Tips agar Belajar Selalu Asyik

Tips agar Belajar Selalu Asyik

BIBLIOTIKA - Semangat belajar tidak selamanya stabil, atau seringkali naik-turun. Ada kalanya kita merasakan semangat yang tinggi dalam belajar, namun ada kalanya pula kita merasakan semangat kita menurun, meski terkadang kita tidak tahu apa penyebabnya.

Di bab sebelumnya, kita sudah mempelajari mengenai motivasi belajar dan bagaimana cara menumbuhkan serta meningkatkan motivasi. Nah, tip berikut ini adalah semacam penunjang agar proses belajar yang kita lakukan selalu terasa asyik. Tip berikut ini mungkin tergolong ringan, tetapi kamu bisa buktikan sendiri keampuhannya.

Gunakan buku tulis bergambar idolamu

Saat ini buku tulis ditawarkan dengan cover atau sampul yang beraneka macam. Kamu bisa memanfaatkan itu untuk menambah semangat serta keasyikanmu dalam belajar, yakni dengan menggunakan buku-buku yang memiliki sampul foto-foto idolamu. Kalau kamu mengidolakan pemain sepakbola tertentu, misalnya, kamu bisa cari buku tulis yang bergambar pemain itu. Selain akan menambah keasyikan dalam belajar, keberadaan tokoh idola di sampul buku juga akan mendorong semangatmu agar kamu meniru kesuksesannya.

Bagaimana kalau tokoh idolamu tidak kamu temukan di sampul buku? Memang tidak setiap tokoh atau orang terkenal selalu dijadikan sampul buku tulis. Tokoh-tokoh atau pahlawan nasional, misalnya, juga jarang sekali yang dijadikan sampul untuk buku tulis. Karenanya, kalau memang kamu sulit menemukan buku tulis yang bergambar tokoh idolamu, kamu bisa gunakan cara yang mudah, yakni menempelkan foto idolamu di sampul buku tulismu.

Carilah foto idolamu, baik di koran, di majalah ataupun di internet, kemudian tempelkan di sampul buku pelajaranmu. Setelah itu, lapisi dengan sampul plastik yang bening. Mudah, kan?

Bikin buku kreasi sendiri

Tip ini ditujukan buat kamu yang kebetulan suka berkreasi atau membuat kerajinan tangan. Kamu bisa membuat buku tulis sendiri agar aktivitas belajarmu jadi semakin mengasyikkan.

Bagaimana caranya membuat buku kreasi sendiri? Tidak sulit. Kamu bisa menggunakan kertas HVS yang masih kosong, ditumpuk secara rapi, kemudian lipatlah tepat menjadi dua bagian. Setelah itu staples bagian tengahnya sehingga lembaran kertas jadi menyatu. Untuk sampulnya, kamu bisa menggunakan kertas yang agak tebal semacam karton atau kertas bufallo, atau kertas karton warna-warni.

Agar penampilan buku kreasimu itu semakin unik, kamu bisa menghias sampulnya dengan kreativitasmu sendiri, misal dengan menempelkan daun-daun kering yang direkatkan dengan lem, ataupun dengan hiasan lain. Bisa pula kamu menempelkan fotomu sendiri di sampul buku itu.

Nah, kamu bisa gunakan buku kreasimu yang unik itu sebagai tempat mencatat hal-hal penting ketika kamu mempelajari sesuatu. Dijamin, buku itu akan membuatmu selalu rajin belajar, sekaligus akan membuat teman-temanmu kagum!

Carilah tempat belajar yang asyik

Dimana kamu biasa belajar? Setiap orang punya kesenangan dalam memilih tempat yang menurutnya tepat untuk belajar. Ada yang senang belajar di dalam kamar, ada yang senang membaca buku di teras rumah, ada pula yang suka belajar di kebun belakang rumah.

Dimana pun kamu belajar, carilah tempat belajar yang sesuai dengan kesukaanmu, agar aktivitas belajarmu menjadi asyik dan tidak membosankan. Ada kalanya orang jadi malas belajar bukan karena materi pelajarannya yang sulit, tetapi karena dia belajar tidak di tempat yang disukainya.

Selain itu, kalau kamu memang menyukai belajar di dalam ruangan, semisal di dalam kamar, usahakanlah agar kamarmu bersih, rapi dan teratur. Sebab, orang biasanya akan mudah kehilangan konsentrasi ketika berada di ruangan yang kotor, kacau dan berantakan. Ruangan yang bersih dan rapi akan membuatmu betah berada di dalamnya, sekaligus juga akan membantumu menjaga tingkat konsentrasi.

Gunakan alat belajar yang unik

Alat-alat tulis pada saat ini bentuknya beraneka macam, juga memiliki keunikan yang dapat dipilih sesuai seleramu. Ada polpen yang memiliki gantungan lucu, penghapus bergambar kartun unik, dan lain-lain. Manfaatkan itu untuk membuat aktivitas belajarmu jadi semakin menyenangkan.

Kamu juga bisa menghias meja belajarmu dengan gambar-gambar kartun kesukaanmu, atau menempelkan tokoh-tokoh idolamu. Caranya mudah. Kalau kebetulan meja belajarmu polos, kamu bisa menempelkan gambar atau foto-foto yang kamu sukai di atas meja itu, kemudian tutuplah dengan kaca bening yang cukup tebal di atas meja itu. Dengan cara seperti itu, kamu pun akan merasa sedang ditemani tokoh-tokoh kesayanganmu selama belajar.

Kalau cara di atas tidak memungkinkan, kamu bisa membeli meja belajar kecil yang sekarang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Meja-meja kecil untuk belajar ini memiliki ukuran yang mungil, bentuk yang ringan, sekaligus dapat dilipat sehingga tidak menyita ruangan. Meja-meja kecil ini juga dihiasi dengan gambar-gambar yang unik dan lucu. Kalaupun ternyata kamu kurang cocok dengan gambarnya, kamu bisa menggantinya dengan gambar lain yang kamu sukai.

Buat jadwal pelajaran yang unik

Melihat jadwal pelajaran bisa dikatakan sebagai menu wajib setiap hari atau setiap malam, karena kamu tentu harus menyiapkan buku-buku untuk pelajaran di sekolah besok pagi. Karenanya, agar kamu jadi selalu asyik dalam belajar, kamu bisa mempercantik jadwal pelajaranmu dengan hiasan-hiasan yang unik atau lucu, sehingga kamu jadi merasa terhibur setiap kali melihat jadwal pelajaran itu.

Cara mempercantik atau menghias jadwal pelajaran ini bisa disesuaikan dengan kreasimu sendiri. Kamu bisa menggunakan karton yang agak besar, kemudian menempelkan gambar-gambar tertentu di sekeliling jadwal pelajaran itu, atau bisa pula kamu menggunakan bakat melukismu untuk membuat lukisan yang indah sebagai latar belakang jadwal pelajaranmu. Intinya, jadilah kreatif agar belajarmu menjadi asyik.

Bikin rekaman belajar

Kalau kebetulan kamu perlu menghafalkan suatu pelajaran untuk keperluan tes atau ujian, dan kamu merasa suntuk karena harus terus-menerus membaca dan menghafalkan pelajaran itu, kamu bisa gunakan cara yang mudah sekaligus mengasyikkan, yakni dengan merekam suaramu sendiri!

Caranya, siapkan alat perekam, bisa tape recorder atau bisa pula menggunakan ponsel yang telah dilengkapi fasilitas perekam suara. Setelah itu, bacalah materi pelajaranmu dengan suara yang cukup keras untuk dapat terekam oleh alat perekammu. Dengan cara begini, kamu tidak perlu lagi mengulang-ulang membaca buku pelajaranmu, karena kamu tinggal menyetel rekaman suaramu jika ingin kembali mengulang materi pelajaran itu. Semakin sering kamu mendengarkannya, semakin cepat pula kamu akan menghafalkannya. Mudah sekaligus asyik, kan…?

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.