Panduan Memperbaiki Handphone dengan Aman

Panduan Memperbaiki Handphone dengan Aman

BIBLIOTIKA - Karena begitu banyaknya orang yang memiliki dan menggunakan handphone, maka tidak heran kalau toko-toko atau counter dan dealer yang menyediakan handphone serta berbagai keperluan menyangkutnya pun bejibun di berbagai tempat. Seperti yang dapat kita saksikan, hampir di setiap ujung jalan ada counter yang menyediakan layanan pengisian pulsa isi ulang, hampir di setiap jalan ada toko atau dealer yang menjual dan menawarkan handphone serta beragam aplikasinya, begitu pula tempat-tempat servis handphone pun kini kian banyak jumlahnya.

Semakin banyaknya tempat servis handphone tersebut tentu saja disebabkan karena kian banyaknya orang yang memerlukan untuk menservis handphone miliknya karena berbagai macam gangguan, masalah atau bahkan kerusakan.

Sebagaimana perangkat elektronik yang lain, handphone juga rawan gangguan atau kerusakan, mulai dari kerusakan hardware yang kasatmata sampai pada kerusakan software yang bisa dikatakan tidak kasatmata. Karena kebanyakan orang belum terlalu mengenal perangkat yang satu ini, maka kebanyakan orang pun kemudian seringkali buru-buru membawa handphone miliknya ke tempat servis ketika handphone-nya mengalami sedikit gangguan. Mungkin hal itu disebabkan karena takutnya mereka kalau-kalau handphone-nya mengalami kerusakan yang parah.

Padahal, banyak gangguan yang terjadi pada handphone sebenarnya gangguan yang mudah diatasi yang tidak perlu sampai dibawa ke tempat servis. Kalau kita mau sedikit belajar untuk mengenal lebih dalam perangkat yang satu ini, maka kita pun akan segera menyadari bahwa ternyata ada banyak hal yang dapat menyebabkan masalah atau gangguan pada handphone, dan sesugguhnya ada banyak jenis gangguan atau bahkan problem yang sebenarnya dapat kita atasi sendiri dengan mudah.

Maraknya penggunaan handphone di Indonesia diiringi dengan makin menjamurnya berbagai toko atau tempat servis yang melayani perbaikan handphone. Mulai daerah permukiman penduduk hingga ke pusat-pusat elektronik, kita hampir selalu dapat menemukan toko atau tempat servis yang memberikan pelayanan semacam itu.

Menjamurnya tempat yang menawarkan layanan perbaikan handphone memang memudahkan para pengguna handphone bila menghadapi masalah dengan pesawat mereka. Namun, di sisi lain, tidak semua tempat menghasilkan layanan yang maksimal. Untuk itu, ada beberapa saran yang setidaknya dapat meminimalkan kemungkinan timbulnya kekecewaan terhadap hasil perbaikan handphone Anda. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan:

Perbaiki handphone Anda ke vendor yang resmi. Bila handphone Anda masih memiliki garansi, manfaatkanlah jasa perbaikan gratis tersebut. Namun, bila sudah tidak memiliki garansi, pilihan untuk pergi ke vendor resmi tidak akan membuat Anda rugi. Ongkos perbaikan yang dibebankan mungkin lebih tinggi, namun setidaknya handphone Anda ditangani oleh tenaga yang memang ahli dalam bidangnya.

Mintalah rekomendasi dari seorang teman yang dipercaya, apabila Anda kesulitan mendapatkan vendor resmi handphone Anda.

Pastikan juga bahwa pemilik toko yang menawarkan layanan perbaikan tersebut mengetahui bahwa Anda direkomendasikan oleh salah seorang pelanggannya. Hal ini untuk menghindari penipuan, baik itu dalam hal ongkos perbaikan maupun dalam masalah onderdil handphone Anda.

Jika Anda merasa enggan ke vendor resmi karena suatu hal tertentu dan Anda tidak dapat memperoleh rekomendasi dari seseorang yang dipercaya, minta saja garansi paska perbaikan. Jangan sampai sebulan setelah perbaikan, handphone Anda sudah kembali bermasalah atau bahkan tambah bermasalah.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.