Mewaspadai Kecelakaan di Jalan karena Handphone

Mewaspadai Kecelakaan di Jalan karena Handphone

BIBLIOTIKA - Kita mungkin sudah terbiasa dengan pemandangan orang-orang yang nampak begitu asyik berbicara di handphone sementara mereka melaju di jalan raya yang ramai. Seperti yang telah kita ketahui, kebiasaan memakai handphone di jalan raya dikhawatirkan akan dapat mengakibatkan kecelakaan karena kurangnya kewaspadaan si pengemudi selama berkendara.

Berdasarkan penelitian Lembaga Administrasi Keamanan Lalu-lintas Nasional di Amerika, berkurangnya konsentrasi menjadi penyebab utama kecelakaan yang terjadi ketika menggunakan handphone sambil mengendarai mobil. Sayangnya, hal tersebut masih kurang mendapat perhatian dari para pengguna handphone.

Nah, dari sinilah kemudian diciptakan suatu alat bernama handsfree, yaitu suatu perangkat bertelepon yang mudah sekaligus praktis dan cenderung lebih aman ketika dipergunakan. Handsfree, salah satu perangkat yang biasanya sudah ada dalam satu paket penjualan handphone masa sekarang, memang suatu perangkat yang memiliki manfaat besar, khususnya bagi para pengguna handphone.

Handsfree juga memiliki beberapa kelebihan dalam melakukan komunikasi via handphone. Seperti halnya ketika kita mendengarkan walkman, kita pun tentunya menginginkan suaranya jernih di telinga, nah hal itu dapat diberikan oleh perangkat handsfree ini, dibandingkan kalau kita menggunakan speaker langsung dari handphone. Hal ini tentunya akan amat membantu, khususnya lagi kalau kita sedang berada di tempat yang ramai dan berisik.

Pada masa sekarang ini, handsfree bukan saja sekedar perangkat yang digunakan untuk memudahkan komunikasi lewat handphone. Seiring dengan tuntutan konsumen, maka handsfree pun sekarang memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat membuat pemakainya merasakan kegunaan lebih. Fitur-fitur tambahan itu misalnya radio FM, pemutar musik MP3 dan yang lainnya.

Bila menggunakan handphone di dalam mobil

Di negeri Paman Sam, Amerika, menggunakan telepon mobil atau handphone sambil mengemudikan mobil adalah sesuatu yang dilarang, sebab angka kecelakaan mobil akibat ber-handphone terbilang tinggi. Di Indonesia tidak ada, atau setidaknya belum ada larangan untuk itu.

Demikian juga, belum ada penelitian (di Indonesia) yang menunjukkan korelasi atau hubungan antara kecelakaan lalu lintas dengan penggunaan handphone saat mengendarai mobil. Tetapi, setiap pengguna handphone harus hati-hati bila sedang mengendarai mobil kemudian ada panggilan melalui handphone.

Untuk itu, saran-saran berikut ini bisa diperhatikan demi keselamatan Anda saat ber-handphone di dalam mobil:

Kenali handphone Anda. Pahami handphone Anda, termasuk fungsi masing-masing fitur. Untuk itu Anda perlu membaca secara seksama buku instruksinya.

Hafalkan pula fitur yang dapat membantu kepraktisan penggunaan. Misalnya automatic redial atau memory dial.

Yang tak kalah penting, harus pula hafal letak masing-masing tombol pada handphone, sehingga saat menggunakan handphone tidak mengganggu konsentrasi Anda saat menyetir.

Pakailah perangkat handsfree. Sebaiknya gunakan alat handsfree (berbicara tanpa harus memegang handphone) sehingga tangan Anda tidak direpotkan untuk memegang handphone sambil memindah gigi persneling.

Letakkan handphone di tempat yang mudah dicapai. Taruh handphone di tempat yang mudah dicapai, seperti di console box (dekat rem tangan) atau di atas dashboard. Dengan demikian, jika Anda ingin menerima telepon, Anda mudah meraihnya tanpa mengalihkan pandangan mata.

Jangan angkat telepon jika Anda dalam kondisi sulit di jalanan. Biarkan voice mail yang menjawabnya. Anda bisa mengeceknya setelah kondisi memungkinkan.

Hentikan percakapan bila kondisi jalanan tidak memungkinkan. Bila Anda sedang menggunakan handphone, tapi kondisi jalan di depan buruk, sebaiknya segera hentikan percakapan. Misal ketika hujan, jalan rusak atau kemacetan, bisa membahayakan konsentrasi Anda.

Perhatikan jalan. Walau kedengarannya sepele, tapi kurangnya perhatian pada faktor ini bisa menyebabkan malapetaka.

Hindari mencatat atau mencari nomor telepon saat mengemudi. Hal ini bisa membahayakan Anda sendiri karena terpecahnya konsentrasi Anda.

Penuh perhitungan. Perhatikan lama perjalanan, alur kendaraan, serta kondisi lalu lintas. Jika jalurnya macet, Anda harus lebih berhati-hati agar tidak menabrak mobil di depan.

Hindari percakapan yang mengundang emosi. Sebisa mungkin, Anda jangan terlibat dengan percakapan yang emosional dan mengundang stres. Beritahukan pada lawan bicara Anda bahwa Anda sedang mengemudi. Jika mereka masih tetap memancing pembicaraan tersebut, sebaiknya putuskan saja pembicaraan, atau kalau perlu matikan handphone.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.