Pentingnya Memperhatikan Isi atau Konten Website

Pentingnya Memperhatikan Isi atau Konten Website

BIBLIOTIKA - Yang paling penting dalam sebuah website sesungguhnya adalah isi atau content-nya. Tampilan sebuah website barangkali bisa mewah, dihiasi dengan backsound atau musik latar belakang, menggunakan warna-warni yang mentereng atau juga dipenuhi dengan animasi yang menawan. Namun jika isi atau content-nya tidak baik dan tak menarik, maka website itu tergolong gagal.

Ketika seseorang mengunjungi sebuah website, maka yang paling dibutuhkannya adalah isi atau content-nya, dan bukannya hiasan-hiasannya. Karenanya, usahakan agar dapat menampilkan isi yang benar-benar menawan. Tulislah isi atau content yang sebaik mungkin yang berhubungan dengan tujuan kita dalam membangun website tersebut.

Kalau memang tujuan kita adalah untuk berbisnis dan menawarkan produk kita kepada pengunjung, maka tulislah content yang berhubungan dengan itu secara fokus dan tidak keluar dari topik tersebut. Kalau misalnya kita menawarkan sarung batik, umpamanya, tidak perlu repot-repot menulis artikel tentang sepak bola meskipun waktu itu sedang musim sepak bola dunia.

Seringkali, isi artikel dalam website yang bagus tidak sekedar penuh atau memenuhi halaman website, namun terorganisir secara rapi, fokus, unik dan langsung ke pokok tujuan tanpa berputar-putar dan membingungkan. Jadi, menulislah dengan cara itu. Isi artikel tidak perlu penuh atau terlalu banyak, yang penting tujuan yang ingin kita sampaikan terwakili oleh isi artikel tersebut, dan pengunjung dapat memahaminya.

Selain itu, membaca tulisan di layar komputer biasanya adalah aktivitas yang lebih melelahkan kalau dibandingkan dengan membaca tulisan di atas kertas atau di surat kabar. Karenanya, upayakan untuk menulis dengan tidak terlalu rapat atau menggunakan font yang terlalu kecil. Gunakan font-font yang memiliki bentuk jelas, juga gunakan ukuran font yang sekiranya dapat ditangkap mata dengan mudah, kemudian perhatikan paragraf-paragraf yang kita bangun dalam tulisan kita.

Karena membaca di layar komputer itu lebih melelahkan bahkan terkadang membingungkan, maka pisahkanlah setiap paragraf yang ada, dan jangan menumpuknya seperti kalau kita menulis di atas kertas. Lebih dari itu, usahakan agar masing-masing tulisan link dengan tulsan isi terpisah dengan cukup jelas sehingga tidak membingungkan.

Nah, berbicara soal isi website ini, ada kalanya orang menemukan suatu website tertentu dengan isi artikel yang menarik dan kemudian berniat untuk menirunya. Sebaiknya, usahakan agar tidak melakukan hal semacam itu. Selain tidak kreatif, terkadang isi suatu website milik orang lain belum tentu tepat jika digunakan di website kita karena mungkin saja apa yang ditawarkan di website tersebut berbeda dengan apa yang kita tawarkan di website kita.

Karenanya, kreatiflah dan buatlah isi artikel kita semenarik dan seunik mungkin dengan fokus tujuan yang kita inginkan. Tak perlu terpengaruh dengan isi website milik orang lain. Karena, seperti yang dikatakan oleh orang-orang bijak, yang bagus untuk orang lain belum tentu pula bagus untuk diri kita.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.