Problem Seputar Internet-Handphone dan Solusinya

Problem Seputar Internet-Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar internet-handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saya suka berinternet melalui handphone. Saat ini saya biasa menggunakan handphone Nokia N73 untuk berselancar di internet, namun saya seringkali merasa kalau proses browsing-nya lama sekali. Apakah lokasi atau sinyal memang mempengaruhi hal tersebut?

Solusi:

Handphone Nokia N73 memang masih memakai jaringan 3G dan belum 3,5G (HSDPA). Lokasi atau sinyal tentu saja mempengaruhi kecepatan konektivitas (transfer data) yang dilakukan. Perhatikan indikator sinyal yang ada di handphone. Apabila hanya 1 bar, maka proses transfer data akan berjalan lambat bahkan sering terputus-putus.

Apabila dirasa kecepatannya dalam koneksi internet memang lambat, disarankan untuk mengganti kartu dari operator lain, karena saat ini jaringan internet dari operator seringkali menjadi lambat atau berkurang kecepatannya karena banyaknya pengguna, namun tidak diiringi dengan penambahan bandwith internet sehingga berakibat koneksi internet menjadi melambat.

Problem:

Saya biasa menggunakan fasilitas e-mail di handphone, namun masih belum paham mengenai cara mengisi server e-mailnya. Bagaimanakah cara mengisi server e-mail masuk dan server e-mail keluar?

Solusi:

Server e-mail yang masuk diisi berdasarkan alamat e-mail yang digunakan, biasanya menggunakan POP3, misalnya: pop.indosat.net.id, atau pop.gmail.com, atau pop.mail.yahoo.co.id dan lain-lain. Sementara server e-mail keluar dapat menggunakan alamat SMTP atau berdasarkan jaringan yang digunakan, misalnya: smtp.indosat.net.id, atau smtp.gmail.com dan lain-lain.

Problem:

Saya ingin bisa melakukan chatting melalui handphone. Bagaimana caranya?

Solusi:

Pastikan terlebih dulu handphone yang digunakan telah disetting GPRS-nya dengan benar, kemudian lakukan instalasi aplikasi messenger, misalnya di ebuddy (http://qqq.ebuddy.com/mobile.php) atau di mig33 (http://www.mig33.com/).

Problem:

Saya menggunakan handphone keluaran lama, dan ingin dapat men-download MP3 dari internet. Namun, mengapa setiap kali saya mencoba untuk men-download MP3 selalu saja gagal?

Solusi:

Penyebab yang paling umum dari kegagalan men-download MP3 seperti yang dilakukan tersebut adalah karena memori internal dari handphone yang digunakan terlalu kecil sehingga tidak lagi memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup.

Problem:

Handphone-handphone yang memiliki fasilitas 3G kan bisa digunakan untuk video call. Nah, kalau melakukan chatting dengan menggunakan YM, apakah handphone 3G tersebut dapat digunakan sebagai webcam?

Solusi:

Kalau melakukan chatting via YM dengan menggunakan handphone, maka kamera tidak dapat digunakan sebagai webcam. Namun, apabila chatting via YM dengan menggunakan komputer, maka handphone 3G dapat digunakan sebagai webcame asalkan telah menggunakan sistem operasi Symbian S60.

Problem:

Saya biasa menggunakan Opera Mini untuk berinternet di handphone. Namun, mengapa menu-menu flash atau animasinya tidak pernah keluar sebagaimana kalau saya berinternet di komputer biasa?

Solusi:

Menu-menu flash dan animasi memang biasanya tidak keluar atau tidak ditampilkan karena apa yang ditampilkan di browser Opera Mini adalah tampilan web yang telah disesuaikan dengan handphone agar tidak terlalu berat. Menu-menu flash atau animasi, sebagai contoh, sengaja tidak ditampilkan karena akan membebani kinerja handphone.

Problem:

Saya menggunakan handphone BlackBerry. Namun, setiap kali saya ingin menggunakan handphone saya untuk browsing internet selalu saja muncul kata-kata, “Unable to open a PDP context to the following APN…” dan seterusnya. Mengapa ini bisa terjadi?

Solusi:

Ada dua kemungkinan terjadinya hal seperti di atas. Kemungkinan yang pertama, jika sudah berlangganan dengan layanan BlackBerry, maka ada kesalahan pada setting browser. Setting yang benar adalah: Menu > Options > Advanced Options > Browser > Default browser cofiguration (pilih Internet Browser) > default MDS browser configuration (pilih Internet Browser).

Kemungkinan yang kedua, karena layanan GPRS pada kartu yang digunakan di dalam handphone tersebut belum diaktifkan. Hubungi layanan pelanggan untuk dapat mengaktifkannya.

Problem:

Saya biasa menggunakan handphone untuk berinternet. Nah, kalau saya telah menggunakan suatu kartu operator untuk membuat e-mail address, kemudian akan mengganti nomor tersebut, apakah alamat e-mail saya akan tetap ada? Ataukah menjadi hilang karena nomornya telah diganti atau sudah tak aktif lagi?

Solusi:

Alamat e-mail yang telah dibuat akan tetap ada, karena alamat e-mail tersebut disimpan dalam webserver dan bukan dalam kartu SIM atau nomor yang dipakai. Kartu SIM hanyalah salah satu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan handphone dengan internet.

Problem:

Saya menggunakan handphone BlackBerry dan biasa menggunakannya untuk mengirim serta menerima e-mail. Belum lama, saya menerima e-mail yang disertai dengan file attachment. Hanya saja, saya tidak dapat mengedit attachment tersebut. Bagaimana caranya agar saya bisa mengedit attachment itu? Apakah diperlukan suatu aplikasi tertentu untuk dapat melakukannya?

Solusi:

Benar, diperlukan aplikasi tertentu untuk dapat membuka file attachment di dalam BlackBerry, yaitu aplikasi ‘Document To Go’. Dengan aplikasi tersebut maka attacment dapat diedit dengan menggunakan Microsoft Word, Excel atau PowerPoint.

Problem:

Kalau mengakses internet melalui handphone, saya sering merasa kesulitan, khususnya kalau diminta memasukkan user id dan password yang ditolak karena dianggap tidak sesuai. Bagaimana solusinya?

Solusi:

Untuk dapat mengakses internet melalui handphone memang diharuskan mengetahui terlebih dulu user id dan password akses internet dari operator yang digunakan sehingga user id dan password yang dimasukkan pun jadi dikenali dan dianggap sah atau sesuai.

Problem:

Saya ingin membuat e-mail secara langsung di handphone. Tetapi saya belum tahu bagaimana caranya. Bagaimana langkah-langkahnya?

Solusi:

Pertama-tama, pastikan terlebih dulu apakah handphone yang digunakan memang  telah terdapat web browser seperti opera, kemudian masuklah ke layanan e-mail, seperti Yahoo, Gmail ataupun yang lain. Setelah itu pilihlah Sign Up (daftar), dan isilah pertanyaan yang ada di formulir pendaftaran.

Problem:

Ketika menggunakan handphone untuk berinternet, terkadang saya membuka layanan video. Namun saya selalu mendapat pesan bahwa handphone harus memiliki Flash Player. Apakah untuk hal tersebut saya harus menambahkah aplikasi baru untuk handphone saya? Kemudian, apa sih yang dimaksud dengan WidSet itu?

Solusi:

Flash Player untuk handphone disebut FlasLite. Untuk mendapatkannya bisa men-download di www.adobe-flashlite.com.

Sedangkan WidSet adalah aplikasi tambahan yang memiliki fungsi seperti dashboard pada mobil. Jadi, dengan WidSet ini, beberapa fitur bisa langsung dilihat melalui aplikasi tersebut.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.