Problem Seputar Modem Handphone dan Solusinya

Problem Seputar Modem Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar modem handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saya menggunakan handphone Nokia seri terbaru dan menggunakan kartu Simpati. Saya ingin menggunakan handphone tersebut untuk dijadikan sebagai modem internet di komputer. Apakah bisa? Dan bagaimana caranya?

Solusi:

Handphone dapat dijadikan modem internet apabila memang memenuhi syarat untuk keperluan tersebut. Caranya adalah dengan terlebih dulu melakukan penginstalan Nokia PC Suite yang biasanya sudah terdapat pada paket penjualan.

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, hubungkan handphone dengan komputer, dengan menggunakan kabel data USB Nokia Connectivity yang disertakan. Kemudian tunggu driver untuk kabel data terinstal dengan sempurna. Lalu jalankan aplikasi Nokia PC Suite dan pastikan di layar kiri atas terlihat handphone yang digunakan telah terhubung. Lalu klik yang berikut ini:

FILE > CONNECT TO THE INTERNET > CONFIGURE > NEXT > pilih TELKOMSEL INDONESIA > FINISH > CONNECT.

Problem:

Saya ingin menggunakan handphone PDA untuk dijadikan modem di laptop yang saya gunakan. Saya menginginkan kecepatan koneksi yang 3,5G. Lalu, apakah semua handphone 3,5G yang mendukung kecepatan 3,6 Mbps hingga 7,2 Mbps bisa digunakan sebagai modem internet pada laptop?

Solusi:

Handphone atau PDA bisa digunakan sebagai modem pada laptop, bukan bergantung pada kecepatan HSDPA-nya, melainkan pada dukungan dan aplikasi di dalam perangkat tersebut yang memungkinkannya untuk dapat dijadikan sebagai modem.

Jadi, kalau memang tujuannya adalah menjadikan handphone atau PDA untuk dijadikan modem internet, maka yang harus dipastikan terlebih dulu adalah; apakah handphone atau PDA tersebut memiliki aplikasi untuk digunakan sebagai modem. Mengenai kecepatannya dapat dicari handphone atau PDA yang sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Problem:

Saya menggunakan handphone Nokia seri baru, dan ingin menggunakan handphone tersebut untuk dijadikan modem internet. Bagaimanakah cara dan langkah-langkah untuk mengkoneksikan handphone saya dengan internet melalui bluetooth?

Solusi:

Pertama, gunakan Nokia PC Suite dan instal di dalam komputer. Apabila belum memilikinya, dapat men-download-nya di http://www.nokia.co.id/A4616027. Setelah terinstal dengan baik, pilihlah SETTING, MANAGE CONNECTION, BLUETOOTH, lalu pilih nama handphone yang digunakan. Lalu pilih NEXT, dan masukkan passcode di handphone sesuai yang tertera pada komputer. Kembali klik NEXT, lalu isikan pada handphone: ACCEPT CONNECTION REQUEST FROM nama komputer, lalu YES, FINISH.

Untuk menghubungkannya ke internet, pilih FILE, CONNECT TO THE INTERNET,  SETTING, NEXT, pilih nama operator yang digunakan, lalu FINISH, CONNECT.

Problem:

Saya ingin berinternet dengan menggunakan kartu CDMA di handphone saya. Nah, lebih baik mana saya menggunakan modem handphone tersebut ataukah menggunakan modem USB biasa?

Solusi:

Yang paling baik tentu saja dengan menggunakan modem USB sendiri. Beberapa kelebihannya adalah lebih stabil koneksinya dan tidak mudah menjadi panas.

Problem:

Saya menggunakan handphone merek Sony Ericsson. Apakah handphone saya dapat dijadikan modem untuk berinternet di komputer? Bagaimana cara instalasinya?

Solusi:

Apabila handphone yang digunakan telah mendukung untuk dijadikan sebagai modem, maka tentu saja handphone tersebut dapat dipakai untuk modem berinternet.

Caranya adalah dengan melakukan instalasi Sony Ericsson PC Suite. Setelah terinstal secara sempurna, hubungkan handphone dengan komputer menggunakan kabel data, infra merah atau bluetooth. Setelah terhubung, jalankan aplikasi Sony Ericsson PC Suite, pilih menu MOBILE NETWORKING WIZARD, NEW CONNECTION, isi USER NAME, isi PASSWORD, kemudian OK.

Problem:

Saya menggunakan handphone merek Nokia yang dihubungkan dengan komputer melalui kabel data. Saya menggunakan kartu dari Indosat. GPRS sudah diaktifkan, namun saya masih bingung bagaimana caranya menjadikan handphone saya untuk dijadikan modem internet. Bagaimana langkah-langkahnya?

Solusi:

Handphone dapat dijadikan sebagai modem dengan terlebih dulu melakukan penginstalan Nokia PC Suite yang terdapat dalam paket penjualan atau men-download versi terbarunya di situsnya Nokia.

Setelah proses instalasi selesai, hubungkan handphone dengan komputer melalui kabel data, kemudian tunggu sampai proses instalasi untuk driver kabel data selesai.

Kemudian jalankan aplikasi Nokia PC Suite, dan pastikan di layar kiri handphone terlihat handphone telah terhubung, lalu bukalah FILE > CONNECT TO THE INTERNET > CONFIGURE > NEXT > pilih INDOSAT INDONESIA > FINISH > CONNECT.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.