Panduan Memilih Operator Handphone

Panduan Memilih Operator Handphone

BIBLIOTIKA - Setelah membeli sebuah handphone, maka langkah selanjutnya adalah membeli kartu atau memilih operator mana yang kita inginkan dalam mengaktifkan handphone tersebut. Saat ini ada cukup banyak operator handphone yang beroperasi dengan berbagai tawarannya yang bisa dikatakan variatif.

Secara umum, ada dua jenis sistem pembayaran yang ditawarkan oleh para operator handphone, yakni sistem pembayaran prabayar dan sistem pembayaran pascabayar.

Kebanyakan dari kita biasanya lebih suka memilih sistem prabayar yang dianggap lebih praktis dan tidak terkesan membebani. Dengan sistem prabayar, maka kita hanya cukup membayar atau membeli sebuah paket perdana dari suatu kartu yang dikeluarkan oleh sebuah operator, lalu memasangnya di handphone, dan kemudian bisa langsung aktif.

Selain itu, pilihan sistem prabayar juga tidak mensyaratkan pemakaian jumlah minimal tertentu dalam setiap bulannya, sebagaimana yang ada pada sistem pascabayar.

Pilihan atas sistem prabayar ini mungkin karena didasari oleh anggapan bahwa sistem ini akan membuat kita tidak kebobolan dalam menggunakan pulsa handphone. Namun, anehnya, banyak pula dari kita yang kemudian keseringan mengisi pulsa handphone kita karena seringnya atau banyaknya penggunaan.

Nah, kalau yang semacam itu yang terjadi, maka pada akhirnya jumlah pemakaian kita pun tak jauh beda dengan jumlah pemakaian yang ditetapkan oleh sistem pascabayar.

Pilihan pada sistem pembayaran pulsa prabayar dan pascabayar biasanya berpengaruh pada fasilitas dan fitur layanan yang diberikan oleh pihak operator. Namun faktor fitur dan layanan ini pun tidak sepenuhnya tergantung pada pihak operator, karena terkadang juga tergantung pada jenis handphone yang digunakan.

Ada kalanya pihak operator memberikan tambahan fitur dan layanan tertentu untuk pelanggan pascabayar, namun handphone yang digunakan oleh si pelanggan tidak dapat mengakses fitur dan layanan yang ditawarkan.

Yang jelas, kalau tujuan kita adalah agar pemakaian pulsa setiap bulannya tidak terlalu besar, maka pilihan prabayar adalah pilihan baik, asal kita memang dapat mengontrol pemakaian pulsa kita sendiri.

Namun, jika kita memang membutuhkan penggunaan pulsa yang cukup banyak karena banyaknya urusan yang harus ditangani dengan komunikasi via handphone, maka pilihan atas layanan pascabayar adalah lebih baik karena pilihan ini terhitung lebih murah dibanding dengan prabayar, meskipun mensyaratkan jumlah minimal pemakaian tertentu setiap bulannya.

Selain pilihan mengenai prabayar atau pascabayar yang didasarkan oleh kebutuhan pulsa kita setiap bulannya, maka hal lain yang perlu juga mendapat perhatian adalah soal daerah cakupan dan biaya roaming. Hal ini penting, khususnya bagi kita yang kebetulan tinggal di daerah yang kurang terjangkau dengan layanan operator, dan juga bagi kita yang kebetulan memiliki sanak famili di luar negeri.

Meskipun saat ini di Indonesia sudah ada beberapa operator yang beroperasi, namun masih saja ada daerah yang kurang dapat menangkap sinyal untuk beberapa operator. Karenanya, pilihlah operator yang memang dapat memberikan sinyal bagus di daerah tempat kita menggunakan handphone.

Kemudian, kalau tujuan kita bertelepon lebih banyak ke luar negeri, atau terbiasa mendapatkan telepon dari luar negeri, sebaiknya pilih operator yang memberikan biaya roaming minim, atau yang bahkan tidak mengenakan biaya roaming.

Nah, sebagaimana fitur pada handphone yang terkadang kita butuhkan, fitur yang ditawarkan oleh operator juga dapat menjadi salah satu bahan pemikiran kita untuk memilih. Apalagi kalau fitur tersebut merupakan fitur yang tidak dimiliki oleh kebanyakan operator lainnya.

Fitur semacam GPRS, WAP, 3G atau yang semacamnya tentu saja cukup menggiurkan karena dengan fitur tersebut kita dapat menonton video streaming atau bahkan tatap muka dengan orang yang berkomunikasi dengan kita melalui handphone.

Tetapi, seperti yang telah disinggung di atas, fitur-fitur yang ditawarkan oleh pihak operator tetap juga akan dikembalikan pada jenis dan seri handphone yang kita miliki. Karena sehebat apapun fitur yang diberikan atau ditawarkan oleh operator, tetap saja kita tidak dapat memanfaatkannya kalau handphone yang kita gunakan belum mendukung untuk pemakaian fitur tersebut. Fitur 3G, misalnya, kita hanya dapat menggunakan fitur tersebut kalau memang handphone kita telah memiliki tekonologi 3G di dalamnya.

Nah, mengenai penggunaan fitur dari operator ini, tak ada salahnya pula untuk memperhatikan biaya berlangganan atau tarif penggunaannya. Jangan lupa bahwa penggunaan fitur-fitur seperti GPRS, WAP atau 3G membutuhkan tambahan dana dalam penggunaannya, di luar biaya penggunaan pulsa seperti biasa.

Faktor-faktor di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu operator yang kita inginkan dalam mengaktifkan handphone kita. Tentu saja semuanya berpulang pada diri kita sendiri.

Mungkin ada orang yang tertarik menggunakan suatu operator tertentu karena iklan di koran atau televisi, atau karena terpengaruh oleh kawan-kawannya yang banyak menggunakan operator itu, namun alangkah lebih baik kalau pilihan kita atas suatu operator tertentu adalah karena sesuai dengan kebutuhan kita.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.