Tasseography: Meramal dengan Kopi dan Teh

Tasseography: Meramal dengan Kopi dan Teh

BIBLIOTIKA - Apakah kamu pernah mendengar istilah ‘kafemandela’? Kafemandela adalah istilah yang dipergunakan untuk menyebut acara ramal-meramal dengan menggunakan sarana minuman kopi. Di negeri-negeri barat, hal ini disebut dengan istilah ‘Coffea Reading’. Acara yang satu ini mungkin belum cukup terkenal di Indonesia, namun bukan berarti tidak ada orang di sini yang melakukannya.

Meramal dengan kopi ini telah dilakukan semenjak berabad-abad yang lalu, dan ada begitu banyak bangsa di dunia ini yang mempercayai tingkat keakuratannya. Dipercaya bahwa ramalan dengan menggunakan minuman kopi ini dimulai pertama kali oleh bangsa Afrika yang memang sudah terkenal sebagai produsen kopi terbesar di dunia, dan kemudian berkembang hingga menjalar ke Yunani dan kemudian populer pula di negeri-negeri Asia. Pada akhirnya, meramal dengan kopi ini kemudian dimasukkan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang disebut sebagai ‘Tasseography’ atau cara meramal dengan menggunakan sarana minuman.

Jadi, kalau umpama suatu hari kamu membutuhkan suatu jawaban tertentu yang ada di dalam hatimu namun kamu tak bisa mendapatkan jawabannya melalui cara lain, maka kamu bisa menanyakan kegalauan hatimu itu dengan cara yang disebut tasseography ini.

Bagaimana cara meramal dengan menggunakan kopi ini?

Caranya tidak terlalu sulit. Yang perlu dipersiapkan hanyalah satu buah cangkir putih, air panas dan satu sendok kopi bubuk asli. Ingat, yang akan digunakan untuk meramal ini haruslah kopi bubuk asli, dan bukan kopi bubuk instan atau kopi dalam bentuk lainnya. Ciri dari kopi bubuk asli ini biasanya berwarna hitam pekat dan terkesan kasar ketika disentuh, karena biasanya digiling dengan alat giling tradisional (bukan dihaluskan dengan mesin giling modern).

Nah, ambillah kopi bubuk tersebut sebanyak satu sendok makan, kemudian masukkan ke dalam cangkir beling berwarna putih. Tuangkan air panas ke dalamnya, sama seperti kalau kamu membuat atau menyeduh kopi selama ini. Hanya saja, jangan masukkan gula, krim ataupun yang lainnya ke dalam seduhan kopi tersebut. Setelah itu, aduk-aduklah hingga merata, hingga kopinya melarut secara sempurna dengan air.

Tunggu selama beberapa saat, kemudian minumlah. Jika kamu merasa tidak mampu meminumnya karena mungkin rasanya terlalu pahit bagimu, kamu bisa menuang air larutan kopi itu ke dalam sebuah piring atau mangkuk. Tuangkan air kopi di dalam gelas itu sampai habis secara perlahan-lahan, tapi biarkan ampas kopinya tetap melekat di dalam gelasnya. Diamkan sejenak, kemudian lihatlah isi cangkir tersebut.

Nah, lihat dan perhatikanlah bentuk endapan ampas kopi yang melekat di dasar gelas itu. Apa yang tertera di dalam endapan kopi itu biasanya akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam hatimu dalam bentuk simbol-simbol tertentu yang harus kamu cari maknanya, atau yang perlu kamu pahami artinya.

Berikut ini adalah makna-makna dari bentuk endapan ampas kopi tersebut:

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk angka (semisal 0 sampai 9), maka itu berarti pertanyaan di hatimu berhubungan dengan suatu angka tertentu. Perhatikan bentuk angka yang ada di dasar cangkir tersebut dan pikirkanlah maknanya.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk huruf tertentu (misalnya A sampai Z), maka itu berarti pertanyaan di hatimu berhubungan dengan suatu inisial atau nama depan dari seseorang. Perhatikan bentuk huruf apa yang ada di dasar cangkir tersebut dan pikirkanlah siapa kira-kira orang terdekatmu yang memiliki inisial nama dengan huruf itu. Kamu akan bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan di hatimu dengan menanyakannya kepada orang itu.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk endapan yang utuh (melingkar sempurna di dasar cangkir), maka itu artinya pertanyaan di hatimu tidak membutuhkan jawaban apa-apa karena segalanya akan berjalan dengan baik-baik saja. Atau, bisa pula sesuatu yang kamu risaukan saat ini tidak akan terjadi, karenanya kamu tak perlu terlalu merisaukannya.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk endapan yang menyebar (membentuk pola yang luas di dasarnya namun tidak utuh), maka itu artinya pertanyaan di hatimu tidak akan terjawab saat ini, atau bisa pula sesuatu yang kamu risaukan mungkin memang akan terjadi.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk  endapan yang tebal (seperti bersatu atau melekat utuh pada satu bagian di dasar cangkir) maka itu artinya pertanyaan di hatimu akan membawamu kepada sesuatu yang penting di dalam hidupmu, entah bersifat positif ataupun negatif. Terlepas dari apakah kamu akan menemukan jawabannya ataukah tidak, apa yang kamu rasakan di dalam hatimu itu akan membawamu kepada sesuatu yang besar di dalam hidupmu.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk endapan yang tipis (ampas kopi seperti menyusut hingga endapannya menjadi sangat tipis) maka itu artinya pertanyaan yang ada di hatimu tidak perlu kamu risaukan karena tidak akan ada banyak pengaruhnya. Atau, masalah yang tengah kamu hadapi tidak perlu benar-benar membuatmu pusing, karena masalah itu akan selesai dengan sendirinya dan tidak perlu kamu khawatirkan.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk pola segitiga (atau mirip dengan bentuk segitiga), maka itu artinya sesuatu yang baik dan positif akan datang menyangkut sesuatu yang tengah kamu tanyakan di dalam hatimu. Tenangkan saja pikiranmu, karena apa yang selama ini bergolak di hatimu akan membawamu kepada sesuatu yang baik.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk pola persegi (atau berbentuk kotak atau bujur sangkar atau yang semacam itu), maka itu artinya pertanyaan yang ada di dalam hatimu muncul karena didorong oleh tingkah-lakumu sendiri selama ini. Karenanya pula, sesuatu yang saat ini mengganjal di dalam hatimu akan hilang dengan sendirinya jika kamu mau mengubah terlebih dulu beberapa tingkah-laku atau perbuatan yang mungkin seharusnya tidak kamu lakukan.

Apabila endapan ampas kopi yang ada di dasar cangkir nampak membentuk pola lingkaran (atau seperti lingkaran, atau bisa pula membentuk seperti pola hati), maka itu artinya sesuatu yang merisaukan di hatimu akan membawamu kepada sesuatu yang akan membahagiakanmu. Ini biasanya berhubungan dengan masalah cinta. Ketika hal itu terjadi, maka sesuatu yang terus kamu tanyakan di dalam hatimu pun akan terjawab dengan sendirinya.

Tasseography atau cara meramal dengan menggunakan sarana minuman tidak hanya sebatas pada kopi, tetapi juga bisa dengan menggunakan teh. Apabila ramalan dengan menggunakan kopi pertama kali populer di Afrika, maka ramalan dengan menggunakan teh ini terkenal dan populer digunakan orang pertama kali di negeri Cina. Jelas saja karena Cina memang merupakan salah satu penghasil teh terbesar di dunia.

Di Cina sendiri, ramalan dengan teh ini dianggap sesuai dengan filosofi mereka akan pengaruh yin-yang di dalam kehidupan ini, yakni bertemunya sisi positif dan negatif di dalam hidup yang dijalani oleh manusia. Teh melambangkan energi negatif, sementara cangkir putih yang digunakan untuk menuangnya dianggap sebagai energi positif.

Cara peramalan dengan menggunakan sarana teh ini tidak jauh berbeda dengan ramalan yang menggunakan kopi. Yang perlu diingat di sini hanyalah bahwa teh atau minuman teh yang dipakai untuk keperluan meramal ini haruslah teh asli, bukan teh bubuk atau teh celup. Teh asli ini bisa ditandai cirinya dengan bentuknya yang kasar atau masih kasar.

Nah, ambillah teh ini sebanyak satu sendok makan, masukkan ke dalam cangkir beling yang bersih dan berwarna putih, kemudian tuangkan air panas ke dalamnya. Ingat, jangan tambahkan gula atau yang lainnya ke dalam minuman teh ini. Aduk-aduk hingga merata, kemudian diamkan sejenak. Setelah itu minumlah. Jika kamu merasa tidak mampu meminumnya karena mungkin akan terasa pahit, kamu bisa menuangkannya secara perlahan-lahan ke piring atau ke mangkuk hingga air larutan teh di dalam cangkir itu habis dan tinggal ampas tehnya.

Diamkan cangkir yang telah kosong itu sejenak, dan setelah itu lihat dan perhatikanlah bagaimana pola ampas teh yang terbentuk di dasar cangkir itu. Cara meramalkannya sama dengan panduan atau cara meramal dengan kopi di atas.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.