Mengambil Pelajaran dari Kesalahan Masa Lalu

Mengambil Pelajaran dari Kesalahan Masa Lalu

BIBLIOTIKA - Menjalani hidup itu tak jauh berbeda dengan menaiki kendaraan di jalan raya; Anda harus terus melaju ke depan. Kalau Anda terus memalingkan muka ke belakang, maka bukan tak mungkin kendaraan Anda akan mengalami kecelakaan, atau setidaknya tergelincir oleh sesuatu. Karena tujuan hidup adalah maju ke masa depan, maka sudah sewajarnya kalau tatapan dan pandangan Anda juga tertuju ke arah depan.

Melihat atau mengingat masa lalu dalam hidup itu tak jauh beda dengan saat Anda melihat ke kaca spion di kendaraan Anda. Karenanya, Anda tidak dilarang untuk melihat ke belakang agar lebih berhati-hati, namun Anda tentu tak bisa mengulangi masa lalu atau mengoreksinya karena itu sudah berlalu—dan Anda tetap dituntut untuk terus melaju ke depan.

Di masa lalu, mungkin Anda pernah melakukan beberapa kesalahan, kekeliruan, termasuk pula kesalahan serta kekeliruan dalam mengelola uang. Namun biarkanlah yang telah lalu, kini Anda bisa membangun pikiran serta hidup yang baru, dengan menggunakan kesalahan masa lalu sebagai pelajaran untuk lebih berhati-hati.

Orang bijak seringkali mengatakan bahwa orang yang baik bukanlah orang yang tak pernah bersalah, karena memang tak ada orang yang bisa lepas dari kesalahan. Namun, orang yang baik adalah orang yang bisa menghindari kesalahan yang sama, dan menggunakan kesalahan yang pernah terjadi sebagai pelajaran agar tak terulang lagi kesalahan yang sama. Kalau dulu Anda biasa menghambur-hamburkan uang tanpa pikiran yang rasional, sekaranglah saatnya untuk menyadari dan kemudian berupaya untuk tidak mengulanginya lagi.

Seringkali, orang baru belajar ketika ia dihadapkan pada keadaan yang menjepit atau kenyataan yang pahit. Orang yang biasa menggenggam banyak uang akan baru belajar tentang pentingnya uang ketika ia telah kehilangan semua uangnya.

Orang yang biasa berkelimpahan baru belajar tentang makna keberkahan ketika ia telah hidup serba kekurangan. Begitu pun, orang yang biasa menghambur-hamburkan uang juga akan baru belajar tentang pentingnya menghemat uang ketika dihadapkan pada kenyataan sulitnya mencari uang.

Masa lalu dan juga kesalahan masa lalu tak perlu disesali karena itu toh sudah terjadi. Namun, jangan lupakan masa lalu sebagai pelajaran agar kesalahan yang sama tidak kembali terjadi kedua kali.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.