Problem Seputar Software Handphone dan Solusinya

Problem Seputar Software Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar software handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Beberapa handphone PDA yang telah beredar di Indonesia biasanya juga dilengkapi dengan program Microsoft Excel. Nah, apakah tampilan program Excel ini sama seperti tampilan Excel di komputer biasa?

Solusi:

Program Microsoft Office Excel yang ada di PDA sedikit berbeda dengan tampilan yang ada di komputer, karena di PDA menggunakan Excel Mobile. Namun, data Excel dari komputer dapat dibuka dan diedit di PDA, begitu pula sebaliknya.

Problem:

Saya ingin memutar lagu MP3 di handphone saya, namun anehnya lagu-lagu berformat MP3 tidak pernah bisa dibuka di handphone yang saya pakai. Mengapa ini terjadi?

Solusi:

Penyebab tidak bisa dibukanya lagu-lagu berformat MP3 di handphone tersebut adalah karena handphone yang digunakan belum mendukung format lagu jenis MP3. Untuk mengatasinya dapat melakukan instal aplikasi pemutar MP3 terlebih dulu, misalnya UltraMP3 atau Power MP3.

Problem:

Saya suka mendengar musik dari handphone. Yang ingin saya tahu, bagaimanakah cara mengkonversikan file musik berekstensi .wma ke format MP3, dan menggunakan software apa?

Solusi:

Ada cukup banyak software yang dapat digunakan untuk mengubah file dari format .wma ke MP3, salah satunya adalah software gratisan dari Apple iTunes yang dapat di-download di http://www.apple.com/itunes/download/.

Setelah melakukan instalasi software, ubahlah konversi standar iTunes, pilih menu EDIT, PREFERENCE, ADVNCED, IMPORTING, lalu pada IMPORT USING pilih MP3 Encoder, pada SETTING pilih kualitas dari MP3 yang diinginkan, kemudian OK.

Setelah itu, masukkan CD audio ke dalam CD ROM. Akan muncul notifikasi apakah ingin mengubah format ke MP3. Pilih YES. Apabila .wma dalam bentuk file, masukkan file tersebut ke dalam library iTunes, kemudian klik kanan dan pilih CONVERT SELECTION TO MP3.

Problem:

Saya sering menyimpan foto dan file-file lain di dalam MMC atau memori eksternal. Nah, apakah foto atau file-file itu dapat dimunculkan lagi apabila sudah dihapus namun memorinya belum diformat ulang? Kalau bisa, software apa yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut?

Solusi:

Masih ada kemungkinan untuk dapat memunculkan kembali foto atau file-file yang telah terhapus tersebut. Software yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut adalah Undelete5 yang dapat di-download di http:www.undelete.com/.

Apabila software sudah di-download, maka software tersebut haus diinstal ke dalam komputer dan kartu memori dibaca dengan menggunakan card reader.

Problem:

Saya mentransfer data dalam format PDF dari komputer ke handphone saya melalui bluetooth. Tetapi handphone saya tidak dapat menampilkan data yang telah ditransfer tersebut. Bagaimana supaya saya dapat menampilkan file data yang telah ditransfer itu sehingga dapat membacanya di handphone?

Solusi:

Pastikan terlebih dulu file PDF yang telah ditransfer tersebut benar-benar sudah diterima secara sempurna di dalam handphone. Kemudian masukkan ke dalam menu MESSAGE di handphone, buka pesan yang berisi file PDF yang diterima tadi, lalu simpan ke dalam My Document. Setelah itu bukalah dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.