mengapa sampul bukunya dibikin seperti itu? Mengapa ukuran bukunya sekecil atau sebesar itu? Mengapa buku itu dianggap penting hingga layak diterbitkan?

Dengan adanya pertanyaan-pertanyaan semacam itu, maka Anda akan lebih bergairah ketika mulai membacanya, karena di dalam proses atau aktivitas membaca itu ada minat yang ditimbulkan dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

Baca lanjutannya: Tips agar Suka Membaca Buku (2)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.