Rajin Belajar Bisa Menghemat Uang

Rajin Belajar Bisa Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Kalau kita datang ke toko buku, maka kita akan melihat bahwa salah satu buku yang kini banyak terpajang di rak-rak toko buku adalah buku-buku yang berjenis ‘how to’.

Kalau pada beberapa tahun yang lalu buku-buku jenis ‘how to’ biasanya lebih merupakan buku-buku self development atau pengembangan diri, maka buku-buku jenis ‘how to’ pada masa sekarang lebih berupa panduan praktis untuk melakukan sesuatu yang juga lebih bersifat praktis; semisal cara memperbaiki ponsel, panduan menggunakan teknologi internet, merawat komputer, atau yang semacamnya.

Banyaknya, juga larisnya, buku-buku semacam itu mungkin karena masyarakat sekarang ini mulai sadar bahwa sesungguhnya ada banyak hal yang dapat dilakukan sendiri kalau saja orang mau belajar.

Pengetahuan-pengetahuan praktis tentang hal semacam itu pun kini tidak hanya tersedia di buku-buku panduan atau di artikel-artikel koran, namun juga banyak bertebaran di internet. Sekarang, orang dapat memperbaiki komputernya sendiri tanpa harus membawanya ke tempat servis seperti pada masa lalu, karena panduan tentang hal itu begitu bejibun di berbagai media.

Kalau suatu hari Anda mendapati ada barang Anda yang rusak atau mengalami gangguan, dan Anda berniat untuk membawanya ke bengkel atau ke tempat servis, cobalah cari terlebih dulu panduan tentang hal itu dan cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Seringkali, Anda akan melihat bahwa gangguan atau bahkan kerusakan yang terjadi itu sesungguhnya dapat diatasi sendiri dengan cara yang mudah tanpa harus keluar biaya banyak.

Dulu, saya biasa membawa mesin printer saya untuk di-reset di tempat servis komputer. Sebagaimana mesin-mesin printer keluaran baru, mesin printer yang saya miliki mempunyai ‘batas cetak tertentu’ yang apabila batas itu telah terlampaui maka mesin printer saya harus diset ulang. Karena aktivitas cetak yang saya lakukan tergolong tinggi, maka mesin printer itu pun harus sering mampir ke tempat servis untuk tujuan itu. Dan untuk hal itu pula saya harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biayanya.

Namun kemudian saya tahu bahwa di internet tersedia program-program resetter yang dapat di-download secara gratis. Dengan software tersebut, saya pun kemudian dapat me-reset printer saya setiap kali perlu diset ulang, dan saya tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan.

Kalau kita tidak manja dan mau sedikit berusaha untuk mengatasi segala sesuatunya sendiri, seringkali kita akan terkejut bahwa ternyata ada begitu banyak pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan, sekaligus penghematan uang yang dapat kita lakukan.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.