Menumbuhkan Minat Baca dalam Keluarga

 Menumbuhkan Minat Baca dalam Keluarga

BIBLIOTIKA - Peranan keluarga dalam meningkatkan minat dan kebiasaan membaca adalah sangat penting dan mendasar sekali. Di sinilah pada dasarnya letak dan arah kemajuan bangsa dapat diraih.

Keluarga adalah sarana yang tepat bagi persemaian watak, perilaku dan kecerdasan, mengingat seluruh anggotanya dimungkinkan dapat berinteraksi secara intensif, bebas dan dinamis. Oleh sebab itu, dalam menumbuhkan budaya dan minat baca, maka harus dimulai dari lingkungan keluarga sebagai unsur terpenting dalam sebuah komunitas masyarakat.

Perlu diingat bahwa gemar membaca bukanlah suatu minat yang terjadi begitu saja, tetapi ini adalah sebuah proses yang memerlukan waktu dan strategi tertentu. Ini tentunya memerlukan usaha dari keluarga untuk membuat suatu persepsi dalam keluarga bahwa dengan membaca kita akan memperoleh banyak keuntungan dan manfaat.

Orangtua dalam hal ini memegang peranan yang luar biasa untuk bisa menanamkan pemikiran bahwa membaca itu perlu dan harus dijadikan kegiatan rutin untuk mempersenjatai anggota keluarga dengan informasi dan materi yang bisa digunakan untuk menjawab setiap tantangan yang ada di lingkungan kita.

Mengapa membudayakan aktivitas membaca wajib dimulai sedini mungkin di lingkungan keluarga? Karena lebih mudah menanamkan kebiasaan yang baik dari sejak kecil agar menjadi suatu kebiasaan yang tetap tertanam di usia selanjutnya.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat terkait dengan minat baca yang membudaya, sebab usaha tersebut berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar. Dalam hal ini peranan orangtua sangat menentukan bagi pertumbuhan minat baca anak sejak dini dalam meningkatkan disiplin belajar di rumah.

Budaya baca dapat membentuk kepribadian individual dalam menghayati kehidupan. Dengan membaca, minimal ada waktu merenung untuk aktif berfikir. Dampak orangtua yang suka membaca akan memacu putra-putrinya untuk mengikuti jejaknya, karena berbagai jenis bacaan mengandung ilmu pengetahuan dari yang dasar hingga yang canggih.

Kalau anak-anak gemar membaca buku-buku bermutu akan dapat berdampak pada sikap dan perilakunya pula. Selain itu juga dapat mendorong anak menentukan cita-cita hidupnya serta mempersiapkan masa depan yang baik. Untuk itu orangtua berkewajiban mengetahui bahan bacaan anak-anaknya, karena buku-buku yang mengandung nilai hidup yang negatif dapat mempengaruhi perilaku mereka.

Motivasi baca yang baik dan benar pada anak akan mendorongnya dalam kegemaran membaca, yang dampaknya akan menjadi budaya baca. Perlu diperhatikan bahan bacaan yang disesuaikan dengan tingkat penalaran atau pemahaman bagi anak-anak. Bila sedini mungkin anak diperkenalkan manfaat buku dengan diawali isi cerita yang sesuai usia masing-masing, maka sejak remaja mereka akan mengenal faedah serta manfaat buku.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.