Panduan Mempromosikan Bisnis di Internet (1)

Panduan Mempromosikan Bisnis di Internet

BIBLIOTIKA - Salah satu kunci keberhasilan yang amat penting dalam berbisnis apa saja, baik di dunia maya ataupun di dunia nyata, adalah promosi. Dengan adanya promosi, apalagi promosi yang baik dan terarah sekaligus efektif, maka orang-orang pun akan mengetahui keberadaan kita, sekaligus juga bisnis kita. Tanpa adanya promosi yang baik, maka sebagus apapun bisnis dibangun dan dikelola, orang-orang (calon konsumen) akan kesulitan untuk mengetahui keberadaan bisnis kita.

Coba lihat di sekeliling kita; dimana pun ada keramaian atau kerumunan orang (entah acara konser musik, pagelaran band ataupun acara-acara lainnya) pasti akan ada baliho-baliho besar atau spanduk-spanduk yang terpajang yang berisi promosi suatu produk. Ilustrasi itu sudah dengan gamblang menunjukkan bahwa setiap pemilik bisnis selalu berusaha agar bisnisnya diketahui oleh banyak orang (masyarakat) dengan harapan agar masyarakat akan mengenal untuk kemudian menjadi konsumen atau pelanggannya.

Acara-acara di televisi ataupun di radio juga penuh sesak dengan iklan. Begitu pula dengan koran, tabloid, majalah dan media-media massa lainnya. Semuanya terselip iklan, promosi, ataupun sekedar informasi suatu produk tertentu. Sekali lagi, semuanya itu bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk bisnis kepada masyarakat.

Nah, begitu pula dengan bisnis di dunia maya internet. Untuk dapat eksis mengelola bisnis di internet ini, kita pun harus berupaya agar mampu mengeksiskan bisnis kita agar langgeng, dan salah satu cara yang paling umum dipakai adalah dengan jalan berpromosi, atau lebih tepatnya lagi, rajin berpromosi.

Ada sekian juta orang yang setiap harinya terhubung dengan internet, dan di dunia maya ini ada sekian ribu atau bahkan sekian juta bisnis yang dibangun, ditawarkan pada para pengunjung internet itu. Di antara begitu banyak pesaing yang ada di internet yang juga menawarkan produknya, kita akan tersisih apabila tidak pandai berpromosi memperkenalkan bisnis kita.

Karena itu pulalah, ada begitu banyak orang yang berhasil memperoleh penghasilan besar dari bisnis di internet, namun ada pula begitu banyak orang yang bangkrut atau kehilangan uang dari usaha yang sama. Salah satu kuncinya adalah promosi itu tadi.

Bagaimana cara berpromosi

Lalu bagaimaa cara berpromosi atau mempromosikan bisnis kita kepada para pengunjung internet?

Ada banyak cara yang dapat ditempuh. Yang paling umum adalah dengan memasang iklan pada website-website yang terkenal dan banyak dikunjungi orang. Iklan semacam ini biasanya berbentuk banner yang dipasangkan pada website tersebut yang terhubung atau dihubungkan dengan website milik kita.

Jadi, ketika orang mengunjungi website tempat kita beriklan tersebut dan kemudian mengklik iklan banner milik kita, maka orang itu pun akan masuk ke dalam website kita. Tentu saja, semakin banyak pengunjung di suatu website tempat kita beriklan, maka semakin besar pula kemungkinan banyaknya orang yang akan masuk ke website kita, dan itu artinya akan besar pula kemungkinan akan adanya orang-orang yang akan bertransaksi bisnis dengan kita.

Namun, iklan dalam bentuk seperti di atas itu memerlukan suatu biaya, yaitu biaya pemasangan iklan. Website-website terkenal yang banyak dikunjungi orang itu mematok sejumlah ongkos bagi setiap pemasang iklan yang menginginkan bisnisnya terpasang sebagai iklan di websitenya. Karenanya, apabila kita memilih cara iklan semacam ini, kita pun harus mengalokasikan sejumlah biaya untuk itu.

Efektivitas situs iklan

Memang biaya iklan di internet jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya iklan di koran atau di televisi, misalnya, namun bagi pebisnis pemula hal tersebut tentu saja akan membebani, khususnya dalam hal alokasi biaya. Karenanya, apabila kita masih merasa keberatan jika harus mengeluarkan ongkos untuk biaya iklan, kita bisa memilih cara lain untuk dapat beriklan secara gratis. Kali ini, kita sama sekali tidak membutuhkan biaya untuk pemasangan iklan tersebut, namun hanya memerlukan sedikit waktu dan kreativitas.

Bagaimana caranya beriklan tanpa membayar alias gratisan? Jawabannya adalah dengan membangun sebuah website atau situs iklan.

Dengan memiliki sebuah situs iklan gratis, kita tidak hanya akan dapat menggunakannya untuk mengiklankan atau mempromosikan bisnis atau usaha kita di internet, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana beriklan orang lain yang juga ingin mempromosikan bisnisnya. Tentu saja dalam hal ini kita dapat meminta sejumlah biaya untuk itu. Ini bisa disebut sebagai bisnis yang menghasilkan bisnis, kan?

Selain itu, situs iklan gratis yang dibuat ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang efektif, karena kita memiliki keleluasaan dan kebebasan dalam mengisi iklan kita di situs tersebut. Berbeda halnya dengan iklan di website milik orang lain, di situs milik kita sendiri kita akan bebas meletakkan iklan kita di bagian mana pun, dengan kata-kata dan bahasa seperti apapun, dan sebesar atau sekecil apapun. Jadi ini bisa dijadikan sebagai langkah yang efektif dalam berpromosi.

Manfaat lain dengan memiliki sebuah situs iklan tersendiri adalah, kita akan dapat mengasah skill dan keahlian kita dalam upaya untuk terus  mengembangkan dan memperluas bisnis kita di internet.

Dengan memiliki situs iklan sendiri, kita akan dapat memantau sejauh mana efektivitas iklan yang telah kita buat, iklan-iklan seperti apa atau yang berbentuk bagaimana yang biasanya mengundang orang untuk mengkliknya, dan iklan-iklan di bagian mana yang biasanya akan menarik perhatian pengunjung internet. Pendeknya, situs iklan yang kita bangun sendiri ini bukan hanya akan meningkatkan penjualan dari bisnis kita, namun juga akan memperluas dan mengembangkan wawasan kita mengenai bisnis di internet.

Baca lanjutannya: Panduan Mempromosikan Bisnis di Internet (2)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.