Tips agar Cepat Menguasai Bahasa Asing (1)

Tips agar Cepat Menguasai Bahasa Asing

BIBLIOTIKA - Belajar bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris, terkadang menjadi momok menakutkan bagi anak sekolah maupun mahasiswa. Padahal, materi bahasa asing sudah menjadi materi wajib saat ini di berbagai sekolah maupun kampus. Karenanya, mau tak mau anak sekolah ataupun mahasiwa tak bisa menghindarinya, apapun jurusan dan fakultas yang dipilihnya.

Sebenarnya, belajar bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan belajar hal-hal lain atau pelajaran-pelajaran lain. Yang paling dibutuhkan hanyalah ketekunan. Jika seseorang mau tekun belajar dan berlatih, maka tentunya materi yang sesulit apapun akan dapat dikuasai—begitu pula pelajaran bahasa Inggris.

Nah, berikut ini adalah tips-tips untuk menjadikan belajar bahasa Inggris menjadi asyik. Meskipun tips berikut ini ditujukan untuk proses belajar bahasa Inggris, namun tips berikut juga dapat diterapkan untuk belajar bahasa-bahasa lainnya.

Tetapkan tujuan belajar

Agar lebih memotivasi diri Anda belajar, Anda harus mempunyai suatu tujuan yang hendak dicapai. Tujuan-tujuan tersebut dapat berjangka pendek ataupun tujuan berjangka panjang.  Mungkin Anda bertujuan agar semester ini dapat lulus dengan nilai baik dalam materi pelajaran bahasa Inggris, atau mungkin pula Anda ingin lulus tes TOEFL dan lain-lainnya. Dengan adanya tujuan, maka proses belajar Anda pun akan lebih termotivasi dan terarah.

Disiplin dalam waktu belajar

Belajar bahasa Inggris tak jauh beda dengan belajar materi lain yang membutuhkan kedisiplinan. Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar belajar pada saat itu. Dengan disiplin yang baik, maka proses belajar akan menjadi semakin efektif. Belajar bahasa Inggris memerlukan tidak saja pemahaman, tetapi juga penghafalan. Jika di dalam proses ini tidak ada kedisiplinan, maka proses belajar pun akan tersendat-sendat.

Banyak-banyaklah membaca bahasa Inggris

Mempelajari suatu bahasa—termasuk bahasa Inggris—dapat dilakukan secara asyik sekaligus efektif dengan cara banyak-banyak membaca atau sering-sering membaca tulisan dan kata-kata dalam bahasa tersebut. Tidak perlu selamanya kita harus membacanya di buku-buku pelajaran yang mungkin tebal dan membosankan. Kita dapat melakukannya di sela-sela kegiatan sehari-hari kita.

Di sekeliling kita saat ini tak terhitung banyaknya tulisan atau kata-kata yang tertulis dalam bahasa Inggris. Bungkus permen, kaleng minuman, kotak makanan, merek spidol, brosur, tulisan di kaos, komik, koran, majalah, atau bahkan internet, bertebaran kata-kata dan tulisan berbahasa Inggris. Media-media itu dapat dimanfatkan untuk melatih pikiran kita dalam menikmati bahasa Inggris, sehingga tanpa sadar kita sebenarnya terus-menerus belajar bahasa Inggris, hanya saja secara perlahan-lahan dan tidak terasa.

Ketika kita sudah terbiasa membaca dan menikmati kata-kata atau tulisan dalam bahasa Inggris seperti yang dicontohkan di atas, maka kita pun tidak akan terlalu ‘gugup’ lagi ketika dihadapkan pada buku bacaan berbahasa Inggris dalam materi pelajaran kita. Jadi tujuan utama kita dalam proses ini adalah melatih mental kita untuk lebih siap dalam menghadapi materi pelajaran bahasa Inggris yang akan kita jalani di sekolah atau di kampus.

Orang bilang, tak kenal maka tak sayang. Nah, dengan mengenali kata-kata berbahasa Inggris di berbagai kesempatan yang memungkinkan, kita pun akan dapat mulai ‘sayang’ terhadap bahasa yang satu ini—yang dari sana kita bisa mulai menyukainya.

Nah, setelah terbiasa dengan kata-kata dan tulisan berbahasa Inggris sebagaimana yang disebutkan di atas, kita dapat meningkatkan proses belajar dengan cara membaca cerpen-cerpen berbahasa Inggris, koran dan majalah berbahasa Inggris, sampai novel-novel berbahasa Inggris. Ketika Anda sudah sampai pada tahap ini, belajar bahasa Inggris pun sudah bukan hal sulit lagi.

Sering-seringlah menulis dalam bahasa Inggris

Setelah banyak membaca kata-kata dan tulisan berbahasa Inggris, maka langkah kita selanjutnya adalah sering-sering menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kita lancar dalam merangkai tulisan menggunakan bahasa Inggris. Untuk tujuan ini, kita juga bisa melakukannya dalam banyak kesempatan sehari-hari.

Misalnya, mulailah sekarang untuk menulis SMS dalam bahasa Inggris. Ketika seorang kawan sekelas atau teman sekampus berkirim SMS, usahakanlah untuk menjawab dengan menggunakan bahasa Inggris. Nyatakan saja secara jujur kalau Anda sedang belajar bahasa Inggris, dan penulisan SMS itu bertujuan untuk melancarkan Anda menulis Inggris. Teman Anda pasti akan memakluminya, bahkan mungkin akan ikut belajar bersama dengan cara mengirim SMS berbahasa Inggris juga.

Selain itu, Anda juga bisa mencatat hal-hal lain dalam bahasa Inggris—yang selama ini Anda catat dalam bahasa Indonesia. Misalnya jadwal pelajaran atau jadwal mata kuliah. Memo-memo pribadi yang biasanya ditulis dengan bahasa Indonesia juga dapat diubah dengan bahasa Inggris. Begitu pula pada setiap kesempatan yang memungkinkan kita untuk melakukannya, tulislah dalam bahasa Inggris.

Pendeknya, semua upaya ini adalah untuk membiasakan diri kita untuk merasa dekat dan akrab dengan bahasa tersebut, sehingga perlahan namun pasti kita akan menjadi terbiasa.

Baca lanjutannya: Tips agar Cepat Menguasai Bahasa Asing (2)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.