Memanfaatkan Keahlian untuk Menghemat Uang

 Memanfaatkan Keahlian untuk Menghemat Uang

BIBLIOTIKA - Pernahkah Anda merasa bingung mencari-cari suatu hadiah untuk kado ulang tahun buat seorang kawan atau sahabat? Kenapa Anda tidak mencoba memanfaatkan keahlian yang Anda miliki dan memberikan hadiah yang benar-benar hasil karya Anda sendiri untuk sang kawan atau sahabat?

Kalau Anda bisa melukis dengan indah, hadiahkan saja lukisan karya Anda daripada harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah lukisan di gerai atau di toko. Selain lebih menghemat pengeluaran, hadiah yang berasal dari karya kita sendiri biasanya akan lebih dihargai oleh si penerimanya.

Coba perhatikan bagaimana perasaan Anda kalau pada suatu hari sahabat Anda datang dan memberikan sekotak roti sambil menyatakan, “Ini dibuat sendiri oleh istriku, khusus untuk ulang tahunmu.” Tentunya Anda akan lebih merasa bahagia dengan hal itu dibanding seumpama kalau si sahabat itu menyatakan, “Ini roti asli dari toko roti di kampungku lho.” Bukankah begitu?

Seorang kawan saya pernah mendapat hadiah asbak (tempat abu rokok) dari seorang sahabatnya ketika dia berulang tahun. Kawan saya mengakui bahwa di antara begitu banyaknya asbak di rumahnya, asbak sederhana yang dihadiahkan oleh sahabatnya itulah yang paling berkesan di hatinya.

Asbak itu terbuat dari kayu yang divernis, dan dibentuk dengan cara mencukil atau melubangi bagian tengahnya. Dibanding asbak-asbak lain yang berderet di rumah kawan saya, itu adalah asbak paling sederhana, namun itulah asbak yang paling ia sayangi. Mengapa?

Karena ketika dulu memberikannya kepada kawan saya, sahabatnya itu berkata, “Aku menghabiskan waktu dua bulan untuk membuat asbak ini. Aku akan senang kalau kamu menyukainya.” Dan tentu saja…kawan saya menyukainya! Siapa yang tidak senang kalau mengetahui ada seseorang yang rela menghabiskan waktu dua bulan demi kebahagiaan kita…?

Karenanya, tak ada salahnya untuk memanfaatkan keahlian Anda ketika Anda ingin memberikan sesuatu untuk seseorang; kawan, saudara, sahabat atau orang-orang lainnya. Selain akan menghemat pengeluaran Anda, hadiah itu pun akan lebih berkesan bagi si penerima.

Hubungan dengan seseorang mungkin tidak abadi, namun… sesuatu yang kita berikan secara tulus selalu meninggalkan kesan yang abadi.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.