Perawatan Seputar Software Komputer

 Perawatan Seputar Software Komputer

BIBLIOTIKA - Setelah melakukan perawatan atas bagian-bagian hardware komputer, maka software yang ada di dalam sistem komputer pun perlu dibenahi agar kinerja komputer secara keseluruhan dapat mencapai hasil yang optimal. Pembenahan software ini meliputi pemeliharaan sistem operasi dan juga aplikasi-aplikasi yang telah ada di dalamnya. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Periksalah harddisk dengan menggunakan tools ScanDisk untuk memastikan kalau tabel partisi, boot record, direktori, struktur file dan juga bagian permukaan harddisk masih dalam keadaan normal dan baik, dalam arti tidak adanya error, bad sector ataupun lost cluster.

Benahi dan perbaikilah cacat-cacat yang mungkin ada di dalam registry dengan menggunakan tool diagnostik. Tool semacam ini bisa diperoleh dengan cara mendowloadnya di internet. Yang paling terkenal adalah Norton WinDoctor yang merupakan bagian dari Norton Utilities.

Singkirkan dan bersihkanlah file-file sampah yang hanya akan mengurangi kapasitas ruang penyimpanan di dalam harddisk. Cara pembersihan ini  bisa dilakukan dengan cara manual ataupun dengan menggunakan tool-tool yang banyak ditawarkan di internet. Kalau Anda memang berminat untuk memilikinya untuk dapat membersihkan komputer Anda secara rutin dan lebih baik, Anda bisa mendapatkan tool pembersih yang komersial atau yang berbayar.

Lakukanlah defragmentasi terhadap harddisk agar susunan file di dalamnya menjadi urut dan teratur kembali untuk mempercepat akses komputer ke harddisk ketika kita bekerja nantinya.

Menghapus file dengan Disk Clean Up

Disk Clean Up adalah program penghapus file yang pintar. Piranti ini dapat mencari file yang tidak kita inginkan lagi, dan menghapusnya dengan mudah serta cepat, tanpa merusak file yang lain. Cara mengaktifkannya adalah mengawalinya dengan mengarahkan kursor pada kolom Start > Programs > Accessories > System Tools > Disk Clean Up.

Mula-mula program akan menanyakan pada drive mana Anda akan melakukan pemeriksaan dengan Disk Clean Up ini. Setelah lokasi drive diarahkan, tentukan jenis atau tipe file yang akan dimusnahkan dari harddisk. Setelah itu, akhiri dengan mengklik OK dan Yes untuk melakukan konfirmasi.

File-file yang tidak berguna dan tak dibutuhkan pun akan dihapus dari harddisk komputer Anda.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.