Mengenal Simcard Anti Roaming

Mengenal Simcard Anti Roaming

BIBLIOTIKA - Kalau Anda terbiasa berada atau bepergian ke luar negeri, Anda pasti pernah merasa jengkel karena tagihan pulsa Anda yang tiba-tiba melonjak. Ini biasanya terjadi karena penggunaan telepon yang digunakan, atau adanya orang-orang yang menelepon ke handphone Anda. Ketika berada di luar negeri, maka kita pun biasanya akan dikenai biaya roaming. Akibatnya, meski tidak digunakan untuk menelepon, pulsa kita tetap saja membengkak karena terus-menerus ditelepon oleh orang lain.

Biaya roaming atau biaya jelajah selalu ditetapkan oleh penyedia jasa layanan seluler di seluruh dunia, jika kita berada di luar jangkauan servis area. Ini tentu saja cukup merepotkan. Apalagi kalau umpama kita beberapa kali menerima telepon yang tidak penting atau tidak mendesak dari beberapa orang atau banyak orang setiap harinya, sementara kita terus-menerus dibebani dengan biaya roaming.

Ini tentunya membuat serba salah. Kalau handphone terus diaktifkan maka tagihan pulsa kita akan terus membengkak, sementara kalau handphone dimatikan maka bisa saja ada telepon penting yang masuk.

Nah, persoalan yang dilematis semacam itu sekarang dapat dipecahkan dengan adanya sebuah simcard yang disebut sebagai GSM Mint. Ini adalah sebuah kartu prabayar GSM yang memiliki satu tarif dan juga terhitung rendah atau relatif murah. Kartu GSM Mint dapat digunakan di seluruh frekuensi GSM yang digunakan oleh penyedia layanan GSM di seluruh dunia, mulai dari 800, 1800 dan 1900 MHz. Tentu saja untuk menggunakan kartu ini di berbagai network seluler GSM kita harus menggunakan handphone yang telah multi band.

Kartu GSM Mint ini telah tersedia di lebih dari 120 negara dengan lebih dari 250 operator seluler GSM. Layanan kartu GSM jenis ini juga dapat digunakan di Indonesia, karena seluruh operator GSM di Indonesia dapat digunakan oleh Mint.

Bentuk simcard Mint ini bisa dikatakan tak ada bedanya dengan bentuk simcard kartu GSM lainnya. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kita hanya perlu memasukkan simcard ini ke dalam handphone seperti biasa, lalu menggunakannya seperti layaknya menggunakan kartu GSM biasa.

Kualitas suara dari kartu GMS Mint juga tak jauh beda dengan kartu GSM jenis lainnya, karena kartu Mint telah memenuhi standar GSM. Karena merupakan kartu prabayar, maka penggunaan kartu jenis Mint ini pun tidak memerlukan persyaratan administrasi yang macam-macam, tidak perlu membayar biaya abonemen bulanan ataupun juga harus menyimpan sejumlah deposit.

Perhitungan tarif kartu Mint ini juga sangat mudah, karena kemana saja kita menghubungi atau dari mana saja kita dihubungi, maka perhitungannya adalah 20 unit permenit untuk panggilan keluar (outgoing call), dan 10 unit permenit untuk panggilan masuk (incoming call). Tarifnya dihitung dengan satuan detik dan tidak ada pembulatan menit.

Sebagaimana jenis kartu GSM lainnya, kartu Mint ini juga dapat digunakan untuk mengirim SMS ataupun dikirimi SMS. Handphone yang menggunakan jenis kartu Mint ini juga dapat menerima SMS yang dikirim dari internet, dan untuk penerimaan segala jenis SMS tidak dikenakan biaya apapun. Namun, kalau kita mengirimkan SMS melalui kartu Mint ini, kita akan dibebani biaya sebesar 2 unit.

Dengan kartu GSM Mint ini, kita juga dapat menggunakan layanan seperti WAP dan SMS aktif untuk mengetahui informasi eksklusif seperti bursa saham, kurs mata uang, sampai laporan cuaca.

Bagaimana dengan cara pengisian pulsanya? Tak jauh beda dengan cara pengisian pulsa pada kartu GSM biasa. Hanya saja, pengisian ulang pulsanya hanya dapat dilakukan di outlet-outlet Mint dengan cara membeli paket isi ulang atau yang disebut refresh card. Di beberapa negara di Eropa, pengisian kartu GSM jenis ini dapat menggunakan kartu kredit via internet. Refresh card atau isi ulang pulsa tersedia dalam beberapa unit, dari 100, 500 sampai yang 1000 unit.

Nah, apa yang menjadi kelebihan paling unggul dari kartu ini dibanding dengan kartu GSM jenis lainnya? Yang khas adalah tingkat privasinya. Kalau kita menggunakan kartu GSM Mint ini, maka nomor yang kita miliki adalah sebuah nomor negara Swiss yang dimulai dengan +41795.

Karenanya, dengan menggunakan kartu jenis ini, maka orang-orang pun tidak akan sembarangan menelepon kita, dan mereka hanya akan menghubungi kita apabila perlu menyampaikan berita atau informasi yang penting dan mendesak. Dengan begitu, kita pun akan lebih nyaman menggunakan handphone karena tak perlu khawatir akan ada orang-orang yang iseng menghubungi kita, karena siapapun yang menelepon tentunya harus pikir-pikir untuk mengeluarkan pulsa yang tentunya tak sedikit, sebab perhitungan pulsanya akan dikenakan tarif internasional.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.