Problem Seputar Hardware Handphone dan Solusinya (2)

Problem Seputar Hardware Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar hardware handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saya memiliki handphone keluaran lama yang sudah tidak saya pakai hingga sekitar lima tahunan karena telah berganti dengan handphone yang lain. Nah, baru-baru ini saya mencoba mengaktifkannya kembali dan sepertinya masih dapat berfungsi secara normal. Hanya saja, setelah baterainya di-charge, sekitar lima menit kemudian baterai sudah habis kembali dan minta di-charge lagi. Begitu seterusnya. Apa yang terjadi?

Solusi:

Karena sudah lima tahunan tak dipakai dan mungkin juga tidak disimpan dengan baik, maka sel-sel pada baterai pun menjadi lemah. Sebaiknya lakukan penggantian baterai terlebih dulu.

Problem:

Saya menggunakan handphone dengan kartu memori eksternal. Selama ini baik-baik saja, hanya saja akhir-akhir ini kok memori eksternal handphone saya tidak bisa lagi dikenali oleh komputer apabila saya menghubungkannya dengan komputer. Apa yang terjadi dengan handphone saya? Apakah memori eksternal tersebut perlu diformat ulang?

Solusi:

Kemungkinannya ada dua. Pertama, memori eksternal yang digunakan telah terkena virus atau mengalami kerusakan (corrupt). Salinlah data-data yang ada terlebih dulu ke tempat lain sebelum melakukan format ulang atas memori eksternal tersebut.

Format ulang dapat dilakukan di dalam handphone dengan membuka File Manager > Format Memory Card. Kalau mau menggunakan komputer, maka format ulang dapat dilakukan dengan cara membuka File Explorer > pilih kartu memori > klik kanan > format > pilih FAT.

Problem:

Saya heran dengan handphone saya. Handphone saya ini tergolong keluaran baru, namun baterainya boros sekali. Saya sudah mencoba mengganti baterai beberapa kali tetapi tetap saja boros terus dan sepertinya borosnya itu tidak normal. Mengapa handphone saya begitu boros baterai seperti itu?

Solusi:

Yang pertama, pastikan terlebih dulu baterai yang digunakan itu memang asli dan sesuai  dengan handphone yang digunakan, dan travel charger yang dipakai untuk meng-charge juga travel charger yang sesuai dengan jenis handphone-nya. Apabila baterainya tetap boros juga, maka kemungkinan besar ada komponen di dalam handphone itu yang mengalami kerusakan. Coba bawa ke bengkel resmi terdekat.

Problem:

Saya membeli handphone yang dilengkapi dengan memori internal dengan kapasitas yang cukup besar (40 MB). Namun, suatu hari, secara aneh muncul peringatan di handphone saya yang menyebutkan bahwa memori telah penuh dan meminta agar saya menghapus beberapa file.

Yang lebih aneh lagi, saya tidak pernah menyimpan banyak file dalam memori internal, tetapi kapasitasnya kemudian hanya tinggal beberapa KB dan tidak tertera memori handphone saya yang sebesar 40 MB itu terpakai untuk apa. Bagaimana kok bisa terjadi seperti ini?

Solusi:

Yang terjadi atas kasus tersebut, kemungkinannya adalah kapasitas penyimpanan SMS dalam kartu SIM telah penuh. Jadi peringatan yang muncul itu sebenarnya bertujuan untuk memperingatkan atas kartu dalam kartu SIM. Hapus saja SMS-SMS yang tidak dibutuhkan dengan cara yang mudah berikut ini: Menu > Messaging > SIM > Messages > lalu hapuslah pesan-pesan yang tidak lagi diperlukan.

Problem:

Saya menggunakan handphone yang telah dilengkapi dengan fasilitas teve. Tapi mengapa setiap kali saya menonton teve melalui handphone sepertinya kok tidak pernah jelas / buram?

Solusi:

Fasilitas televisi yang dihadirkan dalam perangkat handphone dibangun dengan sistem portabel. Nah, secara prinsip, teknologi portabel tentu memiliki kelemahan, terutama untuk televisi. Misalnya untuk daya tangkap frekuensi yang hanya didukung antena mini, tentu saja tidak lebih baik kalau dibandingkan dengan televisi rumah biasa. Bahkan televisi rumah pun terkadang harus ditambahkan booster agar bisa tampil secara baik.

Problem:

Saya suka bermain game di handphone. Tetapi mengapa setiap kali saya selesai bermain game kok beberapa tombol di keypad handphone jadi tidak berfungsi?

Solusi:

Hal itu kemungkinan disebabkan karena seringnya penggunaan keypad selama bermain game. Seringnya suatu tombol dalam keypad dipencet biasanya mengakibatkan hal semacam itu.

Problem:

Ketika pertama kali membeli handphone beberapa waktu yang lalu, handphone saya baik-baik saja, dalam arti dapat berfungsi secara normal. Namun akhir-akhir ini sepertinya kinerjanya jadi agak melambat dan terus melambat. Apa yang terjadi dengan handphone saya?

Solusi:

Kinerja handphone yang menjadi lambat atau melambat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah karena banyaknya file yang disimpan di dalam memori handphone, terlalu banyak aplikasi yang diinstal, atau juga karena kebiasaan browsing internet namun tak pernah menghapus jejak file yang tersisa atau tertinggal, seperti file cache.

Baca lanjutannya: Problem Seputar Hardware Handphone dan Solusinya (3)

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.