Memahami Sistem Operasi Handphone

Memahami Sistem Operasi Handphone
BIBLIOTIKA - Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan sistem operasi atau OS itu? Sistem operasi handphone adalah suatu software di dalam handphone yang digunakan untuk mengatur dan mengkoordinasikan seluruh aktivitas handphone. Istilah sistem operasi ini mungkin mengingatkan kita terhadap sistem operasi yang ada di komputer, namun sistem operasi yang ada di handphone lebih sederhana dan tidak serumit yang ada di komputer.

Ada sistem operasi yang bersifat tertutup, namun ada pula sistem operasi yang bersifat terbuka. Sistem operasi yang tertutup adalah sistem operasi bawaan vendor handphone yang tidak memungkinkan digunakannya software lain di sistem itu. Sistem operasi semacam ini disebut sebagai closed-source. Sedang sistem operasi yang terbuka adalah sistem operasi yang memungkinkan pihak ketiga membuat software baru untuk dapat dijalankan di dalam sistem operasi tersebut. Sistem operasi jenis ini biasa disebut sebagai open-source.

Nah, karena sistem operasi yang tertutup tidak dapat dimasuki software lain sementara para pengguna handphone biasanya membutuhkan hal itu (menggunakan suatu software dari pihak ketiga di handphone-nya), maka sistem operasi tertutup pun kemudian menciptakan mesin virtual java, lengkap dengan sejumlah standar antar muka yang disebut application program interface (API). Handphone-handphone semacam ini kemudian disebut sebagai handphone Java, atau ponsel Java.

Sampai saat ini ada banyak sekali sistem operasi yang digunakan dalam perangkat handphone, namun hanya ada beberapa saja yang terkenal di Indonesia. Setidaknya ada lima sistem operasi yang telah akrab bagi pengguna handphone di Indonesia, karena lima sistem operasi ini banyak digunakan handphone-handphone yang saat ini beredar di Indonesia. Lima macam sistem operasi itu adalah Symbian, iPhone, Blackberry, Microsoft Windows Mobile dan Java Linux.

Sistem operasi iPhone

Sistem operasi iPhone ini merupakan turunan dari Mac OS X, dan saat ini telah mencapai versi 3.0. Sistem operasi ini ditujukan untuk kenyamanan perangkat dengan layar sentuh. Meski dapat dibilang baru hadir di Indonesia, tetapi sistem operasi iPhone ini merupakan OS dengan angka penjualan tertinggi di dunia, meski nomor dua di bawah Symbian.

Yang khas dari sistem operasi iPhone ini adalah eksklusivitasnya. Sistem operasi ini tergolong ‘tertutup’. Meskipun setiap perkembangan versi barunya juga diimbangi dengan produk baru yang menggunakan versi baru tersebut, tetapi iPhone memiliki mekanisme download dan instal yang terbatas atau dibatasi.

Untuk mendownload aplikasi dan game tambahan untuk iPhone, misalnya, pengguna hanya dapat melakukannya di situs yang telah didedikasikan (application store), dan diinstal langsung di handphone atau tersinkronisasi dengan iTunes komputer.

Sistem operasi BlackBerry

Meskipun BlackBerry baru terdengar gaungnya beberapa waktu yang lalu di Indonesia, tetapi sistem operasi ini bukanlah teknologi baru di dunia. Pada saat ini, sistem operasi BlackBerry telah mencapai versi 4.7 dan telah digunakan dalam salah satu produknya (BlackBerry Storm 9500).

Sistem operasi milik BlackBerry memiliki fungsi untuk menghubungkan layanan BlackBerry dengan perangkat mereka yang diciptakan secara khusus dengan kecenderungan utama di wilayah bisnis. Untuk versi terbarunya, sistem operasi BlackBerry telah mengakomodasi teknologi layar sentuh serta fungsi multimedia lain. Semua produk BlackBerry pun menggunakan sistem operasi BlackBerry ini.

Sistem operasi Windows Mobile

Bisa dikatakan kalau Windows Mobile adalah nenek moyangnya sistem operasi handphone. Tetapi, meski begitu, tingkat penjualannya di dunia masih kalah jika dibandingkan dengan sistem operasi BlackBerry. Tak jauh beda dengan BlackBerry, sistem operasi Windows Mobile pun pada awalnya ditujukan untuk mengakomodasi urusan bisnis melalui beberapa PDA produksinya.

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi Windows Mobile adalah tingkat kompatibilitasnya yang sangat luas dengan perangkat komputer. Hal ini tentunya wajar saja karena sesama produk dari Microsoft. Karenanya pula, sistem operasi Windows Mobile dapat berhubungan dengan baik dengan sistem operasi Windows di desktop komputer, semisal XP atau Vista.

Sementara kelemahan dari sistem operasi ini adalah kekurangluwesannya. Banyak pemakai sistem operasi ini menyebut Windows Mobile sebagai sistem operasi yang kaku, khususnya jika menyangkut layar sentuh. Sistem operasi Windows Mobile ini mengharuskan digunakannya pena stylus untuk dapat mengoperasikan layar sentuh. Akibatnya, tidak sedikit pengguna yang kesulitan saat perlu menggunakannya.

Pada saat ini, sistem operasi Windows Mobile telah sampai pada versi 6.1, dimana platformnya terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah untuk smartphone yang biasanya tidak dilengkapi dengan touchscreen, sedang yang kedua adalah untuk pocketPC yang biasanya dilengkapi dengan touchscreen.

Sistem operasi Linux Java

Sistem operasi ini juga terkenal dengan sebutan K-Java. Sistem operasi Linux Java tidak banyak diterapkan pada handphone. Mungkin hal ini disebabkan karena terbatasnya kesediaan aplikasi untuk sistem operasi yang satu ini.

Sistem operasi Linux Java merupakan hasil penggabungan dari Linux MontaVista dengan sebuah mesin virtual java yang disebut sebagai KVM atau K-Virtual Machine. Karena memiliki dasar semacam itu, maka sistem operasi ini pun lebih cenderung digunakan untuk mengakomodasi aplikasi java, sebagaimana halnya handphone-handphone java.

Contoh dari handphone yang menggunakan sistem operasi ini adalah Motorola Z6 dan Motorola E8 ROKR.

Handphone Java

Bisa dikatakan kalau handphone yang memiliki harga sekitar satu jutaan telah mengakomodasi platform Java, dan biasanya disebut handphone java atau ponsel java. Yang dimaksud dengan handphone java ini adalah handphone yang telah dilengkapi dengan suatu mesin atau sarana yang memungkinkan penggunanya dapat menambahkan software, aplikasi atau game ke dalam handphone tersebut.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.