Panduan Menggunakan Handphone dengan Nyaman

Panduan Menggunakan Handphone dengan Nyaman

BIBLIOTIKA - Sepuluh tahun yang lalu, kita mungkin masih belum begitu akrab dengan piranti komunikasi yang bernama handphone ini. Selain karena masih minimnya orang yang menggunakannya, harga handphone pada waktu sepuluh tahun yang lalu pun tergolong masih relatif mahal hingga hanya orang-orang tertentu saja yang membeli dan menggunakannya. Namun sekarang, hampir dapat dikatakan semua orang memegang handphone, entah untuk keperluan atau kebutuhan, entah juga untuk sekedar bergaya.

Mudahnya orang menggunakan handphone juga disebabkan karena gampangnya penggunaan fasilitas perangkat yang satu ini. Berbeda dengan penggunaan telepon rumah yang membutuhkan persyaratan administratif yang rumit, maka penggunaan handphone begitu mudah dan begitu simpel. Orang tinggal membeli pesawat handphone, memilih kartu operator, kemudian mengaktifkannya. Tidak perlu persyaratan administrasi, tidak perlu biaya pendaftaran, abonemen ataupun iuran bulanan.

Karena handphone sudah menjadi semacam gaya hidup pada masa sekarang, maka bukan pemandangan yang aneh lagi kalau kita melihat anak-anak sekolah, baik yang SD, SMP atau SMA pun menenteng handphone. Ini tentu saja berbeda dengan sepuluhan tahun lalu dimana handphone hanya dipergunakan oleh orang-orang bisnis yang memang membutuhkan perangkat yang satu itu.

Saat ini, bahkan majalah atau tabloid yang khusus membahas handphone pun telah tersedia, sehingga orang-orang dapat selalu memantau perkembangan handphone- handphone keluaran terbaru. Bahkan media-media yang bergerak dalam bidang lain pun ikut pula membahas masalah handphone dalam beberapa rubriknya, semisal media komputer, tabloid ataupun majalah.

Perbedaan handphone pada masa dulu dengan masa sekarang pun bukan hanya fisiknya semata-mata, namun juga pada faktor kebutuhannya. Kalau dulu bentuk dan wujud handphone begitu besar dan bisa dikatakan ‘lugu’, namun sekarang handphone memiliki bentuk yang cantik, wujud yang fashionable, serta dapat diganti-ganti chasingnya.

Kalau dulu handphone hanya sebatas untuk menelepon atau setidaknya untuk berkirim SMS (pesan singkat), maka sekarang handphone telah dilengkapi dengan fasilitas kamera, pemutar musik, radio, infra merah, bluetooth, WAP, GPRS, 3G hingga HSDPA dan lain-lain.

Begitu pun, kalau pada masa lalu handphone lebih berfungsi pada kebutuhan akan komunikasi, maka sekarang handphone sepertinya lebih berfungsi sebagai gaya hidup semata-mata. Karenanya, pada masa sekarang ini sepertinya aneh kalau sampai ada orang yang belum atau tidak memiliki handphone.

Kalau dulu orang membeli handphone karena kebutuhan akan komunikasi, maka sekarang orang membeli dan memilih handphone karena faktor-faktor lain selain komunikasi, misalnya karena kelengkapan fitur, bentuk dan wujud yang fashionable dan lain-lain.

Karena begitu banyaknya pengguna handphone, maka saat ini telah begitu banyak dealer, counter ataupun kios-kios yang menyediakan berbagai kebutuhan menyangkut handphone, dari pulsa isi ulang, sampai berbagai aksesoris untuk mempercantik perangkat yang satu ini.

Orang-orang yang memakai handphone pun sepertinya begitu memanfaatkan hal tersebut, khususnya anak-anak muda dan para remaja. Mereka asyik menggonta-ganti chasing handphone-nya, atau memilah-milih bandul untuk mempermanis tampilan handphone mereka.

Maraknya pemakai dan pengguna handphone ini tentu saja memiliki kandungan yang positif sekaligus negatif. Positifnya, orang semakin mudah berkomunikasi tanpa harus memperhitungkan jarak lagi karena dengan adanya handphone, orang pun dapat melakukan komunikasi dengan siapapun dan dimana pun. Namun negatifnya, pemakaian dan penggunaan handphone ini juga tidak jarang mengundang kerawanan, dari kemungkinan kejahatan sampai terjadinya bencana yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah tips untuk menggunakan handphone secara nyaman, jika Anda kebetulan berencana melakukan perjalanan. Bagaimana pun, Anda tentu tidak ingin terputus komunikasi dengan keluarga, teman, atau orang terdekat, selama dalam perjalanan, gara-gara handphone mengalami masalah.

Menggunakan handphone dalam perjalanan

Perjalanan berkendara yang menempuh jarak jauh bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan atau juga menjengkelkan. Menyenangkan jika perjalanan kita lancar dan kita selamat sampai di tujuan. Tetapi menjengkelkan jika kita harus antri sampai berjam-jam karena jalanan yang macet, atau juga karena kita tak tahu arah jalan yang harus dituju untuk mencapai tempat yang kita inginkan.

Nah, di sinilah perlunya handphone dalam berkendara. Dengan memanfaatkan handphone, Anda dapat mengetahui jalan alternatif yang dapat melancarkan perjalanan, atau juga mencari tahu arah mana yang harus ditempuh hingga tidak tersesat. Dengan menggunakan handphone untuk menghubungi teman atau saudara, perjalanan kita pun akan bisa menjadi lebih lancar.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips dan saran menggunakan handphone dalam berkendara agar perjalanan Anda menjadi lancar dan tidak terganggu:

Sebelum Anda melakukan perjalanan, isi baterai handphone sampai penuh sehingga Anda tidak perlu berhenti untuk mengisi ulang baterai.

Bawa charger. Jangan sampai charger Anda tertinggal sehingga tidak bisa memanfaatkan handphone saat baterai habis di tengah jalan. Apalagi bila Anda membutuhkan handphone tersebut untuk beberapa hari selama melakukan perjalanan jauh.

Bawa handsfree. Hindari menelepon saat mengemudi karena bisa mengganggu konsentrasi Anda. Handsfree dapat banyak membantu Anda saat terpaksa bertelepon atau ditelepon ketika masih mengemudi.

Isi phone-book Anda. Masukkan nomor-nomor penting ke dalam memori handphone Anda, seperti nomor telepon rumah sakit, bengkel siaga, polisi dan informasi lalu lintas.

Siapkan pulsa cadangan. Jika Anda memakai nomor prabayar, siapkan voucher pulsa cadangan sebelum Anda berangkat. Tapi jika Anda memakai nomor pascabayar, maka mintalah kenaikan plafon ke operator yang bersangkutan (jika penggunaan plafon dibatasi perbulannya).

Gunakan SMS untuk informasi yang kurang penting. Untuk menghemat pulsa, jika informasi yang Anda tanyakan kurang penting dan kebetulan masih berada dalam jaringan yang sama, Anda bisa menggunakan SMS.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.