Panduan Memaksimalkan Fungsi Handphone

Panduan Memaksimalkan Fungsi Handphone

BIBLIOTIKA - Handphone merupakan sebuah penemuan yang memiliki fungsi amat praktis, sekaligus bisa dikatakan lengkap. Ada beberapa cara untuk memaksimalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh sebuah handphone.

Berikut ini beberapa tips untuk memanfaatkan handphone semaksimal mungkin untuk menghindari masalah, atau rasa malu.

Bacalah buku manual handphone Anda

Instruksi manual dibuat untuk mudah dibaca dan dipahami. Anda bahkan mungkin akan terkejut ketika membaca dalam buku manual bahwa ada begitu banyak fitur yang dimiliki handphone Anda.

Bukalah situs produsen handphone Anda

Blackberry, Sony, Asus, dan beberapa produsen handphone lain memiliki situs masing-masing di internet yang menyediakan informasi mengenai produk-produk mereka. Manfaatkan informasi yang mereka sediakan itu. Jadilah seorang pakar mengenai handphone Anda sendiri.

Manfaatkan memori handphone Anda

Daripada pusing mencari-cari nomor telepon rekan Anda di tumpukan kertas dalam dompet, lebih baik masukkan nomor telepon rekan-rekan dalam memori handphone. Lagi pula, dengan begitu akan diketahui siapa yang sedang mencoba menghubungi, karena biasanya nama si penelepon akan ditampilkan di layar handphone Anda jika seseorang menghubungi handphone Anda.

Manfaatkan vibrator dalam handphone Anda

Anda sedang khusyuk mengikuti suatu rapat atau pertemuan tertentu, namun Anda juga sedang menunggu telepon dari seseorang? Supaya tidak mendapat tatapan tajam atau bahkan teguran dari peserta rapat lain tanpa harus kehilangan kontak dengan dunia luar, gunakan saja mode getar (vibrator). Dengan begitu, Anda pasti tahu bahwa ada telepon masuk begitu handphone Anda bergetar.

Jangan isi ulang baterai sebelum habis

Handphone digital memang memungkinkan untuk mengisi ulang baterai meskipun belum benar-benar habis. Meskipun demikian, tetap disarankan agar jangan mengisi ulang baterai sebelum baterai handphone habis, atau setidaknya tinggal setengah.

Gunakan handsfree

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan handphone selagi berkendara sebagai salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya. Jadi, jangan gunakan handphone secara berlebihan ketika berkendara, atau gunakan handsfree agar kedua tangan Anda tetap bebas mengendalikan kendaraan.

Panduan agar baterai handphone lebih awet

Mungkin banyak di antara kita yang terkejut karena baterai handphone kita seringkali drop hanya dalam waktu singkat. Nah, jika Anda ingin membuat baterai handphone Anda menjadi lebih awet dan tidak cepat habis, ikuti saja tips berikut ini:

Pastikan terlebih dulu baterai handphone Anda, apakah jenis lithium (Li-ion) atau jenis nickel (Nicad / NiMH). Hal ini penting, karena jenis baterai yang berbeda meminta perlakuan yang juga berbeda.

Untuk jenis lithium, Anda dapat mengisi (meng-charge) kapan saja, tak harus menunggu isi baterai sampai habis. Tetapi jika baterai handphone Anda berjenis nickel, baterai harus menunggu sampai habis, sampai handphone tak bisa dinyalakan, untuk kembali mengisi (meng-charge) baterai itu. Lakukan hal itu dengan disiplin untuk menghindari berkurangnya daya simpan energi baterai Anda.

Jangan meletakkan handphone Anda di atas medan magnet yang kuat seperti di atas lemari es, tape, speaker aktif, atau televisi. Medan magnet yang terdapat pada alat-alat itu akan merusak komponen handphone Anda.

Jangan terlalu sering memati-hidupkan handphone Anda, jika tidak penting betul dan tidak untuk waktu yang lama. Ingat, begitu handphone dinyalakan, ia akan segera mencari jaringan operator yang Anda pakai. Dan energi yang dibutuhkan untuk mencari jaringan operator ini setara dengan masa aktif baterai dua jam. Bayangkan betapa borosnya jika Anda mematikan handphone hanya untuk lima atau sepuluh menit saja.

Jika selesai mengisi atau meng-charge baterai, segeralah mencabut charger dari handphone Anda. Charger akan cepat rusak jika dipaksa terus-menerus menyalurkan energi, dan jika terlalu lama, justru baterai handphone Anda yang akan cepat rusak.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.