Menambah Pengalaman Sambil Menghemat Uang

Menambah Pengalaman Sambil Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Kita tidak pernah sempurna; sehebat dan secerdas apapun diri kita, selalu saja ada kekurangan yang kita miliki. Dalam konteksnya dengan tema yang akan kita bicarakan, yakni upaya untuk dapat menghemat uang, selalu saja ada ide atau cara tertentu yang belum kita tahu namun telah diketahui bahkan telah dijalankan oleh orang lain. Karenanya, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada mereka.

Dulu, saya tidak tahu kalau di kota saya terdapat layanan belanja yang diantarkan (online shopping). Hal ini baru saya ketahui ketika tanpa sengaja saya bertemu dengan seorang kawan ketika sedang berbelanja di sebuah swalayan. Ketika melihat keranjang belanjaan saya, kawan saya ini nyengir, kemudian berujar, “Kenapa kau harus repot-repot belanja seperti ini?”

Saya menjawab, juga sambil nyengir, “Yeah, aku belum punya istri atau pembantu yang bisa menggantikanku belanja seperti ini.”

“Maksudku,” balas kawan saya, “kenapa tidak belanja online saja?”

Saya heran. “Belanja online?”

Kawan saya kemudian menceritakan tentang adanya sebuah layanan yang belum lama ada di kota saya; sebuah layanan yang memungkinkan saya dapat berbelanja hanya dengan mengangkat telepon.

Jadi, bentuk mudahnya seperti ini; saya menelepon perusahaan layanan tersebut, menyebutkan barang-barang yang saya inginkan, dan kemudian kurir perusahaan itu akan mengantarkan semua barang pesanan saya ke alamat saya. Saya tinggal menunggu di rumah dan membayar jumlah belanjaan itu, tanpa tambahan biaya apapun.

Mendengar penuturan itu, tentu saja saya terkejut. Mengapa saya tidak tahu sebelumnya? Yang juga membuat saya terkejut, harga-harga yang ditawarkan oleh perusahaan belanja online itu bahkan tidak lebih mahal dari harga-harga barang kebutuhan yang biasa saya beli di toko atau di swalayan.

Mereka juga menyediakan brosur dan katalog barang-barang kebutuhan pokok yang mereka sediakan, lengkap dengan daftar harganya. Dengan panduan yang cukup lengkap itu, saya pun kemudian dapat berbelanja banyak kebutuhan pokok saya tanpa harus keluar rumah.

Semenjak itu pula, saya dapat menghemat banyak waktu saya, sekaligus juga menghemat banyak pengeluaran saya. Saya tak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Saya tak perlu mengeluarkan ongkos transportasi, biaya parkir, dan saya pun jadi lebih mudah mengerem hasrat konsumtif saya ketika hasrat itu mulai muncul saat tengah berbelanja seperti biasa.

Terkadang, bahkan sering, orang lain tahu sesuatu yang penting yang belum kita ketahui, dan kita selalu dapat belajar dari mereka.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.