Panduan Hemat dan Efektif Menggunakan Listrik

Panduan Hemat dan Efektif Menggunakan Listrik

BIBLIOTIKA - Saat ini, listrik sudah menjadi sesuatu yang vital dalam kehidupan sehari-hari. Dari sejak bangun tidur sampai tidur kembali, bahkan ketika sedang tidur, rasanya kita terus tergantung pada fasilitas listrik. Dan memang, sulit rasanya membayangkan bagaimana hidup kita kalau tidak ada listrik.

Karenanya, salah satu pengeluaran wajib kita dalam setiap bulannya adalah membayar rekening listrik. Besar kecilnya tagihan yang harus dibayar tentu saja berbanding lurus dengan jumlah watt yang telah kita gunakan.

Nah, kalau suatu bulan Anda mendapati tagihan listrik Anda tiba-tiba membengkak atau melonjak dari jumlah yang biasa dibayar setiap bulannya, jangan buru-buru menyalahkan petugas pencatat meter listrik, karena jangan-jangan Anda sendiri yang memang boros dalam menggunakan listrik untuk kebutuhan rumah. Hal yang semacam itu memang terkadang tidak disadari, karena memang kurangnya pengetahuan orang tentang penggunaan peralatan listrik yang hemat dan benar dalam rumahtangganya.

Sebenarnya, peralatan elektrik rumahtangga pada umumnya sudah dirancang untuk pemakaian listrik yang efisien. Tetapi, dalam praktiknya masih ditemukan pemborosan. Ini terjadi karena penggunaan peralatan yang kurang tepat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menumbuhkan sikap hemat energi listrik di rumahtangga. Sambungan daya listrik dari PLN, misalnya, sesuaikan dengan kebutuhan. Rumahtangga kecil, tentu saja cukup dengan daya 450 VA atau 900 VA, sedangkan untuk rumahtangga sedang, cukup dengan daya 900 VA hingga 1300 VA. Demikian pula ketika hendak mengisi rumahtangga dengan peralatan elektrik, pilihlah peralatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Tentang penggunaan lampu, jika penerangan sudah tak diperlukan, buat apa lampu dinyalakan? Matikan saja. Khusus untuk lampu taman, jangan lupa untuk segera mematikannya jika hari mulai terang.

Begitu pun halnya ketika menggunakan lemari es atau kulkas, jangan masukkan makanan atau air hangat (apalagi yang masih panas) langsung ke dalam lemari es. Biarkan makanan atau air itu menjadi dingin terlebih dulu di luar, baru setelah itu dimasukkan ke dalam lemari es.

Jangan lupa pula, tutuplah lemari es atau kulkas Anda rapat-rapat, sebab kebocoran lewat celah pintu kulkas akan menyebabkan motor berputar dengan tenaga yang lebih besar, dan itu artinya energi listrik yang terpakai juga lebih besar.

Jangan pula mengisi kulkas terlalu sesak oleh makanan. Isi yang berlebihan akan membuat sirkulasi udara dalam kulkas menjadi berkurang. Akibatnya, kompresor harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu udara.

Bagaimana dengan AC (air conditioner)? Matikan saja ketika ruangan tak lagi dipakai untuk waktu yang agak lama. Tutuplah pintu dan jendela dengan rapat sewaktu AC mulai dihidupkan. Tutup juga tirai jendela untuk menahan sinar matahari dari luar. Pada umumnya, AC memerlukan energi listrik yang cukup besar. Karenanya, pasanglah termostat pada kedudukan suhu yang sesuai kebutuhan.

Kemudian mengenai mesin cuci. Ketika pakaian kotor, Anda mungkin terbiasa mencuci dengan mesin cuci. Pergunakanlah mesin cuci apabila jumlah cucian sudah cukup banyak. Jika hanya dua atau tiga potong pakaian, mengapa tidak Anda cuci dengan tangan saja? Itu akan lebih menghemat pemakaian listrik daripada harus ‘memaksa’ mesin cuci menjalankan tugasnya hanya untuk mencuci beberapa potong pakaian saja.

Demikian pula ketika harus menyetrika pakaian. Biasakan untuk tidak menggunakan setrika jika pakaian yang akan disetrika hanya beberapa potong saja. Setrika listrik termasuk cukup banyak menyedot energi listrik. Menyalakan setrika dengan kapasitas 450 watt, misalnya, adalah sama dengan menyalakan lebih dari sepuluh buah lampu neon secara serempak. Karena itu, lepaskan setrika listrik dari stop kontak setelah Anda selesai menyetrika pakaian.

Jadi, singkatnya, Anda perlu menanamkan kebiasaan kepada segenap anggota keluarga untuk berperilaku hemat energi listrik, dengan mengajak mereka memahami contoh-contoh di atas tadi.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.