Problem Seputar Hardware Handphone dan Solusinya (1)

Problem Seputar Hardware Handphone dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar hardware handphone, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Di dunia handphone seringkali muncul istilah ‘produk gagal’. Nah, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan produk gagal itu? Dan mengapa disebut produk gagal?

Solusi:

Secara mudahnya, yang dimaksud dengan produk gagal adalah produk yang tidak memenuhi standar untuk dijual. Namun bukan berarti bahwa produk tertentu yang memiliki sedikit gangguan biasa dapat langsung dicap sebagai produk gagal.

Biasanya, pada produk awal yang dipasarkan memiliki problem semisal restart sendiri, atau ringtone yang kembali ke standar semula. Hal semacam itu terkadang terjadi pada produk terbaru karena fireware-nya yang belum stabil. Kalau hal semacam itu yang terjadi, maka solusinya dapat melakukan upgrade fireware tebaru.

Problem:

Saya ingin menggunakan sarung handphone agar handphone saya dapat lebih terjaga dari kemungkinan kerusakan karena terbentur sesuatu, juga agar selalu bersih. Namun, apakah benar magnet yang terdapat dalam sarung handphone dapat merusak layar handphone?

Solusi:

Selama magnet yang terdapat di sarung handphone tersebut tergolong lemah maka tidak akan merusak layar handphone. Sebaiknya, letakkan layar handphone pada sisi sarungnya yang tidak bermagnet. Seringkali, kerusakan terjadi pada layar handphone yang tertekan oleh magnet.

Problem:

Saya mendapatkan kiriman handphone dari Arab Saudi, karenanya bahasa yang digunakan di dalam handphone itu pun menggunakan bahasa Arab. Nah, bisakah bahasa di dalam handphone itu diubah ke bahasa Indonesia? Kalau bisa, apakah dapat merusakkan komponen-komponen di dalamnya?

Solusi:

Bisa saja bahasanya diubah ke dalam bahasa Indonesia. Untuk menghindari kerusakan komponen di dalamnya, maka sebaiknya proses upgrade untuk pemindahan bahasa itu dilakukan oleh tenaga servis yang telah berpengalaman.

Problem:

Saya menggunakan memori eksternal sebesar 1 GB untuk handphone saya. Namun, handphone saya jadi sering mati sendiri. Apakah memori yang 1 GB itu terlalu berat bagi handphone saya sehingga terjadi gangguan seperti itu? Atau apakah ada virus di dalamnya?

Solusi:

Berat tidaknya handphone dalam menerima tambahan kartu memori sesungguhnya tergantung pada isi dan aplikasi yang dimasukkan ke dalam kartu memori eksternal tesebut. Untuk handphone-handphone jenis terbaru, biasanya sudah sanggup menerima pasokan memori eksternal sebesar 1 GB.

Terjadinya masalah berupa mati sendiri biasanya disebabkan oleh memori RAM (internal) yang habis, sehingga handphone melakukan restart. Untuk hal tersebut, cobalah lakukan upgrade fireware, kemudian gunakan handphone dengan melepas kartu memori. Apabila masih sering mati sendiri seperti sebelumnya, maka kemungkinan besar ada masalah dengan hardwarenya.

Problem:

Saya mendapatkan kiriman handphone seri baru dari Jepang. Namun, handphone tesebut tidak dapat digunakan. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

Solusi:

Handphone tersebut tidak dapat digunakan di negara lain karena kemungkinan memang telah dikunci (lock) di negara asalnya. Solusinya adalah dengan melakukan unlock atau dengan menggunakan turbo SIM. Untuk hal itu bisa dilakukan di tempat servis handphone yang berpengalaman.

Problem:

Saya menggunakan handphone yang memiliki kapasitas memori besar pada memori eksternalnya. Namun, setiap kali saya mendapatkan data yang besarnya di atas 2 MB melalui bluetooth atau infra red, kok handphone saya tidak bisa menerimanya meski kapasitas memorinya masih mencukupi. Apa yang terjadi?

Solusi:

Hal tersebut terjadi karena setting penerimaan data melalui bluetooth atau infra merah masih menggunakan memori internal, sementara di dalam memori internal tersebut sudah tidak mencukupi kapasitasnya. Solusinya adalah dengan memindahkan lokasi penyimpanan pesan ke dalam kartu memori (memori eksternal). Caranya adalah dengan masuk ke Menu / Messaging / Options / Setting / Other / Memory in use, kemudian pilih kartu memori.

Problem:

Saya menggunakan handphone yang telah berteknologi layar sentuh. Bagaimana caranya agar handphone yang saya gunakan tersebut menjadi awet? Karena saya pernah mendengar kalau handphone berlayar sentuh mudah rusak.

Solusi:

Pertama, yang perlu dilakukan agar handphone menjadi terjaga dari kerusakan adalah dengan memasang pelindung layar atau anti gores yang sesuai dengan jenis handphone yang digunakan. Untuk hal di atas, maka yang terbaik adalah dengan menggunakan yang khusus untuk layar sentuh (tidak menggunakan lem) dan sesuai dengan ukuran layar handphone.

Kedua, usahakan untuk selalu menggunakan stylus untuk memilih menu, dan usahakan untuk tidak terlalu keras saat menekan layar handphone.

Terakhir, gunakan tempat (sarung) handphone yang sesuai sehingga layar handphone akan terlindung dari tekanan.

Problem:

Saya biasa menggunakan handphone untuk memotret dan menyimpan foto. Kenapa akhir-akhir ini foto yang saya buat seringkali mengalami kerusakan dalam bentuk terpotong setengah atau tidak utuh? Padahal saya telah yakin kalau objek yang saya foto itu sudah utuh dan cara memotretnya juga sudah benar.

Solusi:

Hasil foto yang mengalami kerusakan, semisal terpotong separuh, biasanya dikarenakan kartu memori yang mengalami kerusakan (corrupt). Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan format ulang kartu memori dengan menggunakan handphone yang digunakan.

Baca lanjutannya: Problem Seputar Hardware Handphone dan Solusinya (2)

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.