Mengenal Sistem Operasi Symbian

Mengenal Sistem Operasi Symbian

BIBLIOTIKA - Sistem operasi ini dianggap sebagai sistem operasi milik handphone Nokia, karena memang kebanyakan handphone Nokia menggunakan sistem operasi ini dalam mengembangkan produk-produknya. Agar sistem operasi ini lebih mudah dipahami, berikut adalah perjalanan dari sistem operasi ini dan contoh-contoh handphone yang menggunakan sistem operasi ini.

Symbian S60

Pada awalnya, sistem operasi ini dikenal dengan nama Symbian seri 60. Sistem operasi ini pertama kali digunakan oleh handphone Nokia 7650, dan kemudian sistem operasi ini mengalami perbaikan-perbaikan dalam edisi selanjutnya.

Edisi pertama, yang biasa disebut dengan versi 6.1 atau Symbian S60 bisa dibilang masih sangat sederhana. Ciri yang biasanya menandai sistem operasi versi ini adalah tidak adanya dukungan theme atau tema dalam handphone, tampilannya hanya dapat dipersonalisasi sampai pada batas warna status bar saja.

Contoh handphone yang menggunakan sistem operasi Symbian S60 ini adalah Nokia 3660, Nokia 3650, Nokia N-Gage dan Nokia N-Gage QD. Beberapa handphone merek Siemens juga pernah menggunakan sistem operasi ini.

Sampai kemudian, sistem operasi Symbian S60 ini diperbaiki dan dikembangkan hingga menjadi S60 versi 7 dan 8 yang kemudian terkenal dengan sebutan 2nd Edition. Berbeda dengan versi yang sebelumnya, versi 2nd Edition ini telah mendukung tema atau theme, bahkan penggunanya dapat membuat tema atau theme sendiri sehingga sisi personalisasinya melesat jauh meninggalkan versi pendahulunya.

Contoh handphone yang menggunakan sistem operasi versi ini adalah Nokia N70, Nokia 6600, Nokia 6630 dan beberapa handphone lain.

Seiring perjalanan waktu, versi sistem operasi ini terus dikembangkan, hingga kemudian terciptalah sistem operasi terbaru, OS Symbian versi 9, yang dianggap sebagai genarasi ketiga (3rd Edition). Versi terbaru ini ditandai dengan adanya active idle di layar handphone saat stand by yang dapat diubah atau dipersonalisasi.

Contoh handphone yang menggunakan sistem operasi versi ini adalah Nokia N71, Nokia E51, Nokia E75, Samsung i550w dan beberapa handphone yang lain.

Ketika era handphone layar sentuh atau touchscreen mulai muncul, sistem operasi Symbian ini pun dikembangkan, dan hadirlah Symbian S60 edisi kelima (5nd Edition) yang mengakomodasi sistem operasi handphone touchscreen.

Symbian UIQ

Kalau sistem operasi Symbian S60 diidentikkan dengan handphone Nokia, maka sistem operasi Symbian UIQ ini sering diidentikkan dengan handphone Sony Ericsson. Sistem operasi ini memang banyak digunakan handphone-handphone keluaran Sony Ericsson, meskipun handphone merek lain seperti Motorola juga terkadang menggunakannya.

Untuk handphone Sony Ericcson, beberapa yang menggunakan sistem operasi ini adalah Sony Ericcson seri P800 sampai Sony Ericcson seri W. Sementara Symbian UIQ merupakan sistem operasi Symbian yang secara khusus ditujukan untuk sistem operasi layar sentuh.