Spesies-spesies Hewan Baru yang Ditemukan di Papua

Spesies-spesies Hewan Baru yang Ditemukan di Papua

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, Papua adalah salah satu tempat paling misterius di dunia, yang menyimpan banyak spesies unik dan mengagumkan yang belum pernah ditemukan. Para ilmuwan yang melakukan penelitian di bumi Papua sering terkagum-kagum mendapati betapa banyaknya kekayaan flora dan fauna di pulau ini. Dalam kurun waktu sepuluh tahun saja, para ilmuwan yang meneliti di sana telah menemukan puluhan spesies baru.

Berikut ini adalah spesies-spesies hewan yang ditemukan di Papua baru-baru ini. Cukup membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Striking damselfish

Striking damselfish adalah spesies ikan yang merupakan 1 di antara 1.060 spesies baru yang ditemukan pada atau dekat pulau New Guinea antara tahun 1998 dan 2008. Wilayah itu merupakan pulau tropis terbesar bumi yang terbagi antara Indonesia di bagian barat, dan Papua Nugini di bagian timur.

Giant bent-toed gecko

Dalam sepuluh tahun terakhir, ditemukan sekitar 43 spesies reptilia baru, yang sebagian besar di temukan di Papua Nugini. Giant bent-toed gecko adalah spesies yang ditemukan di wilayah Indonesia pada tahun 2001.

Kadal biru kehijauan

Sebagaimana namanya, spesies kadal ini memiliki warna biru kehijauan. Namun, yang sangat menakjubkan, spesies kadal ini memiliki panjang hingga 3,3 meter. Ditemukan di pulau Batanta, Semenanjung Papua, pada tahun 2001, spesies ini merupakan salah satu penemuan reptil paling spektakuler di dunia.

Ikan pelangi

Ikan pelangi adalah ikan air tawar yang dianggap ikan paling indah, karena memiliki warna-warni bersinar seperti pelangi. Meski ukurannya relatif kecil, WWF menganggap ikan ini sebagai salah satu ikan terindah di dunia.

Blue-eyed spotted cuscus

Spesies yang disebut kuskus bermata biru ini adalah possum kecil yang ditemukan pada tahun 2004, yang menambah keragaman marsupial di dunia yang telah memiliki 38 spesies.

Snub-fin dolphin

Snub-fin dolphin adalah spesies baru lumba-lumba yang baru ditemukan pada tahun 2005 di perairan selatan Papua. Tim ilmuwan yang menemukannya benar-benar tidak menyangka ada spesies tersebut di sana.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.