Panduan dan Cara Berkirim Pesan dari Handphone ke E-Mail

 Cara Berkirim Pesan dari Handphone ke E-Mail

BIBLIOTIKA - Ketika pertama kali diciptakan, handphone hanya bersifat sebagai media komunikasi suara (voice) melalui telepon. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, handphone pun mulai mengenal teknologi dan aplikasi tambahan untuk fungsi dasarnya itu.

Mula-mula, handphone hanya mengenal aplikasi SMS (Short Message Service), yaitu pesan singkat berupa teks atau tulisan. Kemudian SMS dikembangkan dan lahirlah EMS (Enhached Media Service). Dengan EMS, kapasitas pesan yang dapat dikirimkan pun kemudian bisa lebih banyak dibanding SMS.

Namun EMS pun terus dikembangkan dan lahirlah MMS (Multi Media Service). Dengan fitur MMS ini, handphone dapat digunakan untuk mengirim bukan hanya teks atau tulisan saja, namun juga dapat mentransfer gambar, foto ataupun data.

Teknologi mutakhir, yakni 3G, bahkan lebih canggih lagi. Dengan 3G ini kita dapat langsung bertatap muka dengan orang yang bercakap-cakap dengan kita melalui handphone secara langsung.

Terkait dengan yang terakhir, yakni tranfser data, handphone benar-benar seperti melaju dalam perkembangannya. Kalau dulu handphone hanya dapat melakukan transfer data dalam jumlah dan kapasitas yang kecil, maka sekarang handphone dapat melakukan transfer data dalam jumlah dan kapasitas yang besar. Munculnya 3G dengan fitur-fiturnya yang canggih telah menempatkan handphone sebagai media transfer data yang benar-benar hebat.

Karena fungsinya yang telah banyak berubah itu (tidak hanya sebagai media berkomunikasi suara semata), maka handphone pun sekarang tak jauh beda dengan komputer. Bahkan saat ini, handphone dengan komputer sudah dapat dianggap sebagai saudara kembar, dimana keduanya saling melengkapi. Ada kalanya orang butuh mentransfer suatu data dari komputer ke handphone, atau sebaliknya; dari handphone ke komputer.

Nah, koneksi atau hubungan antara handphone dengan komputer itu pada masa sekarang ini tidak hanya sebatas dan sekedar transfer data antar dua media (handphone dan komputer saja), namun juga telah merambah pada hal-hal lain yang sebelumnya mungkin belum pernah terbayangkan.

Pada masa sekarang ini, handphone dapat digunakan sebagai media untuk mengakses internet, baik melalui handphone secara langsung, ataupun melalui komputer. Dengan menggunakan handphone, maka orang dapat mengakses internet tanpa harus berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider) atau berlangganan akses kepada mereka. Dengan menggunakan handphone, maka orang pun dapat mengakses internet dimana pun dan kapan pun.

Selain perhitungan tarifnya yang relatif lebih murah kalau dibandingkan dengan mengakses internet dengan cara konvensional (melalui ISP), mengakses internet dengan media handphone juga jauh lebih praktis karena handphone juga dapat berfungsi sebagai modem. Nah, fungsinya yang satu ini, yakni sebagai modem, makin membuat orang tergila-gila untuk mengakses internet dengan cara yang amat mudah. Handphone memang telah menjadi suatu perangkat yang bukan hanya canggih dalam hal komunikasi dan transfer data, saat ini perangkat yang satu itu telah memudahkan urusan jutaan orang.

Tentu saja dibutuhkan suatu aturan atau setting tertentu untuk dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas kemudahan yang ditawarkan oleh handphone, baik untuk menjadikannya sebagai media pentransfer data (dalam hal ini untuk mengakses internet), ataupun untuk menjadikan handphone sebagai modem.

Nah, tahukah Anda, dengan menggunakan handphone, Anda bisa berkirim pesan teks ke e-mail. Untuk melakukan hal ini tentunya diperlukan cara yang sesuai dengan kartu operator yang digunakan. Karenanya, jika Anda berminat menggunakan handphone untuk berkirim pesan ke email, silakan cermati panduan di bawah ini:

Untuk Kartu Operator Satelindo

Format pesan: MAIL_alamat e-mail_pesan (Tanda “_” adalah spasi)
Kirimkan pesan ke nomor 777, kemudian tekan OK.

Contoh:
MAIL siska@namadomain.com_Halo, apa kabar?
Kirim ke nomor 777
(Info lebih lanjut, kunjungi www.satelindo.co.id/gsm/satmail.htm)

Untuk Kartu Operator Telkomsel

Format pesan: EMLemail-email#subject#message
Kirimkan pesan ke nomor 081137TSEL

Keterangan:
EML adalah kode pengaktivan SMS to EMAIL
Alamat-email adalah alamat email yang dituju
Subject adalah judul/subject email
Message adalah isi pesan email
Tanda “#” adalah pembatas untuk masing-masing item

Contoh: 
EMLsiska@namadomain.com#Coba#Percobaan kirim email.

Untuk Kartu Operator Lipo Telecom

Format pesan: MAIL#email@address#subject#pesan (tanpa spasi)
Kirimkan pesan ke nomor 08315821800

Contoh:
MAIL#siska@namadomain.com#Coba#Percobaan kirim email.

Catatan:
Sampai saat artikel ini ditulis, hanya operator-operator di atas yang menyediakan layanan pengiriman email lewat handphone.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.