Memahami Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Memahami Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

BIBLIOTIKA - Pada masa sekarang ini, handphone bukan lagi barang aneh atau barang eksklusif. Tidak peduli di kota-kota besar atau di desa-desa terpencil, hampir dapat dikatakan kalau semua orang telah memiliki dan menggunakan handphone. Memang tidak aneh kalau orang begitu tergila-gila pada perangkat yang kecil namun cerdas ini. Dengan sebuah handphone, orang dapat melakukan komunikasi dengan siapapun, di manapun dan kapanpun.

Berbeda dengan telepon rumah atau PSTN yang cenderung sulit untuk dapat memilikinya karena memerlukan begitu banyak persyaratan administrasi, maka handphone dapat dimiliki secara mudah sekaligus murah. Hanya cukup membeli sebuah perangkat handphone dan kemudian memilih operator yang akan mengaktifkannya, maka orang pun segera dapat berkomunikasi dengan orang lainnya di belahan bumi mana pun. Begitu mudah dan begitu praktis.

Keberadaan handphone memang membuat dunia menjadi semakin kecil karena jarak dan waktu bukan lagi menjadi kendala untuk berkomunikasi. Selain itu, makin hari fasilitas yang disuguhkan oleh handphone juga bukan lagi sekedar untuk berkomunikasi semata-mata, namun juga terus dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi lain yang makin banyak memberikan manfaat.

Nah, agar handphone dapat digunakan untuk menelepon atau menerima telepon, maka kita harus menggunakan layanan yang disediakan provider telekomunikasi. Dalam penggunaan layanan itu, ada yang disebut prabayar, dan ada pula yang disebut pasca bayar. Apa perbedaannya? Uraian berikut ini bisa Anda pelajari.

Apa yang disebut sebagai kartu prabayar itu tak jauh beda dengan kartu telepon yang pernah tren pada waktu beberapa tahun yang lalu. Sebagaimana kartu telepon yang menyimpan sejumlah pulsa untuk bertelepon, begitu pula halnya dengan kartu prabayar; kita hanya dapat bertelepon sesuai dengan jumlah nominal pulsa yang ada di dalam kartu itu.

Perbedaannya adalah, kalau pada kartu telepon; pulsanya ada di dalam kartu tersebut untuk kemudian semakin berkurang karena digunakan, maka di dalam kartu prabayar; pulsanya ada di operator dan kita hanya perlu menggunakan sejumlah kode yang ada di voucher isi ulang untuk mengaktifkan sejumlah pulsa yang kita miliki itu.

Saat ini kartu prabayar semakin mudah digunakan karena kita dapat mengisinya tanpa perlu repot-repot memasukkan sejumlah kode melalui voucher yang kita beli. Dengan adanya isi ulang elektronik, maka kita pun dapat mengisi ulang pulsa prabayar kita hanya dengan menyebutkan nomor handphone kita. Hanya saja, kartu prabayar ini biasanya belum dapat digunakan untuk roaming internasional, meskipun kebanyakan sudah dapat digunakan untuk roaming nasional.

Bagaimana dengan kartu pascabayar? Kalau kartu prabayar tak jauh beda dengan kartu telepon, maka kartu pascabayar tak jauh beda dengan sistem telepon rumah biasa. Ini adalah jenis kartu yang mempersyaratkan sejumlah persyaratan administrasi tertentu, biaya abonemen dan juga tagihan bulanan.

Karenanya, untuk dapat menggunakan layanan kartu pascabayar, kita pun harus mendaftar terlebih dulu dengan memenuhi persyaratan aministrasinya dan juga biaya pendaftarannya. Setelah itu beres, maka barulah kartu tersebut dapat digunakan.

Nah, kalau dalam kartu prabayar kita dibatasi oleh jumlah pulsa yang kita miliki, maka dalam kartu pascabayar kita cukup leluasa dalam menggunakan pulsa, asal kita dapat membayar tagihan bulanannya.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.