Memanfaatkan Peluang Bisnis di Internet

Memanfaatkan Peluang Bisnis di Internet

BIBLIOTIKA - Sebagaimana yang sudah Anda tahu, saat ini ada jutaan orang yang masih menganggur dan tengah mencari pekerjaan. Karenanya, tidak heran kalau berita yang paling diminati saat ini adalah berita tentang lowongan kerja. Dimana pun dan kapapun saja orang mencari berita tentang adanya lowongan kerja. Para pencari ini bisa saja pengangguran yang memang belum memiliki pekerjaan dan ingin segera bekerja, ataupun juga orang-orang yang telah bekerja namun menginginkan berganti kerja atau pindah tempat kerja, dengan berbagai alasannya.

Karena begitu banyaknya orang yang berminat pada berita tentang lowongan kerja, sampai-sampai beberapa surat kabar (koran) ada yang menetapkan tarif lebih mahal sekian persen untuk iklan-iklan yang berisi lowongan kerja. Ini jelas sudah menunjukkan bagaimana tingginya tingkat minat orang pada berita atau iklan menyangkut hal itu.

Karenanya pula, tidak heran kalau website atau situs di internet yang juga paling sering dikunjungi oleh para pengguna internet adalah situs-situs atau website-website yang memberikan informasi tentang adanya peluang atau lowongan kerja. Namun sebanyak apapun situs semacam itu dibuat, penggunanya tidak pernah berkurang. Karena memang jumlah pengangguran dan pencari kerja terus saja meningkat jumlahnya dimana-mana.

Memanfaatkan peluang di internet

Dari kenyataan seperti yang digambarkan di atas, kita bisa mendapatkan suatu upaya yang dapat memberikan keuntungan kepada diri sendiri, sekaligus juga kepada orang lain. Bagaimana caranya? Caranya tentu saja dengan membuat website yang berisi berita-berita lowongan kerja, atau juga informasi-informasi mengenai adanya peluang usaha.

Karena orang selalu mencari adanya informasi lowongan kerja dan haus akan pengetahuan mengenai informasi peluang usaha, maka kita bisa optimis kalau situs yang memberikan hal itu tidak akan pernah ditinggalkan orang (selama isinya memang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan).

Karenanya, dengan memiliki website yang berisi informasi-informasi mengenai hal tersebut, orang-orang (pengguna internet) pun akan meluangkan waktu untuk mampir ke website kita, karena mereka memang membutuhkan informasi yang kita suguhkan.

Bagaimana proses dan caranya

Lalu bagaimana cara untuk dapat menampilkan informasi lowongan kerja?

Kalau memang kita menginginkan website kita selalu dikunjungi oleh para pengguna internet, maka salah satu poin penting yang harus diingat adalah seperti yang tadi dinyatakan; harus relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. Kalau kita memang ingin menampilkan berita-berita lowongan kerja, maka sebaiknya kita berlangganan beberapa surat kabar yang banyak memuat iklan lowongan kerja dan juga membeli majalah atau tabloid-tabloid yang membahas tentang peluang usaha dan pernak-pernik dunia kerja.

Dengan modal ini, kita bisa terus meng-update isi website kita dengan informasi-informasi terbaru tentang lowongan kerja dan peluang usaha, dan itu tentunya akan sangat bermanfaat bagi para pengunjung website kita.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah; pilihlah iklan-iklan lowongan kerja yang benar-benar terpercaya untuk kita tampilkan dalam website kita. Maksudnya, jangan asal posting! Karena tujuan kita memang ingin membantu para pencari kerja, dan bukannya menyusahkan mereka. Tidak jarang iklan-iklan yang ada di surat kabar adalah penipuan yang tersamar dalam bentuk iklan lowongan kerja. Hindari untuk tidak mem-posting iklan-iklan semacam itu.

Selain itu, ingat untuk menghapus iklan-iklan tertentu dari website kita yang memang sudah kedaluwarsa. Misalnya, iklan lowongan kerja yang berakhir pada tanggal 16 Februari sebaiknya segera dihapus ketika tanggal itu sudah terlewati, sehingga para pengunjung website kita tidak terkecoh atau merasa tertipu.

Bagaimana agar memperoleh penghasilan

Lalu bagaimana kita dapat memperoleh penghasilan dari sana?

Seperti kita tahu, dimana ada kerumunan (keramaian) selalu ada perusahaan atau produsen barang tertentu yang ingin menggunakannya sebagai tempat beriklan. Ini sudah menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan saat ini, dimana pun tempatnya.

Lihat saja di konser-konser musik manapun, kita selalu saja dapat menemukan adanya sponsor suatu produksi yang ikut mejeng di tempat konser itu, dan pihak sponsor ini mengeluarkan uang yang begitu banyak jumlahnya yang mereka bayarkan kepada pihak penyelenggara konser. Mengapa? Karena mereka menginginkan keramaian dalam konser musik ini sebagai pangsa pasar baru bagi produknya.

Begitu pula halnya dengan sebuah website di internet. Ketika sebuah website dikunjungi oleh banyak orang (dan makin hari jumlahnya semakin banyak), maka hal itu selalu saja mengundang pihak perusahaan atau produsen suatu barang tertentu untuk ikut datang dan kemudian menginginkan agar website itu juga memajang produk-produk mereka.

Mengapa? Jawabannya sama seperti di atas, yakni karena perusahaan atau produsen ini menginginkan ‘keramaian’ pengunjung website kita sebagai sasaran pasar produknya.

Dari sini, ketika kontrak dengan perusahaan atau produsen tertentu telah terjadi, maka kita pun mulai dapat memetik penghasilan dari website kita, dengan cara memajang produk mereka di website yang kita miliki. Dengan bentuk seperti ini (ditinjau dari sudut pandang bisnis), maka kita tak ubahnya seperti yang dikatakan oleh kata pepatah; ‘Satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui’.

Artinya, di satu sisi kita telah ikut membantu orang-orang yang mencari lowongan kerja dan informasi-informasi baru mengenai dunia kerja, sekaligus juga mendapatkan penghasilan dari aktivitas yang kita lakukan itu.

Tersedia paket e-book BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.