Rajin Cuci Tangan Bisa Menghemat Uang

Rajin Cuci Tangan Bisa Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan, begitu pula sesudahnya. Ini adalah nasihat paling tua dalam hal kesehatan. Tentu saja nasihat-nasihat lain yang sama pentingnya juga banyak, semisal biasakan mandi minimal dua kali sehari, jangan malas menggosok gigi, dan lain-lain.

Namun mencuci tangan adalah hal paling mendasar dalam kesehatan, karena orang yang rajin mencuci tangannya ketika akan makan biasanya juga akan cukup baik dalam menjalankan nasihat kesehatan yang lainnya. Lebih dari itu, rjin cuci tangan juga bisa memantu kita menghemat uang.

Apa kaitan antara rajin mencuci tangan ini dengan upaya menghemat uang?

Pikirkan fakta ini; hal apakah yang biasanya paling memaksa seseorang untuk mencari uang—bagaimanapun caranya—untuk dapat memenuhi sesuatu? Setidaknya ada dua jawaban; yang pertama adalah untuk makan, dan yang kedua adalah untuk biaya pengobatan.

Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan adalah upaya paling standar sekaligus paling mudah dalam menjaga agar tangan kita bersih dan terhindar dari virus atau bakteri atau kotoran tertentu yang dapat membuat kita sakit. Begitu pula mencuci tangan setelah berkebun, setelah membetulkan genteng rumah yang bocor, setelah menangani mesin kendaraan yang bermasalah, ataupun setelah bersih-bersih rumah.

Sebagaimana yang dinyatakan di atas, nasihat mencuci tangan sebelum makan adalah nasihat pertama, dan tentu saja kita tak bisa hanya berhenti di situ. Untuk menjaga kesehatan dan agar terhindar dari penyakit, setiap orang tentu saja tidak dapat menggantungkannya hanya pada mencuci tangan, namun juga pada upaya-upaya lain yang mendukung kesehatan.

Salah satu hal yang sering menyebabkan orang mengeluarkan banyak uang adalah ketika sakit dan harus membayar biaya dokter, menebus resep obat ataupun memenuhi dan melunasi tagihan rumah sakit.

Sebuah survai menyangkut kesehatan bahkan membuktikan bahwa 50 persen dari semua kebangkrutan disebabkan oleh tagihan-tagihan rumah sakit, dan bahwa rata-rata orang yang masuk ke rumah sakit dengan suatu penyakit fatal akan kehilangan seluruh tabungan seumur hidup mereka selama sepuluh hari terakhir mereka di rumah sakit.

Sakit yang ringan mungkin tidak terlalu menyedot biaya atau tak terlalu membutuhkan banyak uang untuk pengobatannya. Namun, meskipun begitu, keadaan sakit itu kemudian mengurangi produktivitas Anda; mungkin Anda tak bisa bekerja dengan baik, atau malah harus libur dari kerja. Dan jika sakit-sakit ringan itu seringkali terjadi yang menyebabkan Anda harus sering libur dari kerja, bukan mustahil kalau kemudian Anda malah akan kehilangan pekerjaan Anda.

Karenanya, jika Anda mungkin malas mencuci tangan, maka ingat-ingatlah tabungan Anda. Meskipun ini terkesan tidak ada hubungannya, namun sesungguhnya ini sangat berhubungan erat!

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.