Problem Seputar GPRS dan WAP dan Solusinya (1)

Problem Seputar GPRS dan WAP dan Solusinya

BIBLIOTIKA - Tanya jawab berikut ini hanya ilustrasi untuk memudahkan pemahaman serta mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang bisa menjadi problem atau masalah seputar GPRS dan WAP, serta solusi yang dapat dilakukan.

Problem:

Saya menggunakan kartu dari Indosat untuk handphone saya, dan saya sering menggunakan handphone untuk mengakses internet. Hanya saja, setiap kali masuk ke sebuah website kok gambar atau image-nya tidak muncul. Padahal saya sudah melakukan setting di handphone secara benar. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Solusi:

Ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi menyangkut masalah yang dihadapi tersebut hingga gambar atau image tidak dapat muncul di handphone ketika mengakses internet. Pertama, bisa saja karena pengaturan atau setting GPRS yang tidak benar sehingga yang ditampilkan di internet hanya teks saja (cookies), atau gambar yang dibuka tersebut terlalu besar ukurannya sehingga tidak dapat ditampilkan di handphone.

Disarankan untuk melakukan setting ulang GPRS di handphone yang digunakan. Untuk langkah-langkahnya, bisa diperhatikan yang berikut ini:

Ini adalah contoh setting GPRS dengan menggunakan kartu dari Indosat:
  1. Setting name: Indosat3G
  2. Data Bearer: GPRS
  3. GPRS Acces Point: indosatgprs
  4. User Nama: indosat
  5. Password: indosat
  6. Authentication type: normal
  7. IP/Proxy Serv Address Homepage: http://3g.indosat.com
  8. Connection Security: off
  9. Session Mode: Permanent

Problem:

Di handphone yang saya gunakan muncul huruf ‘G’ di bagian pojok kiri atas. Apa sebenarnya maksud dari huruf ‘G’ tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya?

Solusi:

Huruf ‘G’ yang muncul tersebut adalah logo dari GPRS. Untuk menghilangkannya, lakukan SETTING, CONNECTIVITY, PACKET DATA CONNECTION, lalu pilih WHEN NEEDED, kemudian OK.

Problem:

Saya menggunakan handphone yang dapat mengaktifkan dua kartu sekaligus, dan saya menggunakan kartu Mentari serta Simpati di handphone saya. Nah, saya ingin mengaktifkan fitur GPRS namun hanya pada kartu Mentari saja. Saya sudah berkali-kali mencoba melakukannya, namun jawaban yang saya peroleh selalu saja pesan kesalahan. Apa yang terjadi? Bagaimana cara saya mengaktifkan GPRS di handphone saya?

Solusi:

Yang terjadi pada kasus tersebut, kemungkinan besarnya adalah karena jenis handphone yang digunakan belum terdaftar dalam layanan OTA Indosat (operator dari kartu yang ingin diaktifkan GPRS-nya). Berikut ini langkah-langkah aktivasi dan setting GPRS Indosat yang dapat dilakukan:

Pertama, lakukan aktivasi dengan mengirimkan SMS ke nomor 888 dengan isi pesan: ACT <spasi> GPRS.

Kemudian lakukan setting GPRS secara manual dengan mengisikan datanya sebagai berikut:
  1. Connection name: IndosatGPRS
  2. Data bearer: Packet data
  3. Access point name: indosatgprs
  4. User name: indosat
  5. Password: indosat
  6. Authentication: normal
  7. Homepage: http://wap.indosat.com
  8. Phone IP address: Automatic
  9. DNS Address: Automatic
  10. Proxy Server Address: 10.19.19.19
  11. Proxy port number: 8080

Problem:

Saya ingin membeli handphone produk Cina yang sekarang banyak beredar karena menyukai fitur-fitur yang mereka tawarkan. Hanya saja saya masih ragu karena pernah mendengar kalau handphone-handphone Cina agak susah setting GPRS-nya. Apakah benar begitu?

Solusi:

Sebenarnya, secara umum parameter yang dimasukkan untuk setting GPRS tak jauh beda dengan jenis-jenis handphone lainnya. Hanya saja, seringkali menu pengaturan pada handphone-handphone produksi Cina tidak tertata dengan rapi sehingga agak menyulitkan dalam melakukan pengaturan GRS maupun MMS.

Problem:

Saya menggunakan kartu Simpati untuk handphone saya. Mengapa handphone saya tidak bisa dipakai untuk mengirim MMS meskipun sudah saya daftarkan ke Telkomsel?

Solusi:

Setelah mendaftarkan ke operatornya, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan setting pada handphone yang digunakan. Berikut ini parameter setting manual yang harus dimasukkan:
  1. Setting name: GPRS MMS
  2. Data Bearer: GPRS
  3. GPRS Acces Point: mms
  4. User Name: wap
  5. Password: wap123
  6. Authentication type: normal
  7. IP/Proxy Serv Address: 10.1.89.150
  8. Homepage: http://mms.telkomsel.com
  9. Connection Security: off
  10. Session Mode: permanent
  11. Port Number: 8000

Baca lanjutannya: Problem Seputar GPRS dan WAP dan Solusinya (2)

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.