Tips agar Belajar Jadi Asyik dan Efektif

 Tips agar Belajar Jadi Asyik dan Efektif

BIBLIOTIKA - Masing-masing orang memiliki gaya sekaligus cara belajar sendiri-sendiri yang menurutnya paling asyik dan paling efektif. Ada orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik, tetapi ada pula yang justru jadi tak bisa berkonsentrasi belajar kalau ada suara-suara yang mengganggu telinganya, termasuk suara musik. Ada yang suka belajar dengan ditemani kawan, tetapi ada pula yang lebih suka belajar sendirian.

Perbedaan gaya belajar semacam itu tentu saja tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, karena masing-masing orang memiliki gaya yang berbeda, khususnya dalam aktivitas belajarnya. Tip berikut ini akan memberikan panduan kepadamu tentang bagaimana belajar yang asyik, yang bisa kamu sesuaikan dengan gaya belajarmu.

Setidaknya ada tujuh gaya belajar asyik sekaligus efektif yang bisa kamu coba, yang sekiranya dapat kamu sesuaikan dengan gaya belajarmu. Meskipun tip berikut ini lebih ditujukan untuk bersenang-senang, tetapi tujuh gaya belajar berikut ini akan membuat aktivitas belajarmu jadi tambah asyik dan makin menyenangkan.

Belajar dengan kata

Gaya belajar ini bisa kamu mulai dengan cara mengajak seorang kawanmu yang senang bermain dengan bahasa atau kata-kata, seperti bercerita atau membaca dan menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan, karena bisa membantumu mengingat nama, tempat, tanggal dan hal-hal lain dengan cara mendengar dan kemudian menyebutkannya.

Cara bermainnya seperti ini: Mintalah kawanmu membacakan suatu bacaan tertentu, misalnya sejarah atau profil seorang pahlawan nasional, sementara kamu mendengarkannya. Setelah itu, kamu mencoba mengulang penjelasan tersebut tanpa membuka buku, sementara kawanmu melihat tingkat akurasi atau ketepatannya. Semakin banyak hal tepat yang bisa kamu ulangi, semakin tinggi skormu.

Agar permainan ini bisa efektif, mulailah yang pendek-pendek dan mudah terlebih dulu untuk kemudian terus meningkat pada penjelasan-penjelasan yang makin panjang dan makin rumit.

Belajar dengan pertanyaan

Ada orang yang menyukai belajar dengan cara bermain dengan pertanyaan. Bagi sebagian orang, cara ini memang efektif dan bermanfaat, sekaligus juga menyenangkan.

Cara bermainnya, kamu memancing keingintahuan dengan berbagai pertanyaan. Ketika kamu dan temanmu mulai menemukan jawabannya, kejar lagi dengan pertanyaan lain. Setiap kali muncul jawaban lagi, terus kejar dengan pertanyaan lanjutan, hingga akhirnya didapatkan jawaban akhir atau kesimpulan.

Belajar dengan gambar

Ada sebagian orang yang menyukai belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film.

Orang yang memiliki kegemaran seperti ini biasanya memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan, juga merangkai dan membaca kartu. Kalau kamu termasuk dalam kelompok ini, kamu bisa mencoba mengikutinya.

Cara belajar dengan gambar ini biasanya menggunakan gambar-gambar atau sketsa tertentu untuk mengingatkan kembali sesuatu yang pernah dipelajari. Bagi orang-orang ini, sebuah gambar dapat menyatakan lebih banyak hal dibanding kata-kata.

Belajar dengan musik

Mengiringi aktivitas belajar dengan alunan musik banyak dilakukan orang, karena banyak yang menyatakan kalau musik (khususnya yang lembut) dapat membantu konsentrasi sekaligus dapat mengurangi tingkat stres dalam akivitas belajar. Kamu bisa memilih cara ini jika memang aktivitas belajarmu jadi terasa lebih asyik sambil diiringi musik.

Kebanyakan orang yang menggunakan musik sebagai pengiring aktivitas belajar biasanya menggunakan musik-musik instrumentalia, atau musik yang tanpa lagu. Tetapi ini pun kembali pada selera masing-masing orang, karena bisa saja kamu lebih menyukai belajar sambil mendengarkan suara merdu penyanyi idolamu.

Belajar dengan bergerak

Ini adalah gaya belajar yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang aktif, atau yang tak betah tinggal diam. Bagi orang-orang ini, belajar adalah bergerak dan bukannya diam mematung.

Bagi kalangan ini, mengetik ulang pelajarannya di komputer jauh lebih menyenangkan dibanding jika hanya membaca kembali buku tersebut. Karena mereka suka bergerak, tidak heran kalau mereka pun kadang membaca buku sambil mengayuh sepeda statis di rumahnya.

Kamu bisa menggunakan cara semacam ini jika menurutmu belajar sambil bergerak lebih menyenangkan dibanding hanya duduk diam.

Belajar dengan bersosialisasi

Bagi kalangan ini, belajar yang paling menyenangkan adalah belajar yang dilakukan secara bersama-sama. Karena menyukai kebersamaan, orang-orang ini pun lebih nyaman belajar bersama teman-temannya daripada belajar sendirian. Bagi kalangan ini, belajar bersama orang lain akan memberikan tingkat konsentrasi yang baik sekaligus juga dapat melengkapi kekurangan yang dimiliki, karena masing-masing orang akan dapat saling melengkapi.

Orang yang menyukai belajar gaya ini biasanya sangat rajin dengan yang namanya belajar kelompok.

Belajar dengan kesendirian

Berbeda dengan yang di atas, ada orang yang justru lebih menyukai belajar sendirian atau dalam kesendirian. Bagi orang yang seperti ini, ketenangan dan suasana yang sepi atau hening sangat membantu tingkat konsentrasi dalam belajar dibanding sebaliknya.

Jika kamu termasuk dalam kelompok ini, kamu bisa menggunakan kamar pribadi untuk belajar, atau tempat lain yang mendukung kebutuhanmu akan suasana yang hening dan tenang.

Tersedia paket ebook BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.