Panduan Memilih Lantai untuk Kebutuhan Rumah

 Panduan Memilih Lantai untuk Kebutuhan Rumah

BIBLIOTIKA - Anda bingung memilih jenis lantai untuk bagian-bagian rumah Anda? Berikut ini kiat-kiat untuk memilih lantai agar rumah baru Anda nampak makin cantik:

Untuk lantai dapur

Dapur biasanya mempunyai pintu masuk. Artinya lantai akan sering dilalui dan kotor. Karena itu, lantai dapur harus mudah dibersihkan. Dan agar aman, lantai dapur tidak boleh licin. Vinyl adalah pilihan yang baik untuk lantai dapur.

Banyak fungsi bila lantai berbahan vinyl. Misalnya, bila gelas atau piring jatuh, maka lantai seperti vinyl dapat menghindari keretakan. Ingatlah juga bahwa lantai bertekstur yang terlalu dalam akan sulit untuk dibersihkan. Tegel, laminate dan kayu merupakan alternatif lantai dapur yang bagus.

Lantai kamar mandi

Kamar mandi sebaiknya menggunakan lantai yang waterproof, mudah dibersihkan dan tidak licin. Dulu, vinyl merupakan bahan tradisional yang sering dipakai untuk lantai kamar mandi.

Tetapi tegel keramik saat ini menjadi semakin populer. Materi lantai laminate dan kayu tidak sesuai untuk kamar mandi, tetapi beberapa versi terbaru dari produk ini dapat diadaptasikan untuk kamar mandi.

Lantai ruang tamu

Ruang tamu merupakan ruang utama pada sebagian besar ruang rumah. Fungsinya bervariasi dari ruang keluarga sampai ruangan formal untuk menerima tamu. Ruangan ini seringkali menjadi pusat dari penempatan furniture.

Pilihlah lantai yang match dengan ruangan dan dekorasinya. Karpet pilihan yang terbaik. Karpet menawarkan bahan dan bentuk yang dapat mengakomodasi kegunaan baik formal atau informal.

Lantai ruang makan

Lantai ruang ini sebaiknya dari bahan yang mudah dibersihkan. Apalagi jika dipakai untuk ruang makan sehari-hari. Karpet merupakan salah satu pilihan. Tetapi warna pencahayaan dapat memperlihatkan kotoran pada lantai. Kayu, laminate atau tegel dapat dipasang di ruang ini.

Lantai kamar tidur

Lantai ruang ini biasanya tertutup oleh tempat tidur dan bahan-bahan tekstil lainnya. Lantai di ruang ini tidak terlalu sering dilewati dibandingkan ruangan yang lain sehingga kotoran dan debu sedikit sekali.

Gunakan lantai dengan warna natural agar bisa sesuai dengan perubahan pada dekorasi ruang. Pencahayaan lampu jangan terlalu terang. Karpet biasanya sering digunakan di ruangan ini. Kayu dan laminate juga alternatif bahan yang bisa digunakan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.