Langkah Kecil Menuju Kehidupan Besar

 Langkah Kecil Menuju Kehidupan Besar

BIBLIOTIKA - Para pakar finansial menyatakan bahwa jalan pasti menuju kekayaan adalah dengan melakukan investasi yang menguntungkan. Setidaknya, hal itu ditegaskan berulang kali oleh Robert Kiyosaki, seorang pakar finansial yang banyak menulis buku-buku mengenai topik tersebut. Namun, masyarakat kebanyakan biasa berpikir; bagaimana bisa berinvestasi kalau uang saja masih pas-pasan?

Investasi adalah satu hal, tetapi memiliki uang untuk berinvestasi adalah hal lain. Orang yang telah mahir dalam dunia investasi mungkin bisa menjawab kenyataan semacam itu dengan menggunakan OPM (other people money) atau uang orang lain untuk melakukan investasi sehingga ia dapat memperoleh keuntungan meski tidak memiliki uang sendiri.

Namun, sekali lagi, masyarakat kebanyakan bukanlah para pakar dalam bidang finansial atau investasi. Menyarankan masyarakat untuk menggunakan uang milik orang lain (atau secara kasarnya; berhutang) demi untuk sebuah investasi adalah sesuatu yang riskan.

Karenanya, jika Anda ingin menjadi kaya dengan jalan investasi namun belum mahir melakukannya, maka jalan yang lebih aman adalah dengan terus belajar mengenai topik tersebut, dan melakukan investasi dengan uang milik sendiri.

Selain berinvestasi, menjadi kaya juga dapat ditempuh dengan jalan berdagang, membangun suatu usaha atau bisnis yang menguntungkan. Namun kembali pada pertanyaan di atas; bagaimana bisa memiliki modal untuk melakukan investasi atau membangun suatu bisnis, kalau penghasilan bulanan saja masih pas-pasan?

Nah, jawabannya adalah dengan menjalani hidup secara cerdas dan menyiasati pengeluaran bulanan Anda agar lebih hemat.

Hidup secara cerdas yang dimaksud di sini bukan berarti bahwa Anda harus mengetahui segala hal yang terjadi hari ini atau memiliki pengetahuan yang luas tentang apa saja. Hidup secara cerdas yang dimaksud di sini berarti bahwa Anda bisa memperhitungkan mana yang penting dan mana yang tidak penting, mana yang layak untuk diambil dan mana yang sebaiknya ditinggalkan, juga memilih untuk menggunakan uang Anda untuk sesuatu yang bermanfaat dalam jangka pendek atau untuk jangka panjang.

Menyiasati pengeluaran bulanan atau biaya hidup sehari-hari agar lebih hemat juga bukan berarti bahwa Anda harus menjadi orang yang pelit atau kikir meskipun untuk diri sendiri. Yang dimaksud di sini adalah menyiasati penghasilan yang Anda miliki agar dapat dimanfaatkan secara optimal, dapat dihemat secara maksimal namun rasional, untuk tujuan jangka panjang utama; yakni untuk menjadi kaya; baik dengan cara berinvestasi atau membangun suatu usaha yang menguntungkan.

Sebagaimana kata pepatah, sedikit demi sedikit pun lama-lama menjadi bukit. Langkah-langkah, ide-ide dan cara-cara yang kita cari dan temukan dalam rangka membangun hidup lebih baik mungkin tergolong langkah-langkah kecil. Tetapi, jika kita serius melakukannya, langkah-langkah yang kecil itu pun akan mengantarkan kita pada langkah-langkah besar menuju kesuksesan, kekayaan, dan keberlimpahan.

Dapatkan banyak e-book bermanfaat secara mudah dan aman. Baca penjelasannya di sini.