Pentingnya Menyederhanakan Website untuk Bisnis

Pentingnya Menyederhanakan Website untuk Bisnis

BIBLIOTIKA - Yang paling menjengkelkan dari membuka sebuah website di internet adalah jika website tersebut membutuhkan waktu lama untuk loading (membuka). Hal semacam itu biasanya terjadi karena website yang ingin dibuka tersebut terlalu rumit, terlalu banyak gambar, terlalu berat karena adanya banyak film animasi dan hal-hal lain semacamnya. Akibatnya, komputer pun membutuhkan energi berlebih untuk dapat membukakannya.

Nah, ketika merancang tampilan website untuk bisnis, usahakan agar jangan terlalu rumit sehingga mengakibatkan lama waktu loading-nya. Pengunjung yang ingin tahu website kita bisa-bisa langsung kabur dan menutup window website milik kita jika kasus yang terjadi adalah seperti di atas itu; loading terlalu lama, dan pengunjung pun jadi tidak sabar menunggunya.

Website yang baik dan bagus itu tidak selamanya website yang rumit atau yang terlalu mewah atau yang banyak hiasan. Yang bagus seringkali justru adalah website-website yang memiliki tampilan sederhana, dengan aksesori yang minim, dengan warna yang tak terlalu ramai, sehingga saat dibuka pun tidak terlalu berat loading-nya.

Karena itu, sebaiknya buatlah website yang sederhana, dengan tampilan warna yang sederhana (tidak menggunakan banyak warna), juga pangkas hiasan-hiasan yang tidak perlu.

Ingat, halaman website, khususnya halaman pertamanya, adalah seumpama etalase toko yang berusaha mengundang pengunjung untuk memasuki toko. Karenanya, buatlah seefektif mungkin, sehingga barang yang dijual itu langsung diketahui oleh pengunjung. Jangan buat pengunjung bingung karena begitu banyaknya hal-hal tak perlu yang kita tampilkan di sana.

Selain itu, jangan buat pengunjung website kita jadi bingung atau pusing dalam menggunakan website bisnis kita. Dalam hal ini, kita perlu membuat sebisa mungkin agar website kita tersebut memiliki font atau tampilan huruf yang mudah dibaca dan tidak melelahkan mata, serta juga peletakan panel-panel yang mudah digunakan. Pikirkan secara cermat dimana harus meletakkan tombol, navigasi, tabel, rollbar dan sebagainya yang benar-benar user friendly sehingga pengunjung merasa senang dan betah menelusuri isi website kita.

Terkadang ada website yang memiliki tampilan bagus tapi gagal menarik pengunjung karena faktor kesalahan tersebut. Website tersebut tidak memberikan kemudahan bagi pengunjungnya untuk menggunakan fasilitas yang mereka sediakan. Akibatnya, pengunjung jadi bingung dan kemudian pergi meninggalkan website tersebut, tak peduli apa yang ditawarkan oleh isi website tersebut. Hindari kesalahan fatal semacam itu.

Selain itu, jangan pula membuat pengunjung menjadi bingung dengan berubah-ubahnya tampilan website di setiap halaman. Maksudnya, keseluruhan isi halaman website kita harus diupayakan memiliki tampilan yang seragam, meskipun memiliki isi atau content yang beragam.

Di dalam sebuah halaman website biasanya terdapat link-link yang menghubungkan orang dengan isi halaman website yang lain, dan link ini bisa terhubung ke halaman website milik kita, atau pindah ke website yang lain. Nah, apabila tampilan halaman website kita berubah-ubah di setiap halamannya, maka pengunjung akan bingung untuk menentukan apakah dia masih berada di website yang pertama dikunjunginya ataukah sudah pindah ke website yang lainnya.

Jadi, meskipun setiap halaman website memiliki isi yang beraneka macam dan berbeda-beda, namun upayakan agar tetap memiliki tampilan yang sama.

Yang perlu diingat dalam hal ini adalah seperti yang telah dinyatakan di atas; sederhanakan, sederhanakan, dan sederhanakan. Pengunjung website di internet selalu lebih menyukai website yang sederhana namun mudah dibuka dan gampang digunakan daripada website yang mewah namun susah loading dan membingungkan.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.