Memanfaatkan Hobi untuk Mendapat Penghasilan

Memanfaatkan Hobi untuk Mendapat Penghasilan

BIBLIOTIKA - Salah satu anugerah hidup yang patut disyukuri adalah hobi. Sungguh beruntung orang-orang yang memiliki hobi, karena setidaknya mereka memiliki suatu ‘mainan yang mengasyikkan’ ketika memiliki waktu luang di sela-sela kesibukan, atau ketika ingin mengisi waktu liburan yang cukup panjang. Apa hobi Anda…?

Pernahkah Anda memikirkan bahwa Anda dapat mengubah kesenangan hobi Anda menjadi sumber penghasilan yang cukup menyenangkan?

Kalau Anda memiliki kesenangan dalam melukis dan dapat membuat lukisan-lukisan yang indah, kenapa tidak membuka suatu layanan lukisan foto, misalnya? Mungkin teknologi komputer saat ini dapat menghasilkan kualitas cetak foto yang indah sekaligus sempurna, namun foto yang dibuat dengan lukisan tangan tetap saja menarik minat orang karena lukisan memberikan kesan natural sekaligus artistik.

Anda ibu rumahtangga dan menyukai bermain-main di dapur, mencoba aneka resep makanan dan masakan? Kenapa tidak mencoba usaha layanan katering? Mungkin pada awalnya tidak perlu dalam skala besar dengan papan reklame segala, namun cukup menyediakan jasa itu untuk para tetangga satu komplek yang kebetulan membutuhkannya.

Biasanya, usaha semacam itu akan membesar dan berkembang karena promosi dari mulut ke mulut. Kalau masakan dan makanan buatan Anda memang istimewa, tentu saja Anda memiliki sebuah peluang bisnis dari hobi Anda, bukan?

Atau, Anda memiliki hobi membaca buku? Itu hobi yang baik sekaligus terpuji, karena menambah pengetahuan, memperluas wawasan sekaligus memperdalam kearifan. Lebih dari itu, hobi membaca buku juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Cobalah cari buku cetakan baru, baca dan nikmati, kemudian tuliskan resensinya.

Ada begitu banyak surat kabar yang memiliki rubrik resensi buku dan Anda bisa mencoba mengirimkan karya resensi Anda. Apabila resensi Anda dimuat, Anda bukan hanya akan memperoleh honor dari surat kabar tersebut, namun juga akan mendapatkan uang sebagai ucapan terima kasih dari penerbit buku yang telah Anda resensi itu, sekaligus juga memperoleh kiriman buku baru dari mereka.

Bukankah ini sangat menguntungkan? Anda akan tetap dapat menikmati hobi Anda, mendapatkan uang tambahan, sekaligus tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli buku baru untuk menikmati hobi Anda. Lebih dari itu, siapa tahu kalau kemudian Anda bisa menjadi penulis profesional…?

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.