Panduan Praktis Merawat Komputer

 Panduan Praktis Merawat Komputer

BIBLIOTIKA - Kalau Anda kebetulan tergolong orang yang sibuk dan merasa tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan perawatan komputer secara berkala atau secara rutin, maka ada langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah itu.

Di tengah kesibukan Anda sehari-hari, Anda pun sebenarnya dapat tetap merawat dan menjaga komputer Anda agar tetap aman, awet dan selalu baik kondisinya. Berikut ini adalah langkah-langkah praktisnya.

Sediakan UPS

Seringkali, tegangan listrik tidak stabil alias turun-naik atau bahkan mati secara tiba-tiba. Ini tentu saja  akan berdampak kurang baik pada komputer, terutama komputer yang sudah lama. Naik-turunnya tegangan atau arus listrik atau bahkan matinya listrik secara tiba-tiba akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya hardisk, bahkan juga rusaknya morherboard.

Untuk harddisk, misalnya, harddisk memerlukan kestabilan saat bekerja. Karenanya, apabila listrik tiba-tiba mati maka terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track recordingnya yang pada akhirnya akan menimbulkan bad sector. Bad sector ini hanya bisa dilihat apabila kita melakukan pengecekan lewat scandisk.

Bad sector yang terdapat pada harddisk tidak bisa diisi file untuk operasional system maupun  untuk menyimpan data, sehingga akan mengurangi kapasitas harddisk itu sendiri. Karena itu, usahakanlah agar disediakan UPS atau external battery sebagai pengaman di komputer Anda, sehingga apabila terjadi mati lampu secara mendadak maka komputer akan tetap hidup atau menyala untuk beberapa saat, sehingga masih ada kesempatan bagi Anda untuk mematikan komputer sesuai prosedurnya yang benar (menggunakan shut down). 
Sediakan stavolt

Kalau Anda menggunakan UPS yang telah dilengkapi dengan stavolt (penstabil naik-turunnya tegangan) maka bisa dikatakan itu sudah cukup baik. Tetapi apabila UPS yang Anda gunakan tidak atau belum dilengkapi stavolt di dalamnya, maka lebih baik sediakanlah stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walaupun tegangan listrik mengalami naik-turun, namun hal itu tidak akan mengganggu keamanan komputer serta kinerja sistemnya.

Bersihkan dari debu

Biasanya CPU komputer diletakkan di samping meja komputer, diletakan di atas lantai atau di atas meja yang secara langsung terbuka atau tanpa penutup. Hal ini tentu saja memungkinkan masuknya debu ke dalam CPU.

Debu memiliki fungsi sebagai penghantar panas, sehingga komponen CPU, misalnya prosesor, walau tersembunyi sekalipun dapat dimasuki debu. Begitu pula dengan memori atau RAM, dan akibat dari kesemuanya itu adalah kinerja komputer yang menjadi menurun, terkena hang, atau bahkan sampai komputer tidak bisa dinyalakan. Karena itu, biasakan untuk membersihkan debu dari CPU tersebut. Ini tentu saja bukan pekerjaan yang berat, kan?

Hindarkan terkena air

Tidak menutup kemungkinan suatu waktu keyboard komputer tersiram air minum. Mungkin ketika Anda sedang minum di depan komputer dan kemudian tanpa sengaja ada ceceran minuman yang menetes ke sana. Adanya air di dalam keyboard ini dapat mengakibatkan korsleting yang bisa saja berakibat merusakkan sistem komputer.

Perhatikan voltase

Untuk negara kita, voltase listrik biasanya menggunakan standar 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang kebanyakan masih menggunakan yang standar 110 volt. Karena itu, apabila Anda kebetulan menggunakan komputer produksi Jepang, biasakanlah untuk menyalakan komputer dengan menghidupkan adapter terlebih dulu untuk menurunkan voltase dari 220 ke 110 volt. Perbedaan voltase yang tak ‘dinetralkan’ dengan adapter ini dapat mengakibatkan korsleting.

Hati-hati dengan serangan petir

Kalau kebetulan Anda berada di daerah yang rawan serangan petir, terutama kalau Anda memiliki jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, maka sebaiknya sediakan penangkal petir. Sungguh berbahaya bila suatu komputer dalam jaringan terkena petir, karena akan merembet ke seluruh jaringan yang ada.

Jauhkan dari medan magnetik

Medan magnetik bisa mengganggu performa CPU juga monitor. Karena itu, usahakan agar perangkat tersebut berada cukup jauh dari medan magnetik yang mungkin ada di dalam rumah atau ruangan kerja Anda.

Antivirus dan utiliti

Demi tujuan keamanan data serta sistem komputer, pastikanlah Anda sudah memasang software anti virus dan selalu rajin di-update. Pastikan pula ada program utilities tambahan di komputer Anda untuk menghapus sisa registry dan sampah file dari internet (cookies).

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.