Mengatasi Masalah Komputer Melalui Sinyal BIOS (1)

Mengatasi Masalah Komputer Melalui Sinyal BIOS

BIBLIOTIKA - Ketika komputer dinyalakan atau dihidupkan, maka secara otomatis komputer kita pun akan memunculkan bunyi-bunyian tertentu. Coba perhatikan kalau Anda menyalakan komputer Anda.

Hampir dapat dipastikan kalau akan muncul suara-suara tertentu dari CPU, dan biasanya berbunyi ‘bip’. Nah, bunyi itu disebut sebagai ‘beep code’. Beep code ini dibuat untuk menyampaikan ‘pesan-pesan’ tertentu kepada si pemakai komputer mengenai kondisi dari komputernya.

Ada dua standar yang biasa dipakai pada sebagian besar komputer, yaitu beep code buatan Phoenix dan beep code dari American Megatrends Inc. Kalau Anda merasa penasaran dan ingin tahu standar mana yang dipakai oleh komputer Anda, maka Anda bisa melihatnya di buku manual motherboard yang Anda beli, atau dengan masuk ke program BIOS di komputer Anda. Di sana nantinya Anda akan menemukan sistem BIOS yang dipakai oleh komputer Anda.

Kalau kemudian Anda mengetahui bahwa komputer Anda menggunakan standar dari American Megatrends Inc atau yang sering disingkat dengan sebutan AMI BIOS, maka bunyi-bunyi yang ada bisa langsung Anda dengarkan begitu komputer dinyalakan dan masuk pada sistem BIOS.

Bunyi-bunyi ini dapat dikenali untuk kemudian dapat diketahui mengenai kondisi komputer Anda. Dengan mengenali bunyi-bunyian ini, maka Anda pun akan tahu masalah apa yang sedang terjadi di komputer Anda secara mudah.

Berikut ini adalah tanda-tanda masalah yang terjadi pada komputer Anda, yang ditunjukkan dengan munculnya bunyi-bunyi bip yang terdengar ketika Anda menghidupkan komputer.

Tak ada bunyi sama sekali

Apabila komputer dinyalakan dan sama sekali tidak terdengar bunyi sama sekali pada BIOS, maka berarti ada tiga kemungkinan masalah yang terjadi pada komputer Anda. Pertama, cobalah periksa power supplay di komputer Anda, lihat apakah masih berfungsi ataukah tidak. Apabila memang tidak ada tegangan sama sekali yang masuk, maka berarti memang ada masalah pada komponen tersebut.

Kemungkinan yang kedua adalah motherboard yang mulai bermasalah. Cobalah periksa apakah motherboard di komputer Anda memang masih berfungsi bagus ataukah tidak. Sedangkan kemungkinan ketiga adalah karena speaker internal dalam komputer Anda dalam keadaan tidak baik atau memang speaker tersebut tidak terpasang pada tempatnya yang sesuai.

Bunyi bip satu kali

Ketika komputer dihidupkan dan terdengar bunyi bip satu kali, maka itu berarti bahwa komputer Anda dalam keadaan baik-baik saja atau tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan karena semuanya dapat berjalan dengan baik.

Namun, ketika bunyi bip satu kali ini terdengar tetapi tidak ada gambar apapun yang kemudian tampil atau muncul di layar monitor, cobalah periksa apakah kabel interface dari monitor sudah terhubung dengan port video yang sesuai. Apabila Anda menggunakan kartu grafis, maka tentu kabel monitor harus tersambung pada kartu grafis tersebut dan bukan pada port video onboard motherboard.

Tetapi, kalau semuanya itu sudah benar namun gambar tetap saja tidak tertampil atau tidak terlihat di layar monitor, maka hampir dapat dipastikan kalau motherboard di komputer Anda mengalami masalah karena chip yang berhubungan dengan urusan grafis. Untuk hal ini, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan reset SIMM dan kemudian melakukan booting ulang.

Apabila itu telah dilakukan namun hasilnya tetap sama saja, yakni layar monitor tidak menampilkan gambar apa-apa, maka itu berarti chip-nya memang telah mengalami kerusakan. Untuk masalah tersebut, langkah satu-satunya yang paling aman adalah dengan mengganti motherboard Anda.

Baca lanjutannya: Mengatasi Masalah Komputer Melalui Sinyal BIOS (2)

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.