Tips agar Cepat Menguasai Bahasa Asing (2)

Tips agar Cepat Menguasai Bahasa Asing

BIBLIOTIKA - Setelah banyak membaca dan banyak menulis dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lain, maka langkah untuk melengkapinya adalah sering-sering mengucapkannya. Sering-seringlah untuk mencari kesempatan untuk dapat berbicara dalam bahasa Inggris. Kesempatan seperti ini bisa mudah Anda dapatkan, misalnya dengan mengajak teman-teman yang sedang belajar bahasa Inggris juga. Hal ini akan membuat Anda sekaligus teman Anda belajar bersama secara asyik dan saling menguntungkan.

Tak jauh beda dengan orang yang belajar berenang, sebanyak apapun teori yang telah didapatkannya dia tetap saja tidak akan dapat berenang kalau tidak mau terjun ke kolam renang dan mulai praktek. Begitu pula dengan belajar bahasa Inggris. Sebanyak apapun materi pelajaran yang telah kita dapatkan dalam bahasa asing ini, tetap saja kita tak akan bisa berbicara dalam bahasa Inggris jika tidak pernah mempraktekkannya.

Karenanya, sering-seringlah berbicara, sering-seringlah mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Bukan bertujuan untuk hal lain apapun, selain untuk melancarkan proses pembelajaran kita terhadap bahasa asing yang satu ini.

Kita juga tidak perlu merasa rendah diri atau minder karena merasa tidak fasih dalam mengucapkannya atau merasa kosakata Inggris kita masih kurang. Hal ini nantinya akan teratasi dengan sendirinya kalau kita terus aktif belajar. Jadi, bercakap-cakaplah dengan bahasa Inggris—semampu yang kita bisa. Jika kebetulan ada kata-kata tertentu yang tidak kita tahu, buka saja buku kamus atau tanyakan pada teman lain yang mungkin tahu.

Nikmatilah bahasa Inggris di berbagai kesempatan

Mendengarkan siaran-siaran berita berbahasa Inggris, semacam BBC, VOA dan lain-lain semacamnya dapat digunakan untuk mengasah kepekaan pendengaran kita terhadap bahasa asing yang satu ini.

Terkadang bisa mengucapkan bahasa Inggris saja tidak cukup karena kita juga dituntut dapat mengetahui apa yang orang lain katakan. Bisa saja kita mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris dengan baik, tetapi komunikasi juga akan tersendat-sendat kalau kita tidak dapat memahami ucapan orang lain, karena kurangnya kepekaan dalam mendengar.

Karenanya, dengan sering-sering mendengarkan bahasa Inggris diucapkan, semisal lewat siaran berita, kepekaan pendengaran kita akan semakin tajam sehingga proses belajar berbicara dengan bahasa Inggris juga akan makin meningkat. Selain banyak-banyak mendengarkan siaran berita berbahasa Inggris, kita juga dapat menikmati lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Ini gampang diperoleh, karena kaset atau CD musik lagu Inggris tersedia dimana-mana.

Melalui lagu-lagu berbahasa Inggris, kita dapat melatih lidah kita mengucapkan kata-kata Inggris dengan sangat mengasyikkan, yakni dengan cara menyanyikannya. Lagu-lagu ini, secara tidak langsung, melatih lidah kita mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris secara baik dan benar. Untuk hal ini, Anda dapat memutar musiknya, lalu lihat teks atau lirik lagunya, dan kemudian menyanyilah bersama sang artis. Asyik dan menarik, kan? Atau, Anda juga bisa menyanyikannya sendiri jika sudah merasa lebih mampu.

Film-film asing yang berbahasa Inggris juga dapat dimanfaatkan untuk semakin memperluas wawasan kita mengenai bahasa Inggris. Melalui film-film itu, kita dapat melihat secara langsung bagaimana seseorang mengucapkan suatu kata tertentu, sekaligus juga dapat melihat arti atau maknanya secara langsung melalui teks film.

Apabila Anda menggunakan DVD untuk menonton film-film semacam itu, Anda juga bisa mengganti teks filmnya dengan teks berbahasa Inggris, sehingga Anda juga bisa melihat secara langsung setiap kata yang diucapkan oleh setiap pemeran film. Atau, Anda juga bisa menghilangkan teksnya sama sekali, sehingga Anda dapat memperkirakan kata-kata apa yang Anda dengar dan lihat dalam film tersebut.

Pendeknya, nikmatilah segala hal yang memungkinkan untuk memperdalam wawasan dan pemahaman kita terhadap bahasa Inggris, baik lewat radio, film, musik, internet, atau media-media lain yang memungkinkan. Semakin kita dapat menikmatinya, semakin kita akan terbiasa dengannya.

Inti dari semua tips di atas adalah membiasakan diri kita untuk terus-menerus dekat dan menikmati bahasa Inggris. Dan hal itu bisa dilakukan secara asyik dalam berbagai kesempatan dan aktivitas sehari-hari.

Bergabunglah dengan English Corner

Beberapa tempat umum seperti toko buku, misalnya, biasanya mempunyai English Corner.  Jangan malu-malu.  Anda bisa bergabung bersama mereka. Berkenalanlah, ajukan pertanyaan dan nikmatilah percakapan. Ini merupakan kesempatan bertemu dengan orang-orang yang sama-sama tertarik untuk belajar bahasa Inggris seperti Anda.

Manfaatkan internet

Internet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita. Melalui internet, kita bisa becakap-cakap (baik melalui tulisan ataupun lisan/ucapan) dengan orang dari mana pun secara leluasa, misal melalui chat room. Ini sarana yang bukan hanya menyenangkan, tapi juga akan melancarkan proses belajar kita dalam bahasa Inggris. Selain itu, banyak pula tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan aplikasi belajar online secara cuma-cuma.

Anda dapat menggunakan MSN, Yahoo! dan program chat lainnya untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris secara online. Coba cari beberapa teman Anda yang berbahasa Inggris atau bahasa asing lain. Bila Anda menggunakan Skype, ajak teman-teman Anda untuk menggunakannya juga dan telepon mereka secara gratis melalui komputer Anda.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.