Pentingnya Mengingat Garansi Pembelian Barang

 Pentingnya Mengingat Garansi Pembelian Barang

BIBLIOTIKA - Ingatlah selalu untuk menanyakan garansi setiap kali Anda membeli barang-barang tertentu yang memang berkemungkinan memiliki jaminan garansi. Ini biasanya menyangkut barang-barang elektronik.

Dengan adanya kartu jaminan garansi, Anda akan dapat menghemat banyak uang, karena terbebas dari biaya apabila terjadi kerusakan pada barang yang Anda beli, selama waktu garansinya belum habis. Rata-rata, untuk barang-barang elektronik, jangka waktu garansi adalah satu sampai dua tahun. Selama dalam jangka waktu tersebut, Anda akan terbebas dari biaya apabila terjadi kerusakan pada barang yang telah Anda beli.

Untuk barang-barang tertentu, biasanya yang tergolong mahal, jaminan garansi akan dibuktikan dengan adanya sebuah buku atau kartu garansi. Simpanlah kartu tersebut dan jangan sampai hilang, karena klaim garansi biasanya akan meminta ditunjukkannya kartu garansi sebagai bukti.

Ada pula perusahaan tertentu yang meminta konsumen produknya untuk mengirimkan salinan kartu garansinya, sebagai semacam tanda bukti bahwa barang yang dibeli memang benar-benar asli.

Yang terkadang meragukan adalah barang-barang tertentu yang sebenarnya memiliki garansi, namun tidak disertai dengan adanya kartu garansi. Susahnya lagi, ada kalanya pemilik toko tidak menyebutkan adanya garansi atas barang tersebut apabila si pembeli tidak menanyakannya. Kasus seperti ini biasanya terjadi pada barang-barang elektronik tertentu, atau onderdil elektronik.

Belum lama, komputer yang biasa saya gunakan untuk bekerja mengalami masalah; monitornya tak bisa menyala, atau hanya menyala sebentar kemudian mati. Menurut diagnosis seorang teman yang mengerti komputer, RAM komputer saya sudah tak bisa bekerja secara maksimal dan perlu diganti. Maka saya pun pergi ke toko komputer dan membeli RAM untuk menggantikan RAM komputer saya yang bermasalah itu.

Namun saya melakukan kesalahan. Karena terburu-buru ketika membelinya, saya tidak sempat menanyakan garansi RAM tersebut. Lebih parah lagi, ketika RAM itu telah dipasangkan di CPU komputer saya, RAM itu tidak kompatibel dengan mainboard komputer saya.

Saya baru tahu fakta itu, dan saya pun kemudian datang lagi ke toko komputer tadi untuk mengembalikan atau setidaknya menukarkan RAM tersebut. Namun jawaban toko itu membuat saya tersadar; tak ada perjanjian penukaran apalagi pengembalian barang, jadi RAM itu tak bisa ditukar apalagi dikembalikan.

Saya tak bisa menuntut lebih karena memang kenyataannya seperti itu. Maka yang bisa saya lakukan kemudian adalah pergi ke toko komputer lain dengan membawa CPU saya untuk membeli RAM yang baru. Sungguh, sebuah keteledoran yang telah banyak membuang waktu sekaligus biaya!

Kalau Anda membeli sesuatu yang kemungkinan memiliki garansi, jangan lupa tanyakan hal itu. Kalau pembelian Anda dilengkapi kartu garansi, simpan dan manfaatkan!

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.