Mengatasi Masalah Komputer Melalui Sinyal BIOS (2)

 Mengatasi Masalah Komputer Melalui Sinyal BIOS

BIBLIOTIKA - Di artikel sebelumnya (Mengatasi Masalah Komputer Melalui Sinyal BIOS 1) kita telah mempelajari indikasi masalah melalui tidak adanya suara bip dan munculnya suara bip satu kali. Berikut ini adalah penjelasan mengenai indikasi masalah yang dimunculkan suara bip dua kali sampai sebelas kali.

Bunyi bip dua kali

Bunyi bip yang muncul sebanyak dua kali ketika komputer dinyalakan menunjukkan adanya sesuatu yang kurang beres dengan memori di komputer. Untuk hal ini, cobalah periksa fasilitas video atau grafis yang ada.

Jika ditemukan bahwa fasilitas video ini masih bekerja dengan baik, maka pada monitor akan tampak pesan error. Namun, apabila fasilitas ini memang sudah tidak dapat bekerja lagi, maka berarti ada masalah dengan parity pada bagian 64 KB yang pertama.

Untuk masalah tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa SIMM yang ada. Lepaskan dan kemudian pasangkanlah kembali komponen tersebut secara benar dan kemudian lakukanlah booting ulang. Apabila bunyi bip dua kali seperti tadi kembali terdengar, maka itu berarti ada kerusakan pada chip memorinya.

Cara yang lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menukar kedudukan chip memori yang pertama dengan yang kedua (jika di komputer Anda memang terpasang dua chip memori). Untuk hal ini, ada baiknya kalau Anda memerika terlebih dulu buku manual untuk mengetahui tempat kedudukan memori yang pertama pada motherboard yang digunakan di komputer Anda.

Apabila memori yang dipakai ternyata masih dalam kondisi baik, maka bunyi bip dua kali tadi itu berarti menunjukkan adanya kerusakan pada motherboard. Untuk hal terakhir ini, maka tak ada yang bisa dilakukan selain memperbaiki atau bahkan mengganti motherboard.

Bunyi bip tiga kali

Ketika komputer dinyalakan dan terdengar suara bip sebanyak tiga kali, maka kemungkinan besar kasus atau masalahnya tak jauh beda dengan masalah di atas (yang ditunjukkan dengan suara bip dua kali). Karenanya, cara mengatasinya adalah dengan mengacu pada langkah yang ditunjukkan di atas, yakni mengecek memori atau motherboard.

Bunyi bip tiga kali memang mengindikasikan masalah yang tak jauh beda dengan bunyi bip dua kali.

Bunyi bip empat kali

Sekali lagi, bunyi ini pun menunjukkan masalah yang tak jauh berbeda dengan uraian masalah di atas. Bunyi bip empat kali memang mengindikasikan masalah yang hampir sama dengan bunyi bip dua kali atau tiga kali. Karenanya, sekali lagi langkah yang dapat diambil adalah dengan mengecek memori atau motherboard.

Selain itu, bunyi bip sebanyak empat kali juga dapat menunjukkan masalah yang mungkin saja terjadi pada timer yang terdapat pada komputer yang tidak lagi berfungsi dengan baik.

Bunyi bip lima kali

Bunyi bip sebanyak lima kali mengindikasikan kalau motherboard mengalami masalah yang berhubungan dengan memori. Untuk mengatasinya, cobalah periksa memori yang ada di sana, dan lihat apakah kedudukannya sudah benar sesuai slotnya. Setelah itu, lakukan booting ulang.

Apabila semua langkah tersebut sudah dilakukan tetapi BIOS masih tetap saja mengeluarkan bunyi bip sebanyak lima kali, maka itu berarti motherboard komputer Anda yang mengalami masalah dan perlu diganti.

Kalau Anda merasa keberatan untuk mengganti motherboard, maka kemungkinan masalah dari bunyi bip sebanyak lima kali ini bisa saja terjadi karena masalah pada prosesornya. Tetapi, mengganti prosesor juga tidak kalah mahal dibanding dengan menganti motherboard!

Bunyi bip enam kali

Kalau komputer Anda mengeluarkan bunyi bip sebanyak enam kali ketika dinyalakan, maka itu berarti ada masalah yang terjadi pada chipset di motherboard yang mengendalikan fungsi keyboard komputer Anda. Untuk mengatasi masalah ini, coba aturlah kembali kedudukan chipset tersebut kalau memang didapati chip tersebut ternyata tidak disolder.

Apabila bunyi bip sebanyak enam kali itu masih saja terdengar setelah langkah di atas dilakukan, maka gantilah chipset tersebut apabila memungkinkan. Jika tidak, maka lagi-lagi langkah selanjutnya adalah dengan mengganti motherboard Anda, apalagi jika didapati chipset tersebut memang sudah tersolder mati dengan body motherboard-nya.

Bunyi bip tujuh kali

Setidaknya ada dua kemungkinan masalah yang terjadi apabila suara bip yang muncul di komputer sebanyak tujuh kali. Kemungkinan pertama adalah pada prosesor, dimana salah satu kakinya atau bahkan prosesornya yang sudah tak dapat lagi bekerja secara normal. Kemungkinan kedua, motherboard di komputer Anda mengalami masalah sehingga tidak dapat bekerja.

Kalau Anda ingin mengecek masalah manakah yang terjadi pada komputer Anda, maka Anda bisa mencoba memasang prosesor milik Anda di komputer yang lain.

Kalau ternyata prosesor itu dapat berfungsi di komputer yang lain tersebut, maka berarti kerusakannya terjadi pada motherboard Anda. Untuk masalah tersebut, maka langkah satu-satunya yang harus dilakukan adalah dengan mengganti motherboard.

Begitu pula halnya jika yang terjadi adalah prosesornya yang tidak beres, dimana ia tetap saja tidak dapat berfungsi ketika digunakan di komputer lain, maka langkah penanganannya adalah dengan mengganti prosesor baru.

Bunyi bip delapan kali

Bunyi bip sebanyak delapan kali mengindikasikan adanya masalah pada kartu grafis yang Anda pakai di komputer. Untuk hal itu, pastikanlah kalau kartu grafis telah terpasang dengan benar pada port-nya.

Apabila kartu grafis sudah dipasang secara benar namun komputer masih saja mengeluarkan bunyi bip sebanyak delapan kali ketika dinyalakan, maka itu berarti kartu grafis Anda sudah rusak secara keseluruhannya, atau memori yang ada padanya telah mengalami kerusakan. Untuk mengatasi masalah itu, maka cara terbaik adalah dengan mengganti kartu grafis yang rusak itu dengan yang baru.

Bunyi bip sembilan kali

Ini menunjukkan kalau sistem BIOS yang ada di komputer Anda yang mengalami kerusakan. Kalau itu yang terjadi, maka langkah pemecahannya adalah dengan melakukan upgrade BIOS. Namun, kalau upgrade BIOS sudah dilakukan tetapi masih juga terdengar bunyi bip sebanyak itu, maka motherboard-nya yang mengalami kerusakan.

Bunyi bip sepuluh kali

Bunyi bip sebanyak sepuluh kali yang terdengar ketika komputer dinyalakan menunjukkan adanya masalah pada bagian dalam CMOS. Untuk mengatasi masalah ini, maka semua chip yang terhubung dengan CMOS sebaiknya diganti untuk menggantikan CMOS yang tidak beres tersebut. Tetapi, langkah yang paling aman adalah dengan mengganti motherboard Anda dengan yang baru.

Bunyi bip sebelas kali

Ketika komputer dihidupkan dan terdengar bunyi bip sebanyak sebelas kali, maka itu berarti masalahnya terletak pada cache memori, dan akibatnya komputer Anda pun secara otomatis melakukan disable. Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkannya kembali dengan menekan tombol Ctrl – Alt – Shift - + pada keyboard.

Tetapi, apabila langkah tersebut tidak berhasil mengatasi masalah tersebut, maka itu berarti Anda perlu mengganti memori Anda.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.