Pentingnya Kecepatan Loading Website

Pentingnya Kecepatan Loading Website

BIBLIOTIKA - Salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi para pengungjung internet adalah jika membuka website yang susah loading atau yang membutuhkan waktu lama untuk dapat membukanya.

Seringkali, ketika mendapati website yang ‘menjengkelkan’ seperti itu, para pengunjung internet pun segera beralih mencari website lain, atau bahkan terkadang langsung menutup window website yang loading-nya lama tersebut. Ingat, tidak setiap orang membuka internet di rumah, karena banyak pengunjung internet yang melakukan aktivitas berselancar ini di warnet atau warung internet.

Karenanya, sambil mereka berselancar di dunia maya, mereka pun terus teringat akan beban tagihan pulsa internet yang mereka gunakan. Mereka tentunya menginginkan website yang lancar saat dibuka agar waktu yang mereka habiskan di internet dapat dipersingkat, sehingga tagihan pulsanya juga tidak membengkak.

Dengan tujuan seperti itulah, upayakan untuk membuat website yang tidak membebani pengunjung dengan waktu loading yang lama. Usahakan agar website itu ringan saat dibuka, tanpa harus dibebani dengan banyak hal yang akan membuat loading-nya bermenit-menit.

Seringkali, yang membebani loading-nya sebuah website adalah karena banyaknya grafis yang digunakan, atau terlalu rumitnya tampilan website sehingga membutuhkan energi lebih besar dari komputer untuk dapat membukanya. Karenanya, sederhanakan dan optimalkan hal-hal tersebut demi cepatnya loading website.

Kalau memang kita tidak bisa menghapus suatu grafis tertentu, misalnya foto atau gambar dari barang produksi kita yang ingin kita tawarkan pada pengunjung website kita, maka buatlah gambar atau foto-foto tersebut seoptimal mungkin. Mungkin dengan cara membuatnya agar tidak terlalu besar, atau juga tidak terlalu rumit.

Untuk tujuan itu, kita bisa menggunakan software-software yang mendukung hal tersebut, seperti Macromedia Fireworks atau Image Ready atau Adobe Photoshop untuk dapat mengoptimalkan grafis-grafis yang ingin kita buat di dalam tampilan website tanpa harus mengorbankan kualitas gambar atau foto yang ingin kita tampilkan di website tersebut.

Jadi, sekali lagi, optimalkan grafis-grafis situs kita tersebut agar situs bisa di-loading dengan waktu yang relatif cepat, dan kemudian ukurlah dengan menggunakan koneksi yang lambat yaitu dengan modem dial up.

Apabila dengan uji coba menggunakan modem dial up ini isi website kita dapat loading dengan cukup mudah dan cepat, maka usaha kita bisa dianggap berhasil. Ingatlah bahwa tidak semua pengunjung internet menggunakan saluran DSL untuk koneksi internet mereka, sehingga kita perlu melakukan uji coba seperti di atas.

Selain itu, optimalkan pula kode-kode HTML yang digunakan untuk membangun website tersebut. Gunakan software HTML Optimizer untuk membuat file HTML untuk website tersebut menjadi lebih kecil, lebih kompak dan juga mudah dibuka. Semuanya ini, sekali lagi, bertujuan pada kecepatan loading situs kita.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.